Sukses

Blackrock Tawarkan Klien Institusi Amerika Serikat Investasi Bitcoin

Layanan dari Blackrock ini bisa dipilih investor institusional untuk merasakan langsung berinvestasi kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Blackrock telah meluncurkan program kepercayaan pribadi yang menawarkan klien institusional di Amerika Serikat (AS) paparan langsung terhadap bitcoin sejak pertengahan tahun lalu. 

"Melihat minat yang besar dari beberapa klien institusional tentang cara mengakses aset ini secara efisien dan hemat biaya menggunakan teknologi dan kemampuan produk kami,” kata perusahaan, dikutip dari CNBC, Kamis (23/3/2023).

Bitcoin masih lebih dari 60 persen di bawah level tertinggi sepanjang masa hampir. Namun, banyak investor percaya itu telah menemukan titik terendah dengan saham, dengan dua kelas aset menjadi lebih berkorelasi satu sama lain t daripada sebelumnya, di tengah penurunan aset berisiko pada 2022.

Investor institusional yang pernah menolak bahkan bermusuhan dengan industri kripto telah mengubah sikap mereka dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masalah lingkungan seputar proses penambangan bitcoin terus menjadi kendala bagi banyak orang.

BlackRock saat ini telah meneliti area dengan potensi untuk menguntungkan klien dan pasar modal secara lebih luas, termasuk blockchain yang diizinkan, stablecoin, aset kripto, dan tokenisasi.

Pengumuman tersebut mengikuti CEO Larry Fink yang mengatakan awal 2022 klien BlackRock telah menunjukkan minat yang meningkat pada mata uang digital, termasuk stablecoin dan “teknologi yang mendasarinya”  juga dikenal sebagai blockchain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bitcoin Loyo Usai The Fed Kerek Suku Bunga, Ini Alasannya

Sebelumnya, Cryptocurrency kompak terkoreksi pada Kamis karena investor mempertimbangkan keputusan kebijakan terbaru dari Federal Reserve (the Fed) terkait kenaikan suku bunga.

Dilansir dari CNBC, Kamis (23/3/2023), Bitcoin turun 4,8 persen menjadi USD 26.895 atau setara Rp 410,4 juta (asumsi kurs Rp 15.263 per dolar AS). Sedangkan, Ether turun 4,1 persen menjadi USD 1.726 atau setara Rp 26,34 juta, menurut data dari Coin Metrics.

The Fed memberlakukan kenaikan suku bunga seperempat poin persentase pada akhir pertemuan kebijakan terbarunya, menyatakan kehati-hatian tentang krisis perbankan baru-baru ini dan menunjukkan kenaikan mendekati akhir. Proyeksi the Fed hanya membutuhkan satu kenaikan lagi tahun ini.

Peningkatan 25 basis poin telah diantisipasi secara luas. Keputusan tersebut menjadikannya kenaikan suku bunga kesembilan berturut-turut dan kenaikan seperempat poin kedua berturut-turut setelah serangkaian kenaikan suku bunga yang lebih besar dilaksanakan sepanjang 2022.

Co Founder perusahaan perdagangan kripto Dexterity Capital, Michael Safai mengatakan Harapannya nada dovish yang telah lama ditunggu-tunggu dari The Fed akhirnya akan tiba di tengah krisis perbankan ini. 

“Harapan itu pupus oleh komentar Powell bahwa kenaikan suku bunga dapat berlanjut selama hal-hal terus stabil, melemahkan beberapa momentum yang telah memimpin kenaikan kripto dalam beberapa hari terakhir,” kata Safai.

Namun Safai menambahkan, banyak hal yang mendorong reli bitcoin terbaru, salah satunya kelemahan berkelanjutan dalam sistem perbankan dan potensi peningkatan neraca bank sentral.

Volatilitas Bitcoin telah kembali bulan ini, mengirim harga cryptocurrency naik lebih dari 20 persen untuk bulan tersebut dan membawa keuntungan tahun ini menjadi lebih dari 70 persen. 

Pada saat yang sama, korelasinya dengan saham telah rusak, setelah diperdagangkan sejajar dengan ekuitas selama sekitar dua tahun. Namun demikian, faktor ekonomi makro masih menjadi pendorong terbesar harga bitcoin.

 

3 dari 4 halaman

Produsen ATM Cryptocurrency General Bytes Diretas, Lebih dari Rp 23 Miliar Bitcoin Dicuri

Sebelumnya, General Bytes mengalami insiden keamanan pada 17 dan 18 Maret 2023 yang memungkinkan peretas mengakses antarmuka layanan utama dari jarak jauh dan mengirim dana dari dompet panas, menurut perusahaan dan sumber.  

Melansir Bitcoin, Senin (20/3/2023), pelanggaran tersebut memaksa mayoritas operator mesin teller otomatis (ATM) kripto yang berbasis di AS untuk sementara ditutup. Peretas mampu melikuidasi 56,28 bitcoin, senilai sekitar USD 1,5 juta atau Rp 23,04 miliar (asumsi kurs Rp 15.363 per dolar AS) dari sekitar 15 hingga 20 operator ATM kripto secara nasional.

Produsen mesin teller otomatis (ATM) cryptocurrency terbesar, General Bytes, telah memproduksi 9.505 mesin semacam itu secara global, dengan ribuan berlokasi di Amerika Serikat. Pada Sabtu, 18 Maret 2033, perusahaan menginformasikan kepada publik tentang insiden keamanan serius yang juga terjadi pada 17 Maret.

"Kami mengeluarkan pernyataan yang mendesak pelanggan untuk mengambil tindakan segera untuk melindungi informasi pribadi mereka. Kami mendesak semua pelanggan kami untuk mengambil tindakan segera untuk melindungi dana dan informasi pribadi mereka dan dengan hati-hati membaca buletin keamanan," kata perusahaan pada pukul 16:42 (ET) pada Sabtu.  

 

4 dari 4 halaman

Server Harus Dibangun Kembali

Buletin keamanan General Bytes mengatakan penyerang dapat mengunggah aplikasi Java mereka dari jarak jauh menggunakan antarmuka layanan utama, yang biasanya digunakan oleh terminal untuk mengunggah video.  

Penyerang memiliki akses ke hak pengguna BATM dan juga dapat mengakses database, membaca dan mendekripsi kunci API yang digunakan untuk mengakses dana di dompet dan bursa panas. Selain itu, peretas dapat mengunduh nama pengguna, mengakses hash kata sandi mereka, mematikan 2FA, dan mengirim dana dari dompet panas.

Bitcoin.com News berbicara dengan operator mesin teller otomatis (ATM) cryptocurrency yang berbasis di AS yang mengonfirmasi bahwa semua operator AS yang menggunakan mesin General Bytes ditutup secara nasional untuk malam itu. Operator juga menyebutkan server harus dibangun kembali dari bawah ke atas, yang bisa menjadi proses yang panjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.