Sukses

Produksi Tangkapan Ikan Nelayan Banyuwangi Naik Dua Kali Lipat

Jumlah tangkapan ikan di Banyuwangi mengalami peningkatan signifikan. Tercatat tahun 2022 ke tahun 2023 hasil produksi ikan tangkap di perairan laut Bumi Blambangan naik hingga dua kali lipat.

Liputan6.com, Banyuwangi - Jumlah tangkapan ikan di Banyuwangi mengalami peningkatan signifikan. Tercatat tahun 2022 ke tahun 2023 hasil produksi ikan tangkap di perairan laut Bumi Blambangan naik hingga dua kali lipat.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan (Disperikan) Banyuwangi, Anang Budi Wasono, jumlah tangkapan ikan laut di perairan Banyuwangi mencapai kurang lebih 44.000 ton pada tahun 2023. Hal ini naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya 2022 yaitu sekitar 20rb ton.

“Tahun 2023 kemarin hasil tangkapan ikan sangat melimpah,” ucap Anang pada, Sabtu (4/5/2/2024).

Peningkatan hasil tangkapan pada tahun 2023 yang signifikan itu, Anang menerangkan, dampak dari adanya fenomena El Nino yang saat itu tengah terjadi. Dikatakan, pada saat kemarau panjang atau El Nino banyak ikan yang naik ke permukaan laut hingga menuju ke perairan dangkal.

Hal itulah yang membuat tangkapan ikan semakin meningkat dan tidak sulit untuk dicari. Biasanya munculnya ikan ke permukaan laut dan menuju ke perairan dangkal saat musim kemarau itu disebut dengan istilah Upwelling.

“El Nino malah hasil tangkapan ikan nelayan tuh melimpah,” terangnya.

Anang memprediksi, jika tahun 2024 hasil tangkapan ikan akan lebih tinggi dari tahun 2023. Pasalnya melihat kondisi iklim yang cenderung hangat, kemungkinan membuat ikan banyak yang sedang berada di perairan laut Banyuwangi.

“Melihat kondisi iklim seperti ini, sepertinya tahun 2024 hasil tangkapan ikan semakin naik. 3 bulan ini saja, satu penyuluh sudah mencatat hasil tangkapan ikan sudah mencapai 12 ton,” tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Tingginya Tangkapan Ikan di Banyuwangi

Biasanya, kata Anang, puncak melimpahnya ikan laut di Banyuwangi terjadi pada bulan Agustus hingga Desember. Pada awal hingga pertengahan tahun memang sedang paceklik ikan. 

“Puncaknya ikan terjadi saat perubahan dari angin timur ke angin barat,” pungkas Anang.

Untuk saat ini, komoditas ikan lemuru paling banyak dihasilkan oleh nelayan di perairan laut Banyuwangi. Karena ikan lemuru masuk dalam pabrik ikan kaleng dengan kebutuhan yang sangat tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini