Sukses

Perusahaan Kripto Kraken PHK 1.100 Karyawan Imbas Crypto Winter

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pendiri dan CEO perusahaan pertukaran kripto Kraken Jesse Powell mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 1.100 karyawan atau 30 persen dari tenaga kerjanya. Hal ini sebagai adaptasi kondisi pasar.

Jesse Powell menyampaikan kekecewaannya dalam cuitan di Twitter pada 30 November 2022 setelah mengumumkan PHK tersebut.”Hari yang berarat di @krakenfx," ujar Powell seperti dikutip dari the street.com, Kamis (1/12/2022).

Ia menyebutkan, jumlah karyawan mundur dalam 12 bulan. “Makro sudah tangguh dan kami bertahan tetapi kesengsaraan industri baru-baru ini mengurangi optimisme jangka pendek tentang pemulihan kripto. Posisi yang lebih baik sekarang. Senang kami dapat merawan mantan rekan kami dengan baik, merupakan hak istimewa,” ujar dia.

Dalam unggahan blog berjudul Kraken Takes Steps to Weather Crypto Winter, Powell menuturkan, sejak awal tahun ini, faktor makro ekonomi dan geopolitik telah bebani pasar keuangan.

“Ini hasilkan volume perdagangan jauh lebih rendah dan lebih sedikit klien yang mendaftar. Kami merespons dengan memperlambat upaya perekrutan dan menghindari komitmen pemasaran yang besar,” ujar dia.

Ia menuturkan, dampak negatif pasar keuangan terus berlanjut dan telah kehabisan pilihan lebih baik untuk menyesuaikan biaya dengan permintaan. Powell menuturkan, karyawan Kraken yang diberhentikan akan terima dukungan komprehensif termasuk gaji pokok selama 16 minggu, empat bulan asuransi kesehatan bagi yang memenuhi syarat dan dukungan penempatan.

“Saya yakin langkah yang kami ambil hari ini akan memastikan kami dapat terus memenuhi misi kami yang dibutuhkan sekarang dari sebelumnya. Saya tetap bullish pada kripto dan Kraken,” tutur dia.

 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berencana Go Public

Kondisi saat ini menjadi cerita yang berbeda pada Juni 2022. Ketika Powell menuturkan, pihaknya memiliki lebih dari 500 peran untuk diisi selama sisa 2022.

Sementara itu, Analis Finder, Frank Corva menuturkan, Kraken sedang mengalami transisi besar saat ini terutama sejak Powell mengumumkan pada September 2022 akan mengundurkan diri dari peran sebagai CEO.

“Ada desas desus perusahaan yang bernilai sekitar USD 10 miliar, berencana go public di bawah bimbingan CEO baru Dave Ripley yang merupakan mantan COO perusahaan,” ujar Corva.

Ia menilai, Ripley kemungkinan memangkas staf untuk persiapan perusahaan go public. “Terutama setelah tahun yang penuh tantangan di industri kripto, bursa perlu menunjukkan arus kasnya positif karena mendekati penilaian potensial oleh publik.” Ia menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto di Argentina Lemon Cash PHK 100 Karyawan

Sebelumnya, Lemon Cash, pertukaran kripto yang beroperasi di Argentina dan Brasil, memangkas 38 persen tenaga kerjanya atau sekitar 100 karyawan pada Kamis, 24 November 2022 akibat lingkungan industri yang menantang dan permodalan dari ventura yang sulit.

CEO Lemon Cash, Marcelo Cavazzoli mengatakan PHK yang terjadi di Lemon Cash adalah yang terbesar dibandingkan perusahaan kripto di negara Amerika Latin lainnya.  Pada Mei, Buenbit memberhentikan 45 persen stafnya, sekitar 80 karyawan, karena apa yang disebut pertukaran kripto sebagai "perbaikan global" dalam industri teknologi. Bitso, pertukaran lain, juga memberhentikan 80 karyawan pada Mei.

"Kami tidak tahu kapan pasar modal ventura akan pulih, apalagi untuk perusahaan yang berada dalam tahap pertumbuhan tinggi antara Seri A dan Seri C,” kata Cavazzoli, dikutip dari CoinDesk, Jumat (25/11/2022).

Pada Juli 2021, Lemon mengumpulkan USD 16,3 juta (Rp 254,7 miliar) dalam putaran pendanaan Seri A yang dipimpin oleh dana Inggris Kingsway Capital. Perusahaan telah memperpanjang putaran, menambahkan  USD 27,8 juta dan menaikkan total menjadi USD 44,1 juta.

"Perpanjangan itu memberi kami tulang punggung untuk melewati musim dingin yang kami lihat datang pada tingkat investasi. Kami tidak bergantung pada lebih banyak investasi untuk beberapa tahun ke depan. Jika pasar pulih lebih cepat, bagus, tapi itu bukan sesuatu yang akan kami kejar," lanjut Cavazzoli.

Lemon telah merencanakan untuk mengerahkan hampir seluruh dana untuk ekspansinya di Brasil. Mengingat konteks saat ini, perpindahannya ke negara Amerika Selatan akan lebih strategis dan khusus. 

Pertukaran juga menempatkan rencana untuk memperluas ke Chile, Kolombia, Ekuador, Peru dan Uruguay pada akhir 2022.

 

 

4 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Coinbase Berhentikan 60 Karyawan

Sebelumnya, Coinbase memberhentikan lebih dari 60 staf di departemen perekrutan dan orientasi institusionalnya. PHK Coinbase terbaru ini terjadi hanya lima bulan setelah bursa memberhentikan 18 persen stafnya untuk mempersiapkan musim dingin kripto.

Dilansir dari Decrypt, Jumat (11/11/2022), CEO Brian Armstrong sebelumnya mengatakan Coinbase harus membersihkan karyawannya. Putaran PHK terbaru Coinbase adalah tanda pertukaran masih mencoba untuk memotong biaya di pasar bearish atau koreksi yang sedang berlangsung.

Pada Juni, Coinbase juga membekukan proses perekrutan dan membatalkan tawaran pekerjaan yang telah diberikan kepada kandidat, beberapa di antaranya kemudian mengungkapkan rasa frustrasi mereka secara online.

Coinbase tampaknya tengah berjuang di pasar beruang ini pendapatan kuartalannya turun 28 persen dan volume perdagangan turun 27 persen selama Q3 tahun ini. Saham Coinbase juga turun hampir 80 persen tahun ini dan turun 27,4 persen bulan ini.

Pertukaran itu juga baru saja kehilangan Chief Product Officer-nya, Surojit Chatterjee, yang merupakan mantan pekerja Google tiga tahun lalu. Chatterjee mengambil cuti dan akan menjadi penasihat Armstrong hingga setidaknya Februari 2023, menurut pengarsipan Coinbase dengan SEC.

Di tengah berita buruk dari pertukaran kripto FTX, Armstrong mengatakan Coinbase tidak memiliki eksposur terhadap pertukaran saingan yang runtuh, FTX atau perusahaan saudaranya Alameda Research.

Dan Ark Invest Cathie Wood tampaknya tertarik dengan saham Coinbase meskipun anjlok tahun ini. Perusahaan membeli saham COIN senilai USD 21,4 juta awal pekan ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS