Sukses

Jor-joran Investasi di Metaverse, Korsel Siapkan Rp 787 Miliar Tahun Ini

Ada dua proyek terkait metaverse yang dilakukan Korea Selatan tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Korea Selatan sepakat untuk menggandakan taruhan investasinya untuk tetap mendukung ekonomi metaverse lokal. Negara tersebut mengumumkan sepasang inisiatif yang diarahkan untuk mendukung proyek metaverse dan perusahaan untuk membangun produk di atas dunia virtual.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (14/3/2023), proyek pertama diumumkan pada 8 Maret 2023, merupakan dana pertumbuhan metaverse yang memungkinkan perusahaan yang ingin mengembangkan proyek virtual mendapatkan pendanaan langsung dari Kementerian Sains dan TIK Korea Selatan. 

Untuk ini, institusi telah mengalokasikan USD 30 juta atau setara Rp 463,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.450 per dolar AS).

Proyek kedua, diumumkan satu hari kemudian, berkaitan dengan pengembangan 13 inisiatif spesifik yang mencakup metaverse di berbagai area konvergensi, termasuk teknologi, proyek regional, sektor publik, dan industri. Proyek kedua ini telah mengalokasikan USD 21 juta atau setara Rp 324,4 miliar. untuk penyelesaiannya.

Total kedua proyek inisiatif metaverse ini menjadi USD 51 juta atau setara Rp 787,9 miliar. Korea Selatan menjadi salah satu negara yang menyiapkan dana besar untuk perkembangan metaverse selain Jepang. 

Langkah Metaverse Korea Selatan

Sejak tahun lalu, pemerintah Korea secara aktif berinvestasi dalam pertumbuhan industri metaverse lokalnya, menyuntikkan jutaan dana langsung ke perusahaan-perusahaan di lapangan. 

Pada Mei 2023, Lim Hye-sook, direktur Kementerian Sains dan TIK Korea Selatan, mengumumkan investasi sebesar USD 177 juta atau setara Rp 2,7 triliun di perusahaan metaverse, menjadi salah satu negara pertama yang secara langsung memasukkan dana ke sektor tersebut pada saat itu.

Kemudian, pada Juni 2023, kementerian mengumumkan program untuk merekrut perusahaan untuk menjadi bagian dari proyek pembuatan konten metaverse. Program ini bertujuan untuk memulai gerakan lokal untuk membuat konten di metaverse sebagai bagian dari strategi negara untuk menjadi pelopor dalam industri ini.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.