Sukses

Pasar Kripto Datar pada Awal Pekan Terakhir November 2022

Liputan6.com, Jakarta - Performa pasar kripto sejak akhir pekan lalu, tidak ada pergerakan yang kuat di market, sehingga perdagangan cenderung sideways dan tidak menggairahkan.

Meskipun, ada sentimen positif dari perilisan laporan hasil FOMC meeting pada awal November 2022 lalu, tepatnya pada Kamis (24/11/2022), tidak membuat pasar kripto terus bergairah. Reli hanya sesaat, sebelum banyak trader melakukan aksi profit taking yang membuat sepanjang akhir pekan sejumlah kripto big cap turun.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan aksi profit taking memang terlihat menjelang akhir pekan karena bertepatan dengan momen perayaan liburan Thanksgiving AS. 

“Banyak trader dan investor yang membutuhkan fiat untuk kebutuhan liburan. Efeknya masih terasa hingga Senin (28/11) pagi, sehingga market kripto belum kembali bergairah,” ujar Afid, dalam analisis pasar harian yang diterima Liputan6.com, Senin (28/11/2022).

Di samping itu, Afid menambahkan, Fear and Greed Index masih ditutup rendah pada level 28 dengan kategori Fear. 

“Ketakutan masih dirasa oleh pelaku pasar kripto yang masih menunggu pergerakan impulsif dari market, terutama Bitcoin. Nilai Indeks dolar AS (DXY) pada Senin pagi, juga menguat yang membuat pasar kripto melemah,” jelas Afid.

Sepanjang minggu ini belum ada dorongan sentimen yang positif. Kalender ekonomi minggu ini dikemas penuh dengan berbagai rilis ekonomi penggerak market yang akan membantu memposisikan pasar menjelang pertengahan 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Analisis Teknikal

Desember dari keputusan kebijakan moneter global. Yang akan datang, antara lain, rilisan data inflasi dan pekerjaan Jerman dan area Euro.

Market sekarang mengharapkan kenaikan suku bunga 50 basis poin pada pertemuan FOMC pertengahan Desember. Langkah The Fed mungkin bisa mengirim dolar AS lebih rendah dan memberikan berbagai pasar risiko, seperti kripto dorongan lebih tinggi.

Analisis Teknikal

Dari analisis teknikal, candle daily Bitcoin ditutup merah, dengan penurunan sebesar 2,30 persen. Aksi jual masih mendominasi, sehingga volume perdagangan kembali ditutup rendah, di bawah 20-day moving average (MA). 

BTC masih terus retest ditarik ke level support terdekatnya di level USD 16.023. Diharapkan akan ada pullback sehingga bisa bergerak naik ke harga USD 16.458.

Dibanding BTC dan kripto big cap lainnya, Dogecoin mengalami lonjakan 20 persen dalam tiga hari terakhir, karena didorong momen Black Friday dan adanya kabar Vitalik Buterin dan Elon Musk tengah bekerja sama untuk melakukan upgrade DOGE.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 28 November 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Senin (28/11/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi, 28 November 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 0,57 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,73 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.582 per koin atau setara Rp 260,2 juta (asumsi kurs Rp 15.693 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih menguat pagi ini. ETH naik 0,74 persen dan 6,03 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.215 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih lanjutkan penguatan. Dalam 24 jam terakhir BNB melesat 0,50 persen dan 18,79 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 314,10 per koin. 

Kemudian Cardano, lanjutkan penguatan. Dalam satu hari terakhir ADA naik 1,47 persen dan 2,31 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3152 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) masih bertengger di zona hijau dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 1,90 persen dan 16,60 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 14,39 per koin.

Sedangkan XRP masih melanjutkan penguatan. XRP naik 1,33 persen dalam 24 jam terakhir dan 10,96 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4035 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini masih menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 16.55 persen dan 34,02 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,1042 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penguatan ke level USD 844,3 miliar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS