Sukses

Smartphone Buatan Perusahaan Kripto Solana Siap Dilempar ke Pasar pada Mei 2023

Ponsel cerdas ini dilengkapi dengan beberapa aplikasi desentralisasi (dapps) pra-instal

Liputan6.com, Jakarta Solana Labs Inc, perusahaan di balik ekosistem blockchain Solana, mengumumkan smartphone milik mereka yang bernama Saga akan tersedia untuk dibeli pada 8 Mei 2023, dengan pengiriman pre-order pada 20 April 2023. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (17/4/2023), seperti yang dinyatakan oleh akun Twitter Solana Mobile, smartphone ini bertujuan untuk memodernisasi cara orang berinteraksi dengan aset digital mereka untuk meningkatkan kegunaan dan meningkatkan keamanan. 

Ponsel cerdas ini dilengkapi dengan beberapa aplikasi desentralisasi (dapps) pra-instal dan berjalan pada sistem operasi Android 13.

Ponsel ini menyertakan Seed Vault untuk menyimpan aset kripto dengan aman dan menawarkan penyimpanan 512 GB. Layar OLED 6,67 inci dipasangkan dengan pemindai sidik jari untuk keamanan ekstra. 

Perangkat mengisi daya menggunakan kabel USB type C dan memiliki sistem kamera ganda ultrawide 50MP dan 12MP. Seed Vault memastikan perlindungan kunci pribadi melalui perangkat keras yang aman dan enkripsi AES.

Didukung oleh “Solana Mobile Stack,” smartphone Web3 seharga USD 1.000 atau setara Rp 14,78 juta (asumsi kurs Rp 14.782 per dolar AS) ini juga menawarkan Solana Dapp Store yang saat ini menampung 16 dapps yang mencakup NFT, DAO, staking, dan banyak lagi. 

Solana Saga bukanlah ponsel crypto-centric pertama contoh sebelumnya termasuk Exodus HTC, aplikasi asli terintegrasi kripto Samsung Galaxy S10, dan smartphone blockchain Finney seharga USD 999 atau setara Rp 14,76 juta milik Siren Labs.

Meskipun konsep Exodus dan Finney gagal mendapatkan daya tarik, Samsung masih menawarkan Samsung Blockchain Keystore SDK untuk sistem Android. Perusahaan teknologi privasi pertama yang berbasis di Cupertino, OSOM, membuat ponsel Solana Saga. 

Didirikan oleh mantan karyawan Essential Jason Keats, OSOM baru-baru ini menutup putaran pendanaan Seri A bermitra dengan Solana Mobile, mengumpulkan USD 25 juta atau setara Rp 369,5 miliar pada 9 September 2022, menurut data Pitchbook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Kripto Lainnya

Reli harga Bitcoin dan Ethereum selama tujuh hari terakhir, secara persentase, tidak terlalu menonjol, tetapi kedua kripto terbesar ini cukup stabil di harga terbaru sepanjang pekan. 

Dilansir dari Decrypt, Senin (17/4/2023), harga Bitcoin (BTC) naik 7,6 persen dalam sepekan ke harga saat ini di kisaran USD 30.146 atau setara Rp 445,6 juta (asumsi kurs Rp 14.782 per dolar AS). 

Ini berarti bitcoin akhirnya menembus penghalang di level USD 30.000 untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan dan telah berhasil mempertahankan kenaikannya sepanjang akhir pekan April 2023.

Penggerak utama lonjakan nilai Bitcoin adalah rilis angka inflasi AS terbaru oleh Biro Statistik Tenaga Kerja. Indeks Harga Konsumen untuk Maret mengungkapkan inflasi lebih rendah dari perkiraan yang telah diantisipasi.

Pembacaan terbaru ini merupakan indikator kuat The Fed dapat mundur dari kebijakannya menaikkan suku bunga, yang dilakukan sepanjang 2022, membuatnya lebih mahal untuk meminjam uang dan pada akhirnya membuat investor menjauh dari aset berisiko seperti kripto dan saham.

Ini juga merupakan minggu yang luar biasa bagi saingan terdekat Bitcoin, Ethereum menguat lebih tinggi dalam sepekan yaitu di atas 10 persen hingga mencapai USD 2.061 atau setara Rp 30,46 juta. Pada Jumat, koin tersebut sempat menembus USD 2.100 atau setara Rp 31 juta untuk pertama kalinya dalam sebelas bulan.

Sebagian besar kenaikan Ethereum didorong oleh peluncuran pemutakhiran "Shapella" yang telah lama dinantikan, yang selesai pada Rabu. 

"Shapella" bersama-sama mengacu pada dua peningkatan, Shanghai dan Capella, yang sekarang telah membuka kunci penarikan ETH yang dipertaruhkan di jaringan pada lapisan eksekusi dan lapisan konsensus, masing-masing, membebaskan USD 34 miliar atau setara Rp 502,6 triliun ETH yang dipertaruhkan dalam prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini