Sukses

Celsius Bakal Beri Kredit Penambangan Bitcoin Rp 218,7 Miliar demi Kumpulkan Dana

Kesepakatan itu diajukan ke Pengadilan Kebangkrutan AS dengan nilai USD 7,4 juta dalam bentuk kupon yang memberikan pemegang diskon 10 persen-30 persen untuk pembelian rig penanambangan Bitmain.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya lain mengumpulkan dana untuk membayar kreditur, pemberi pinjaman kripto yang sekarang bangkrut Celsius ingin menjual bentuk kupon dan kredit perusahaan penambangan Bitcoin, Bitmain sebesar USD 14,4 juta atau setara Rp 218,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.187 per dolar AS).

Kesepakatan yang diusulkan, yang diajukan ke Pengadilan Kebangkrutan AS untuk Distrik Selatan New York pada Kamis, 9 Februari 2023 terdiri dari USD 7,4 juta atau setara Rp 112,3 miliar dalam bentuk kupon yang memberikan pemegang diskon 10 persen hingga 30 persen untuk pembelian rig penambangan Bitmain di masa mendatang. Adapun sisanya akan diberikan dalam bentuk kredit.

Menurut pernyataan CEO interim Celsius, Christopher Ferraro, kupon Bitmain kedaluwarsa enam bulan setelah pembelian mereka dan tidak berharga setelah itu, dengan nilainya di pasar sekunder terdepresiasi "secara signifikan" saat mereka mendekati tanggal kedaluwarsa. 

“Walaupun perkiraan diskonnya signifikan, akan menjadi kesalahan untuk memegang kupon Bitmain dengan harapan mendapatkan nilai lebih dalam penjualan di kemudian hari. Alternatif untuk menjual kupon Bitmain adalah bahwa kupon tersebut kedaluwarsa,” kata Ferraro, dikutip dari Decrypt, Minggu (26/2/2023). 

Ketika perusahaan memesan mesin penambangan dalam jumlah besar, mereka dikirim dalam batch dan dibayar dengan mencicil. Namun, karena harga energi dan Bitcoin dapat berfluktuasi nilainya selama pemenuhan pesanan, terkadang nilai pesanan turun di bawah jumlah yang telah dibayarkan perusahaan. Untuk mengatasi perbedaan itu, Bitmain mengeluarkan kredit.

Tidak seperti voucher, kredit tidak kedaluwarsa dan dapat ditukarkan 100 persen dari nilai nominalnya secara tunai dari Bitmain dua tahun setelah tanggal pengiriman terakhir dari rig penambangan yang dibeli.

Sampai saat ini, kredit Bitmain dapat ditransfer; tetapi, Ferraro menekankan, perusahaan China memperbarui persyaratan layanannya pada awal tahun, membatasi kemampuan untuk mentransfer kredit.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Celsius Bangkrut, Perusahaan Ini Tutup 37.000 Alat Penambang Kripto

Sebelumnya, Core Scientific perusahaan penamangan kripto yang bangkrut, berencana untuk menutup 37.000 alat penambang bitcoin milik pemberi pinjaman kripto Celsius.

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (9/1/2023), menurut laporan, Celsius berhutang kepada Core Scientific sekitar USD 7,8 juta (RP 121,8 miliar) untuk biaya energi dan hosting, karena pemberi pinjaman kripto tidak dapat melakukan pembayaran rutin sebagaimana diuraikan dalam kontrak hosting.

Pengacara yang mewakili Core Scientific menyatakan mematikan perangkat penambangan bitcoin akan menghemat sejumlah besar dana perusahaan, dan perusahaan berpotensi menghasilkan USD 2 juta (Rp 31,2 miliar) per bulan jika menyewakan kursi hosting untuk operasi penambangan lainnya.

Core Scientific adalah salah satu penambang bitcoin terbesar di industri ini, dan catatan dari 7 November 2022, menunjukkan 41 persen server perusahaan adalah untuk pelanggan yang membayar layanan hosting. 

Perusahaan mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 pada 21 Desember 2022, tetapi mencatat mesin perusahaan akan terus beroperasi untuk membayar utang.

Seorang pengacara Celsius, Chris Koenig menyatakan pemberi pinjaman kripto telah setuju untuk menutup 37.000 rig penambangan bitcoin dan mengakhiri kontrak hosting. 

Saat ini Celsius sedang bersiap untuk mengajukan mosi akhir pekan ini untuk meminta perpanjangan batas waktu, yang merupakan batas waktu untuk mengajukan klaim, dari 3 Januari 2023 hingga awal Februari, kata perusahaan itu di Twitter.

