Sukses

Deretan Coin Kripto Cetak Penguatan Terbesar Sepekan Terakhir

Berikut deretan kripto yang alami penguatan signifikan dalam sepekan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Pekan lalu menjadi salah satu pekan terbaik untuk pasar kripto. Meskipun regulasi di sektor kripto mulai mengetat, tetapi harga berbagai coin, salah satunya Bitcoin masih bertahan dan cenderung alami kenaikan. 

Dilansir dari Decrypt, Senin (20/2/2023), berikut deretan kripto yang alami penguatan signifikan dalam sepekan terakhir. 

Bitcoin

Bitcoin (BTC) naik 13,7 persen selama tujuh hari terakhir hingga mencapai USD 24.608 atau setara Rp 373,2 juta (asumsi kurs Rp 15.166 per dolar AS) pada Sabtu pagi, menurut data CoinGecko.

Sebelumnya Bitcoin secara singkat sempat menyentuh kembali harga USD 25.000 atau setara Rp 379,1 juta pada Kamis pekan lalu. Cryptocurrency nomor satu dunia saat ini didukung oleh kesuksesan Ordinals, proyek NFT populer di blockchain.

Karena kontrak pintar Bitcoin yang yang fungsinya terbatas jika dibandingkan dengan Ethereum, Bitcoin biasanya tidak dikenal dengan proyek NFT, tetapi jumlah NFT Ordinal yang dicetak di dalamnya telah mencapai 130.000 sejak peluncuran proyek bulan lalu.

Ethereum

Ethereum (ETH), cryptocurrency terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, naik 12 persen selama tujuh hari terakhir dan saat ini diperdagangkan sekitar USD 1.700 atau setara Rp 25,7 juta

Kedua pemimpin pasar secara singkat diperdagangkan datar pada Hari Valentine karena investor mencerna kesimpulan laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) terbaru oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS. 

Inflasi pada Januari mencapai 6,4 persen, melampaui ekspektasi Biro sebesar 0,2 persen, namun umumnya telah surut sejak Juni tahun lalu.

Cardano (ADA) menikmati reli yang kuat sebesar 12 persen setelah jaringan menghentikan pemutakhiran Valentine-nya. Valentine meningkatkan fungsionalitas lintas rantai dan keamanan untuk dapps di blockchain Cardano. Harga token asli blockchain saat ini sekitar USD 0,40 atau setara Rp 6.066.

Kripto Teratas Lainnya

Reli yang kuat dinikmati oleh pemegang Avalanche (AVAX), yang naik 10,4 persen, Tron (TRX), naik 12 persen dan Litecoin (LTC), naik sekitar 10 persen. 

Kemudian Solana (SOL), yang melonjak 14 persen diperdagangkan di kisaran USD 23 atau setara Rp 348.818, Lido DAO (LIDO), melonjak 13 persen, dan Polkadot (DOT), yang melonjak 17 persen menjadi USD 7,31 atau setara Rp 110.863.

Tidak ada kerugian signifikan yang dialami oleh salah satu dari tiga puluh cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, dan hampir semuanya menguat nilainya minggu ini.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.