Sukses

Kripto Berbasis Game dan NFT Catatkan Kenaikan Dua Digit

Penggerak utama di balik aksi harga naik dari sebagian besar game dan token terkait NFT ini adalah lonjakan volume perdagangan NFT.

Liputan6.com, Jakarta - Cryptocurrency terkait game dan NFT, termasuk Gala (GALA), Decentraland (MANA), Apecoin (APE), dan The Sandbox (SAND), telah membukukan keuntungan dua digit selama seminggu terakhir.

Dilansir dari Decrypt, Rabu (11/1/2023), GALA, token asli yang menggerakkan ekosistem permainan kripto Gala, naik 139,8 persen selama seminggu terakhir dan merupakan pemenang utama di antara 100 mata uang kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, per data dari CoinGecko.

Pada Rabu, 11 Januari 2023, GALA diperdagangkan di kisaran USD 0,042 atau setara Rp 652,92 (asumsi kurs Rp 15.545 per dolar AS), naik 13 persen dalam 24 jam terakhir, dan merupakan mata uang kripto terbesar ke-98 berdasarkan kapitalisasi pasar.

Terlepas dari kenaikan mingguan GALA yang luar biasa, kripto game masih turun 94,8 persen dari rekor tertinggi sepanjang masa di USD 0,8248 atau setara Rp 12.822 yang tercatat pada November 2021.

ApeCoin, token yang mendasari koleksi NFT terkemuka Bored Ape Yacht Club dan platform metaverse yang akan datang Otherside, juga naik 23,5 persen selama tujuh hari terakhir.

Pada Rabu, 11 Januari 2023, APE diperdagangkan di USD 4,87 atau setara Rp 75.816, naik 4,2 persen selama 24 jam terakhir, menurut data dari CoinGecko. Menurut data dari Cryptoslam, Bored Ape Yacht Club (BAYC) volume perdagangan NFT melonjak 32,38 persen memuncaki daftar NFT yang paling banyak diperdagangkan selama seminggu terakhir.

MANA, token di belakang game metaverse Decentraland, telah meningkat 29 persen menjadi USD 0,40 atau setara Rp 6.227 selama seminggu terakhir, berdasarkan data dari CoinGecko.

Pekan bullish sudah cukup untuk membalikkan kerugian bulanan MANA. Namun, pada catatan tahunan, MANA masih turun 89 persen. 

Sandbox juga telah melihat SAND token aslinya memperoleh kenaikan 26,5 persen dibandingkan periode yang sama. 

Penggerak utama di balik aksi harga naik dari sebagian besar game dan token terkait NFT ini adalah lonjakan volume perdagangan NFT selama seminggu terakhir. Menurut data dari Cryptoslam, volume perdagangan NFT meningkat 31,56 persen.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjualan NFT Meningkat 26 Persen pada Pekan Pertama 2023

Sebelumnya, menurut statistik penjualan NFT, minggu pertama 2023 telah terjadi peningkatan sebesar 26,01 persen penjualan dibandingkan dengan minggu terakhir 2022. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (11/1/2023), data Cryptoslam.io menunjukkan ada 1,2 juta transaksi NFT di antara 400.748 pembeli NFT. Ada USD 208 juta atau setara Rp 3,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.539 per dolar AS) dalam penjualan NFT di 19 jaringan blockchain yang berbeda, dengan Ethereum meraih USD 164,3 juta atau setara Rp 2,5 triliun.

Penjualan NFT berbasis Ethereum naik 26,22 persen minggu lalu, diikuti oleh Solana sebesar 28,8 persen, Immutable X 20,83 persen, Cardano 35,97 persen, dan BNB 71,35 persen dalam penjualan NFT.

BNB mengalami kenaikan terbesar selama tujuh hari terakhir, dengan kenaikan 71 persen, diikuti oleh Theta yang naik 69,82 persen pada minggu lalu. 

Koleksi NFT teratas dalam hal penjualan selama seminggu terakhir adalah Bored Ape Yacht Club (BAYC) dengan penjualan USD 19.052.102 atau setara Rp 296,3 miliar, meningkat 52,82 persen dari pekan terakhir 2022. 

BAYC diikuti oleh Mutant Ape Yacht Club (MAYC), Azuki, Bored Ape Kennel Club (BAKC), dan The Captainz. Cryptopunks dan Mineablepunks mengambil posisi keenam dan ketujuh dalam hal penjualan NFT selama tujuh hari berdasarkan koleksi.

Menurut data dari nftpricefloor, NFT BAYC masih memiliki harga minimum termahal pada 8 Januari 2022 yaitu di kisaran 81,49 ETH. Sedangkan, Cryptopunks memiliki nilai dasar sekitar 66,88 ETH.

 

3 dari 4 halaman

Proyek Pemerintah, China Bakal Luncurkan Platform Perdagangan NFT

Sebelumnya, Otoritas China sedang bersiap untuk meluncurkan platform yang dikendalikan negara yang memungkinkan perdagangan Non Fungible Token (NFT) dan aset digital lainnya. Inisiatif ini merupakan proyek bersama antara organisasi pemerintah dan perusahaan swasta.

"Platform Perdagangan Aset Digital China, dibangun dalam kemitraan oleh China Technology Exchange, China Cultural Relics Exchange Center, dan Huaban Digital Copyright Service Center Co. Limited, akan diluncurkan pada 1 Januari 2023,” laporan oleh Sina Finance, dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (1/1/2023). 

Pasar akan beroperasi di bawah lisensi China Digital Exchange, yang didirikan oleh Kementerian Sains dan Teknologi, Kantor Kekayaan Intelektual Negara, Akademi Ilmu Pengetahuan China, dan pemerintah kota Beijing.

Pertukaran memfasilitasi pembelian dan penjualan hak kekayaan intelektual, ilmu pengetahuan, dan teknologi di China. Ini akan menyediakan infrastruktur dasar untuk platform perdagangan baru, mengambil tanggung jawab untuk memproses transaksi dan menerapkan mekanisme penyelesaian.

"Pasar baru akan mematuhi peraturan yang berlaku dan menyediakan layanan perdagangan untuk koleksi digital dan hak cipta digital," ujar Presiden Huaban Yin Tao. 

Karena China telah menindak aktivitas terkait kripto, istilah "koleksi digital" sering lebih disukai oleh outlet media dan perusahaan daripada "NFT" untuk menghindari asosiasi dengan cryptocurrency.

4 dari 4 halaman

Hadapi Ketidakpastian

Ketua bersama Komite Blockchain dari Asosiasi Industri Komunikasi China, Yu Jianing berkomentar dalam hal pengawasan dan kepatuhan, pasar ini menghadapi beberapa ketidakpastian dan risiko kepatuhan yang lebih besar, tetapi kebijakan hukum dan peraturan akan ditingkatkan secara bertahap.

Larangan penjualan kembali barang koleksi digital yang diberlakukan oleh regulator Tiongkok untuk membatasi spekulasi pasar dengan aset-aset ini dilaporkan menjadi alasan di balik keputusan Tencent untuk menutup platform NFT-nya, Huanhe. Berita tentang langkah tersebut keluar pada Juli, hanya setahun setelah peluncurannya.

Pada Juni, aplikasi media sosial populer Wechat, juga dioperasikan oleh raksasa teknologi China, mengumumkan niatnya untuk melarang akun publik memfasilitasi perdagangan sekunder token yang tidak dapat dipertukarkan. Segera setelah itu, aplikasi Tencent News berhenti menjual NFT

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.