 

3 dari 5 halaman

Industri Penambangan Kripto Bakal Makin Terpukul pada 2023

Sebelumnya, industri penambangan kripto memulai 2022 dengan kuat terlihat dari modal yang cukup untuk berkembang, tetapi harga energi yang tinggi, persaingan yang meningkat untuk blok Bitcoin, dan pasar beruang menghantam para penambang, membuat industri ini semakin terpuruk.

Dilansir dari Yahoo Finance, Minggu (1/1/2023), sektor ini terguncang oleh kebangkrutan dan gagal bayar pinjaman. Pada 2023 sektor ini diprediksi akan menderita lebih dalam dibandingkan pada 2022. 

Tahun baru kemungkinan akan membawa lebih banyak kesulitan, karena para penambang berjuang untuk meningkatkan neraca dan operasi mereka. 

Namun, itu juga akan memberikan peluang bagi mereka yang berada dalam posisi untuk membeli aset, serta bagi mereka yang dapat meningkatkan margin mereka dengan inovasi baru.

Para pelaku industri mengatakan banyak uang dihabiskan selama setahun terakhir untuk meningkatkan hashrate, ukuran daya komputasi pada jaringan Bitcoin, tetapi dalam banyak kasus, investasi tersebut tidak membuahkan hasil. 

Ini karena perusahaan menambah hutang untuk membiayai pertumbuhan hanya untuk melihat ekonomi penambangan kripto runtuh.

Kepala penambangan di penambangan kripto, Digital Currency Group, Juri Bulovic banyak penambang yang bertindak terlalu positif.          

“Mereka memproyeksikan bitcoin (BTC) akan mencapai USD 100.000 dan bahkan tidak mempertimbangkan harganya akan turun di bawah USD 20.000,” kata Juri Bulovic, dikutip dari Yahoo Finance, Minggu, 1 Januari 2023.

Sebaliknya, menurut Bulovic pemberi pinjaman terlalu optimis sehingga banyak yang tidak dapat menilai dengan baik risiko yang terkait dengan pinjaman yang didukung rig penambangan mengingat ini adalah siklus pertama di mana pinjaman semacam itu diberikan.

 

4 dari 5 halaman

CEO Perusahaan Kripto Bangkrut Celsius Network Digugat Jaksa Agung New York

Sebelumnya, pemberi pinjaman kripto Celsius Network masih menghadapi konsekuensi sejak dinyatakan bangkrut pada 2022.

Kini, Jaksa Agung Negara Bagian New York, Letitia James telah menggugat mantan CEO Celsius Alex Mashinsky karena diduga menipu investor sebesar miliaran dolar dalam cryptocurrency. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (6/1/2023), eksekutif itu dituduh menyesatkan pelanggan tentang kesehatan keuangan Celsius yang memburuk, dan tidak mendaftar sebagai penjual atau sebagai pedagang komoditas dan sekuritas.

Kantor Kejaksaan Agung mengklaim Mashinsky secara keliru membanggakan investasi berisiko rendah dan mitra pemberi pinjaman yang andal sementara "secara rutin" mengekspos investor ke pendekatan berisiko tinggi yang mengakibatkan kerugian yang disembunyikan kepala perusahaan dari pelanggan. 

Dia juga membuat pernyataan yang tidak benar tentang keamanan, strategi, dan jumlah pengguna, menurut gugatan tersebut. Mantan kepala Celsius diduga menipu ratusan ribu investor (lebih dari 26.000 di negara bagian), beberapa di antaranya menurut James mengalami "kehancuran finansial".

 

 

5 dari 5 halaman

Larangan terhadap Mantan CEO Celsius

New York berharap untuk melarang Mashinsky melakukan bisnis di negara bagian itu. Ia juga ingin Mashinsky membayar ganti rugi dan memberi kompensasi kepada investor yang terdampak. 

Dalam sebuah pernyataan, Celsius hanya menegaskan kembali Mashinsky mengundurkan diri sebagai CEO pada September dan "tidak lagi terlibat" dalam mengelola perusahaan.

Celsius adalah salah satu korban paling menonjol dari kehancuran kripto tahun lalu. Nilai tokennya anjlok dari USD 7,00 (Rp 109.446) pada 2021 menjadi hanya USD 3,00 (Rp 46.905) pada pertengahan 2022 

Hal itu sangat merusak perusahaan yang menawarkan pinjaman dengan sedikit agunan dan menjanjikan imbal hasil setinggi 18,6 persen. Celsius tidak memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk bertahan dari krisis. 

Kemudian Celsius membekukan penarikan pada Juni lalu untuk menstabilkan asetnya, tetapi memilih kebangkrutan pada bulan berikutnya untuk merestrukturisasi dan memberikan kesempatan yang lebih baik untuk berkumpul kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.