Sukses

Melirik Harga Kripto BNB Coin di Tengah Tuntutan SEC ke Binance

Sejauh mana tuntutan SEC memengaruhi gerak harga kripto BNB Coin? Diluncurkan pada Juli 2017, Binance adalah pertukaran cryptocurrency terbesar secara global berdasarkan volume perdagangan harian.

Liputan6.com, Jakarta - Diluncurkan pada Juli 2017, Binance adalah pertukaran cryptocurrency terbesar secara global berdasarkan volume perdagangan harian. 

Binance bertujuan untuk membawa pertukaran cryptocurrency ke garis depan aktivitas keuangan secara global. Ide di balik nama Binance adalah untuk menunjukkan paradigma baru ini dalam keuangan global yaitu Binary Finance, atau Binance.

Selain sebagai pertukaran cryptocurrency terbesar secara global, Binance telah meluncurkan seluruh ekosistem fungsi untuk penggunanya. Jaringan Binance mencakup Binance Chain, Binance Smart Chain, Binance Academy, Trust Wallet, dan proyek Penelitian, yang semuanya menggunakan kekuatan teknologi blockchain untuk menghadirkan keuangan zaman baru ke dunia. 

Dalam sepekan terakhir pertukaran kripto Binance sedang menghadapi tuntutan dari Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC). Lantas sejauh mana tuntutan SEC memengaruhi gerak harga kripto BNB Coin?

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (13/6/2023) BNB Coin menguat 2,03 persen dalam 24 jam terakhir. Harga BNB Coin saat ini berada di level Rp 3,46 juta juta dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 14 triliun.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 4. BNB Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 540 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 157,8 juta BNB Coin dari maksimal suplai tidak tersedia.

Siapa Pendiri BNB?

Changpeng Zhao adalah pendiri dan CEO Binance. Pada 2001, Zhao bergabung dengan Bloomberg sebagai kepala pengembangan perdagangan berjangka. Dia menghabiskan empat tahun dengan perusahaan dan kemudian bergabung dengan Fusion Systems sebagai mitra.

Sejak 2013, Changpeng Zhao telah aktif terlibat dengan teknologi blockchain dan cryptocurrency. Dia menjadi kepala pengembangan di Blockchain, dan pada 2015 dia mendirikan BijieTech. Pada 2017, Zhao secara resmi meluncurkan Binance, dan dia telah menjadi CEO perusahaan sejak saat itu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Kripto Termasuk Sekuritas Masuk di Gugatan Binance

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) telah mengklaim 12 token kripto adalah sekuritas dalam gugatannya yang diajukan Senin, 5 Juni 2023 terhadap pertukaran kripto Binance dan CEO-nya, Changpeng Zhao (CZ). 

Gugatan itu juga menyebut Bam Trading Services, yang mengoperasikan platform perdagangan kripto Binance US, dan perusahaan induknya Bam Management US Holdings sebagai tergugat. Menurut gugatan tersebut, Zhao memiliki 81 persen saham Bam Management.

SEC menyebut para tergugat telah secara tidak sah meminta investor AS untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan sekuritas aset kripto melalui platform perdagangan tidak terdaftar yang tersedia secara online di Binance.com dan Binance US.

Regulator menambahkan sejak platform Binance diluncurkan, para tergugat telah menyediakan untuk memperdagangkan aset kripto mereka yang ditawarkan dan dijual sebagai kontrak investasi, dan dengan demikian sebagai sekuritas.

“Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, BNB, BUSD, dan unit dari masing-masing sekuritas aset kripto yang dijelaskan lebih lanjut di  dengan simbol perdagangan SOL, ADA, MATIC, FIL, ATOM, SAND, MANA, ALGO, AXS, dan COTI,” kata gugatan SEC, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (10/6/2023).

Memperhatikan Binance.com mencantumkan lebih dari 350 token kripto, gugatan lebih lanjut menyatakan platform Binance telah menyediakan untuk memperdagangkan aset kripto yang telah menjadi subjek tindakan penegakan SEC sebelumnya berdasarkan status mereka sebagai sekuritas aset kripto.

3 dari 3 halaman

Sekuritas Masuk

SEC sebelumnya mengklaim bahwa beberapa token kripto lainnya adalah sekuritas, termasuk DASH, TKN, NGC, dan OMG, sebagaimana dinyatakan dalam gugatannya terhadap Bittrex. 

Selain itu, pengawas masih terlibat dalam gugatan yang sedang berlangsung dengan Ripple Labs atas XRP. 

Regulator lain juga mengklaim bahwa beberapa token kripto adalah sekuritas, termasuk Jaksa Agung New York Letitia James yang menyatakan dalam gugatan yang diajukan terhadap pertukaran kripto Coinex pada bulan Februari bahwa AMP, LUNA, LBC, dan RLY adalah sekuritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini