Sukses

Waduh! USD 3,8 Miliar Aset Kripto Dibobol Peretas Selama 2022

Selain protokol defi, Chainalysis mencatat bahwa peretas yang terkait dengan Korea Utara cenderung mengirim uang dalam jumlah besar ke sebuah sistem mixer.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan analitik Blockchain, Chainalysis mengatakan 2022 adalah tahun dengan peretasan terbesar untuk kripto, dengan nilai aset yang dibobol mencapai USD 3,8 miliar.

Perusahaan menambahkan bahwa peretasan protokol keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/defi) menyumbang 82,1 persen dari semua kripto yang dicuri oleh peretas sepanjang tahun.

Melansir Bitcoin.com, Sabtu (4/2/2023), perusahaan menjelaskan bahwa aktivitas peretasan kripto meningkat secara signifikan pada Maret dan memuncak pada Oktober yang sekaligus menjadi bulan peretasan terbesar. Di mana aset sebesar USD 775,7 juta dicuri dalam 32 serangan terpisah.

Sebesar 82,1 persen dari semua mata uang kripto yang dicuri oleh peretas, total USD 3,1 miliar berasal dari peretasan keuangan terdesentralisasi (defi).

Memperhatikan bahwa persentase ini naik dari 73,3 persen pada 2021, perusahaan menunjukkan bahwa USD 3,1 miliar dari 64 persen berasal dari protokol cross-chain bridge khusus.

“Peretas yang terhubung dengan Korea Utara, sejauh ini merupakan peretas kripto paling produktif selama beberapa tahun terakhir… Pada 2022, mereka memecahkan rekor pencurian mereka sendiri, mencuri mata uang kripto senilai sekitar USD 1,7 miliar di beberapa peretasan yang kami kaitkan dengan mereka,” sebut Chainalysis.

Selain protokol defi, Chainalysis mencatat bahwa peretas yang terkait dengan Korea Utara cenderung mengirim uang dalam jumlah besar ke sebuah sistem mixer, yang biasanya menjadi landasan proses pencucian uang mereka.

"Untuk sebagian besar tahun 2021 dan 2022, peretas yang terkait dengan Korea Utara hampir secara eksklusif menggunakan Tornado Cash untuk mencuci mata uang kripto yang dicuri dalam peretasan.” Informasi saja, Ethereum mixer Tornado Cash disetujui oleh pemerintah AS pada Agustus tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ahli Sebut Harga Ethereum Bisa Sentuh Rp 37,11 Juta Tahun Ini

Situs Web perbandingan dan perusahaan jasa keuangan Finder menerbitkan laporan dari hasil diskusi 56 spesialis fintech dan cryptocurrency untuk mengukur prediksi harga ethereum (ETH) tahun ini. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (3/2/2023), ETH mengalami tahun yang penuh tantangan pada 2022, mirip dengan sebagian besar mata uang digital lainnya, tetapi harga ETH telah meningkat pada bulan pertama 2023. 

Pakar Finder yakin ETH akan mengakhiri 2023 di harga USD 2.184 per unit atau setara Rp 32,7 juta (asumsi kurs Rp 14.999 per dolar AS) dan mencapai puncak USD 2.474 per token atau setara Rp 37,11 juta di beberapa titik pada 2023. 

Mirip dengan laporan prediksi bitcoin yang diterbitkan minggu lalu, spesialis Finder mengharapkan ETH turun ke level terendah yang signifikan. Panelis menduga ETH bisa mencapai level terendah USD 984 atau setara Rp 14,7 juta tahun ini. 

Ethereum Berpotensi Lampaui Bitcoin

Sekitar 24 persen dari panelis yang disurvei percaya ethereum akan melampaui bitcoin pada 2025. Laporan tersebut menunjukkan 48 persen dari panel Finder mengharapkan hal itu akan terjadi. 

Saat ini, 60 persen pakar fintech dan kripto percaya ETH terlalu murah, dan sekitar 28 persen percaya harganya wajar. Sekitar 12 persen panelis menganggap ETH terlalu mahal dan 16 persen merekomendasikan untuk menjual ETH. 

Adapun 56 persen peserta diskusi yakin ini saat yang tepat untuk membeli ETH, dan 28 persen menyarankan untuk menahan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.