Sukses

Kepolisian Hong Kong Luncurkan Platform Metaverse Baru CyberDefender

Unit keamanan dunia maya dari Kepolisian Hong Kong telah meluncurkan CyberDefender, platform metaverse baru untuk mencegah kejahatan di metaverse.

Liputan6.com, Jakarta - Unit keamanan dunia maya dari Kepolisian Hong Kong telah meluncurkan CyberDefender, platform metaverse baru yang dirancang untuk mengedukasi publik tentang potensi bahaya yang terkait dengan Web3 dan metaverse.

Platform diluncurkan untuk mempromosikan pencegahan kejahatan di metaverse karena diperingatkan semua kejahatan di dunia maya juga bisa terjadi di metaverse.

Melansir Cointelegraph, ditulis Minggu (28/5/2023), Cyber ​​Security and Technology Crime Bureau (CSTCB) dari Kepolisian Hong Kong meluncurkan platform metaverse baru, CyberDefender, dalam upaya untuk mempersiapkan warganya menghadapi tantangan di masa depan di era digital dengan fokus pada pencegahan kejahatan teknologi, menurut pernyataan 27 Mei 2023.

Pada hari yang sama saat diluncurkan, sebuah acara diadakan di platform, "Exploring the Metaverse" atau "Jelajah Metaverse" yang mencakup tiga tempat virtual, dengan tujuan membahas strategi pencegahan kejahatan dalam metaverse.

Selama acara tersebut, Kepala inspektur CSTCB Ip Cheuk-yu menekankan pentingnya berhati-hati dalam metaverse serta mendesak peserta untuk menerapkan tingkat kewaspadaan yang sama seperti saat menggunakan internet.  

"Semua kejahatan di dunia maya juga bisa terjadi di metaverse, seperti penipuan investasi, akses tidak sah ke sistem, pencurian, dan pelanggaran seksual," kata Ip Cheuk.

Ia menuturkan, desentralisasi berpotensi meningkatkan risiko pencurian aset. "Sifat terdesentralisasi dari aset virtual di Web3 juga dapat meningkatkan kemungkinan penjahat dunia maya menargetkan perangkat titik akhir, dompet aset virtual, dan kontrak pintar,” katanya.

Adapun, Kepolisian Hong Kong berencana untuk meningkatkan prakarsa pendidikan kejahatan teknologinya, terutama untuk generasi muda, setelah peningkatan yang signifikan dalam kejahatan aset virtual dilaporkan di Hong Kong selama kuartal I 2023.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Total Kerugian

Bahkan, terungkap 663 kasus yang melibatkan aset virtual dilaporkan selama kuartal I 2023, mewakili total kerugian sebesar USD 570 juta atau Rp 8,52 triliun (asumsi kurs Rp 14.954 per dolar AS) meningkat 75 persen dibandingkan dengan kuartal I 2022.

"Polisi akan terus mengorganisir inisiatif pendidikan publik pada tema yang berbeda melalui platform CyberDefender Metaverse, meningkatkan kesadaran di kalangan remaja mengenai kemajuan terbaru dalam teknologi informasi, potensi jebakan dan pentingnya mencegah kejahatan teknologi," ujar dia.

Hal itu terjadi setelah dilaporkan pada 22 Mei, Nanjing, ibu kota provinsi Jiangsu timur China, meluncurkan Platform Inovasi Aplikasi dan Teknologi Metaverse China untuk memajukan penelitian dan pengembangan metaverse di seluruh negeri. Platform innovaiton dipimpin oleh Nanjing University of Information Science and Technology (NUIST).

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Pemain Sepak Bola Wanita Man City, Alex Greenwood Luncurkan Pameran di Metaverse

Sebelumnya, OKX, perusahaan teknologi Web3 terkemuka dunia, bersama dengan pemain wanita Manchester City Alex Greenwood, meluncurkan pameran di OKX Collective metaverse untuk menampilkan tiga pelatih NFT asli yang dirancang oleh Greenwood.

Pelatih NFT, yang dirancang secara kolaboratif oleh Greenwood dan perancang NFT berfokus pada ciri-ciri utama yang mengarah pada kesuksesan di lapangan sepak bola dan kehidupan.

Berjudul 'Adaptable', 'Calm & Patience' dan 'Commitment & Passion', NFT tersedia gratis melalui airdrop dan sebagai bagian dari koleksi NFT 'AG5 x OKX' di OKX NFT Marketplace.

Alex Greenwood mengatakan bekerja sama dengan OKX untuk desain pelatih NFT ini merupakan kolaborasi yang sangat bagus.

“Mereka memberi kesan bagaimana saya mendekati tantangan di lapangan. Saya senang melihat mereka diluncurkan di showroom metaverse OKX pribadi saya,” kata Greenwood dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (16/5/2023).

Global Chief Marketing Officer di OKX, Haider Rafique mengungkapkan, dengan metaverse apa pun, langkah selanjutnya setelah menciptakan lingkungan adalah meningkatkan pengalaman dengan mengkurasi objek dan item yang ingin dilibatkan dan dikumpulkan oleh penggemar.

 

 

4 dari 4 halaman

Hak Eksklusif Pemilik NFT

“Ini adalah cara yang luar biasa untuk membawa penggemar ke dalam pengalaman dan membiarkan mereka berinteraksi dengan atlet atau figur publik favorit mereka dengan cara yang belum pernah mereka alami sebelumnya. Inilah cara kami membuat metaverse menjadi lingkungan yang hidup dan bernafas,” ungkap Rafique.

Hak Eksklusif Pemilik NFT

Pengunjung metaverse OKX Collective akan dapat menonton konten eksklusif di balik layar tentang proses kreatif Alex dan Nas sambil mengikuti kompetisi untuk memenangkan hadiah, termasuk lolos ke pelatihan tim, tiket pertandingan, dan banyak lagi.

Fans juga akan dapat mengunjungi kembali set DJ metaverse yang dibawakan oleh Jack Grealish dan Oliver Heldens serta pengalaman metaverse yang instruktif dengan Kapten Manchester City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini