Sukses

Penemu World Wide Web Sebut Crypto Berbahaya dan Mirip Judi

Meskipun begitu, Berners-Lee mengatakan, mata uang digital dapat berguna untuk pengiriman uang.

Liputan6.com, Jakarta Penemu World Wide Web atau yang dikenal www yang sering dinamai web, Tim Berners-Lee menyebut cryptocurrency "berbahaya" dan menyamakannya dengan perjudian. 

Membahas masa depan web, Berners-Lee mengatakan mata uang digital hanya spekulatif dan membandingkannya dengan gelembung dot-com, di mana saham internet, seringkali tanpa bisnis yang solid di belakangnya.

“Itu hanya spekulatif. Jelas, itu sangat berbahaya. Berinvestasi dalam hal-hal tertentu, yang murni spekulatif, bukan di mana saya ingin menghabiskan waktu saya,” kata Berners-Lee, dikutip dari CNBC, Rabu (22/2/2023). 

Meskipun begitu, Berners-Lee mengatakan, mata uang digital dapat berguna untuk pengiriman uang jika mereka segera dikonversi kembali menjadi mata uang fiat ketika diterima.

Ilmuwan komputer Inggris dipuji karena menciptakan World Wide Web pada 1989. Namun Berners-Lee tidak puas dengan cara visi aslinya untuk web telah berhasil. 

Bersama John Bruce, Berners-Lee ingin membentuk kembali masa depan internet melalui startupnya Inrupt, dengan tujuan memberi orang lebih banyak kendali atas data mereka. 

Banyak pendukung telah berbicara tentang masa depan internet dalam istilah Web3, sebuah frase umum tanpa arti yang jelas.

Tetapi para pendukung sering mengatakan versi internet ini berjalan pada teknologi blockchain yang pertama kali muncul dengan cryptocurrency bitcoin

Web3, kata beberapa orang, adalah internet terdesentralisasi yang menghilangkan sebagian kekuatan dari raksasa seperti Facebook dan Google.

Namun Berners-Lee mengatakan masa depan internet adalah “Web 3.0”, yang dia bedakan dari Web3. Web 3.0 adalah proposalnya sendiri untuk membentuk kembali internet.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miliarder Charlie Munger soal Kripto: Cryptocurrency Perjudian Gila dan Bodoh

Berbeda dari beberapa investor lain, miliarder berusia hampir seabad Charlie Munger bukanlah penggemar cryptocurrency.

Wakil ketua Bershire Hathaway sekaligus direktur perusahaan penerbitan Daily Journal Corporation ketika rapat pemegang saham itu mengatakan bahwa bentuk mata uang virtual “tidak berharga”.

“Terkadang saya menyebutnya crypto ‘crappo’, terkadang saya menyebutnya ‘crypto s---.’ Sangat konyol bahwa ada orang yang akan membeli barang ini,“ tutur dia seperti dilansir CNCB, Jumat (17/2/2023).

“Ini benar-benar gila, perjudian bodoh,” tambahnya.

Pendukung cryptocurrency berpendapat bahwa aset digital menawarkan privasi, keamanan, kecepatan transaksi yang lebih baik, dan biaya yang lebih rendah daripada lembaga keuangan tradisional. Akan tetapi, investor saham dengan kekayaan bersih USD 2,3 miliar satu ini memilih tidak membelinya.

Dia mengatakan, “Saya pikir orang-orang yang menentang posisi saya adalah orang-orang bodoh, jadi menurut saya tidak ada argumen yang rasional terhadap posisi saya.”

Akhirnya argumen Munger tersebut muncul di tengah banyaknya masalah bagi investor kripto selama setahun terakhir.

Seperti yang diketahui, pasar crypto kehilangan sekitar USD 2 triliun tahun lalu. Bitcoin, salah satu cryptocurrency paling populer, kehilangan lebih dari 60 persen nilainya pada 2022.

Adapun ledakan FTX , platform perdagangan crypto yang sekarang bangkrut yang pernah bernilai USD 32 miliar, telah mengguncang kepercayaan investor karena industri merasakan riaknya. Hal itu menimbulkan dampak bangkrutnya perusahaan.

“Banyak orang Amerika menyadari bahwa cryptocurrency hanyalah mania spekulatif dan industri ini penuh dengan penjahat,” ucap reporter utama Bankrate James Royal. Memang, hanya 8 persen orang Amerika yang memiliki pandangan positif tentang cryptocurrency pada November, menurut CNBC All-America Economic Survey.

 

3 dari 3 halaman

Kontra Soal Crypto

Sementara itu, pada Rabu waktu setempat, Munger mengatakan dia tidak bangga dengan negaranya “karena mengizinkan omong kosong ini”.

Dia sebelumnya mendesak pemerintah AS untuk melarang cryptocurrency. Namun, mungkin sebagian orang berhasil meraih keinginannya karena industri crypto mengalami peningkatan tindakan keras peraturan.

Peningkatan pengawasan terhadap perusahaan perdagangan crypto dan penasihat investasi adalah salah satu prioritas utama Komisi Sekuritas dan Bursa AS tahun ini.

Pemeriksaan SEC akan fokus pada “penawaran, penjualan, rekomendasi atau saran mengenai perdagangan kripto atau aset terkait kripto,” kata laporan itu.

Badan tersebut memilih untuk memperluas aturan federal yang jika disahkan menjadi undang-undang dapat meminta pertukaran crypto untuk menahan aset mereka dengan bank yang disewa federal atau negara bagian untuk bertindak sebagai penjaga mata uang virtual pelanggan.

Proposal tersebut menempatkan perusahaan crypto dalam skenario “tidak menguntungkan”, tulis komisaris SEC Mark Uyeda dalam sebuah pernyataan.

Regulator AS telah memperingatkan bank bahwa berurusan dengan crypto membuat mereka menghadapi berbagai risiko, termasuk penipuan dan penipuan.

“Dengan kata lain, seorang penasihat dapat menyimpan aset crypto di bank, tetapi bank diperingatkan oleh regulator mereka untuk tidak menyimpan aset crypto,” tulis Uyeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Cryptocurrency