Sukses

Wah, Bayar Pajak di Kota Curitiba Brasil Bisa Pakai Kripto

Pencetus proyek ini adalah anggota dewan kota Noemia Rocha.

Liputan6.com, Jakarta Semakin banyak kota memasukkan kripto sebagai bagian dari pengembangan dan rencana pengumpulan pajak mereka.

Kali ini adalah Curitiba, ibu kota negara bagian Parana di Brasil, yang sedang mempertimbangkan untuk menerima pembayaran dalam mata uang kripto untuk pajak kota. 

Pencetus proyek ini adalah anggota dewan kota Noemia Rocha, yang menyarankan kota harus mempertimbangkan bagaimana hal ini dapat dicapai dengan bantuan perusahaan pembayaran pihak ketiga.

Proposal tersebut mengakui penerimaan kripto di Brasil dan mendorong Curitiba, yang dianggap sebagai pusat teknologi di negara itu, untuk mengeksplorasi kemungkinan ini karena sifatnya. 

“Cryptocurrency telah menjadi aset keuangan yang sangat populer dalam ekonomi dunia dan sudah menjadi bentuk alternatif dari nasionalisasi mata uang, seperti yang dapat dilihat dalam berbagai operasi yang dilakukan melalui lingkungan virtual,” kata Rocha dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (8/11/2022).

Terinspirasi dari Rio De Janeiro

Penasihat Rocha juga mengklarifikasi proposal ini mendapat inspirasi dari kemajuan yang telah dibuat Rio de Janeiro di bidang ini, setelah mengumumkan akan menerima pembayaran semacam ini untuk pajak kota pada 2023. 

Dia percaya ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk memperbarui sistem pembayaran pajak ini untuk memasukkan jenis mata uang baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Lain

RUU, yang akan dipilih secara simbolis dan harus ditinjau oleh walikota Curitiba untuk meninjau implementasinya. Namun, eksekutif tidak memiliki kewajiban untuk menyetujui RUU tersebut, karena disajikan sebagai saran.

Kota-kota lain juga sedang dalam proses menerapkan penerimaan cryptocurrency untuk membayar pajak kota.

Salah satunya adalah Buenos Aires, yang sebagai bagian dari dorongan digitalisasi bertujuan untuk memasukkan pembayaran ini.

Selain itu ada sistem ID berbasis blockchain baru untuk menyederhanakan formalitas yang harus diselesaikan setiap warga negara setiap tahun.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.