Sukses

Kejaksaan AS Bentuk Tim Khusus untuk Pulihkan Dana Pengguna FTX

Pengumuman tersebut dikeluarkan saat pendiri dan mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried muncul di Pengadilan Distrik AS.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Kejaksaan AS Manhattan mengatakan pada Selasa, 3 Januari 2023, pihaknya telah membentuk Satuan Tugas FTX untuk memulihkan aset para korban keruntuhan perusahaan pertukaran cryptocurrency dan untuk menangani penyelidikan dan penuntutan terkait dengan perusahaan dan entitas lain.

Pengumuman tersebut dikeluarkan saat pendiri dan mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried muncul di Pengadilan Distrik AS di Manhattan untuk mengaku tidak bersalah dalam kasus kriminalnya, di mana dia didakwa dengan berbagai tuduhan penipuan keuangan dan kejahatan keuangan kampanye.

"Distrik Selatan New York bekerja sepanjang waktu untuk menanggapi ledakan FTX. Kami meluncurkan Satuan Tugas FTX SDNY untuk memastikan bahwa pekerjaan mendesak ini terus berlanjut, didukung oleh semua sumber daya dan keahlian SDNY, hingga keadilan ditegakkan," kata Jaksa AS Manhattan, Damian Williams dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNBC, Rabu (4/1/2023).

Wakil utama Williams, Andrea Griswold memimpin gugus tugas, yang akan menarik jaksa dari unit Penipuan Sekuritas dan Komoditas, Korupsi Publik, dan Pencucian Uang dan Perusahaan Kriminal Transnasional.

Securities and Exchange Commission memperkirakan pelanggan kehilangan kripto lebih dari USD 8 miliar atau sekitar Rp 124,8 triliun akibat dari penipuan di FTX dan dana lindung nilai Bankman-Fried, Alameda Research.

Ketika FTX mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 pada November, FTX mengklaim memiliki lebih dari 100.000 kreditur, serta kewajiban antara USD 10 miliar dan USD 50 miliar, dibandingkan dengan aset dalam rentang yang sama.

Bankman-Fried yang berusia 30 tahun menjadi tahanan rumah di kediaman orangtuanya, dengan jaminan pribadiUSD$ 250 juta, yang ditetapkan setelah dia diekstradisi dari Bahama akhir bulan lalu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried Bakal Jalani Sidang Pembelaan Tak Bersalah

Sebelumnya, Sam Bankman-Fried direncanakan pada Selasa, 3 Januari 2023 mengajukan pembelaan tidak bersalah atas tuduhan kriminal dia menipu investor dan menjarah miliaran dolar di bursa cryptocurrency FTX yang sekarang bangkrut.

Bankman-Fried dituduh secara ilegal menggunakan simpanan pelanggan FTX untuk mendukung dana lindung nilai Alameda Research miliknya, membeli real estat, dan menghasilkan jutaan dolar dalam kontribusi politik.

Dia dijadwalkan bersidang pukul 2 siang waktu AS pada Selasa sebelum Hakim Distrik AS Lewis Kaplan di Manhattan untuk mengajukan pembelaan. 

Bukan hal yang aneh bagi terdakwa pidana untuk awalnya mengaku tidak bersalah. Tergugat bebas untuk mengubah pembelaan mereka di kemudian hari. Bankman-Fried telah bebas dengan jaminan USD 250 juta setelah ekstradisinya bulan lalu dari Bahama.

Sejak dibebaskan, Bankman-Fried menjadi sasaran pemantauan elektronik dan diharuskan tinggal bersama orang tuanya, keduanya profesor di Stanford Law School di California.

Bankman-Fried didakwa dengan dua tuduhan penipuan kawat dan enam tuduhan konspirasi, termasuk pencucian uang dan melakukan pelanggaran dana kampanye. Dia bisa menghadapi hukuman 115 tahun penjara jika terbukti bersalah.

Bankman-Fried telah mengakui membuat kesalahan dalam menjalankan FTX tetapi mengatakan dia tidak yakin dia bertanggung jawab secara pidana. Kasus penuntutan diperkuat oleh pengakuan bersalah bulan lalu dari dua rekan terdekat Bankman-Fried.

CEO Alameda, Caroline Ellison dan mantan chief technology officer FTX, Gary Wang, masing-masing mengaku bersalah atas tujuh dan empat tuntutan pidana, dan setuju untuk bekerja sama dengan jaksa.

Ellison mengatakan kepada jaksa penuntut dia setuju dengan Bankman-Fried untuk bersembunyi dari investor, pemberi pinjaman, dan pelanggan FTX dana lindung nilai dapat meminjam jumlah yang tidak terbatas dari bursa, menurut transkrip sidang pembelaannya pada 19 Desember.

3 dari 4 halaman

Mantan CEO FTX Sam Bankman Fried Diduga Pindahkan Kripto Rp 10,6 Miliar

Sebelumnya, menurut seorang analis bernama Bowtiediguana menerbitkan utas Twitter pada 29 Desember 2022, yang menjelaskan salah satu pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF), mungkin telah menguangkan USD 684.000 (Rp 10,6 miliar) aset kripto saat menjadi tahanan rumah. 

Jika dana dibelanjakan oleh SBF, itu bertentangan dengan ketentuan rilis pengadilan yang menyatakan mantan eksekutif FTX tidak boleh menghabiskan lebih dari USD 1.000 tanpa izin dari pengadilan.

Menurut Bowtiediguana, pada Agustus 2020, SBF setuju untuk mengambil alih sementara pertukaran desentralisasi (dex) Sushiswap, setelah pendiri anonim Chef Nomi memutuskan untuk pergi. Saat kesepakatan dibuat, SBF membagikan alamat Ethereum publik dan Chef Nomi mentransfer kepemilikan Sushiswap ke alamat SBF.

“Setelah SBF dirilis, dompetnya mengirim semua token kripto yang tersisa ke alamat Ethereum baru yang dibuat satu jam sebelumnya. Dalam 3 jam, lebih dari 100 setoran baru dilakukan ke dompet ini dari berbagai alamat, sebagian besar memiliki tautan ke hedge fund Alameda Research SBF yang sudah tidak berfungsi,” jelas Analis dikutip dari Bitcoin.com, Senin (2/1/2023)

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dalam waktu kurang dari empat jam, 570 Ethereum senilai sekitar USD 684.000 telah ditransfer dari dompet baru ini, ke berbagai tujuan. Dana dikirim ke pertukaran tanpa proses KYC yang berbasis di Seychelles dan ke jaringan Bitcoin melalui Protokol Ren, jembatan blockchain yang didanai oleh Alameda. 

Utas Bowtiediguana juga bahwa seseorang memutuskan untuk mengirimkan informasi melalui email ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) tentang pergerakan onchain terbaru.  Pengguna Twitter lain menandai regulator AS di utas Twitter tersebut.

Sejak penangkapan SBF dan pembebasannya, dana terkait FTX dan Alameda telah bergerak, dan transfer telah ditangkap oleh detektif onchain. Dana yang ditautkan ke Alameda ditransfer dua hari lalu dan dilaporkan dikirim ke Fixedfloat dan Changenow dan selanjutnya dikonversi menjadi BTC. 

Dalam contoh lain, dompet berlabel Alameda mengirim 11,37 kripto Wrapped Bitcoin (WBTC) ke dompet setelah menghapusnya dari Aave pada 29 Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.