Sukses

Promosikan Kripto, Kim Kardashian Bayar Denda Rp 19,2 Miliar

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) mengatakan, Kim Kardashian telah menerima USD 250.000 untuk mengiklankan cryptocurrency

Liputan6.com, Jakarta - Kim Kardashian harus rela membayar USD 1,26 juta atau setara Rp 19,2 miliar karena mengiklankan sebuah kripto bernama EthereumMax dalam postingan di Instagram pribadinya. 

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) mengatakan bintang reality TV itu telah menerima USD 250.000 untuk mengiklankan cryptocurrency, tanpa mengungkapkan dia telah dibayar untuk melakukannya.

Menurut SEC, Kardashian juga setuju untuk tidak mempromosikan sekuritas aset kripto selama tiga tahun. Pengacaranya mengatakan kepada BBC News, Kardashian senang telah menyelesaikan masalah ini dengan SEC.

“Kardashian sepenuhnya bekerja sama dengan SEC sejak awal dan dia tetap bersedia melakukan apa pun yang dia bisa untuk membantu SEC dalam masalah ini. Dia ingin menyelesaikan masalah ini untuk menghindari perselisihan yang berlarut-larut, ujar pengacaranya, dikutip dari BBC, Selasa (4/10/2022). 

Promosi yang Menyesatkan

Kasus serupa tak hanya dialami oleh Kardashian, tetapi beberapa orang terkenal lainnya juga sempat terjerat kasus serupa. Misalnya, petinju Floyd Mayweather Jr, pemain bola basket Paul Pierce digugat oleh investor pada Januari.

Tindakan hukum tersebut menuduh mereka telah berkolaborasi untuk secara menyesatkan mempromosikan dan menjual cryptocurrency dalam skema "pump and dump" yang dirancang untuk menaikkan harga sebelum menjual kepada investor.

Terlepas dari namanya, EthereumMax tidak memiliki hubungan hukum atau bisnis dengan cryptocurrency terkenal, Ethereum. EthereumMax menghabiskan banyak uang untuk membayar selebritas seperti Kim Kardashian untuk mempromosikan token mereka. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Popularitas Kripto di Amerika Serikat Menurun Akibat Crypto Winter

Sebelumnya, popularitas cryptocurrency dengan investor Amerika sedang menurun. Menurut survei Bankrate September, pada 2022, hanya sekitar 21 persen orang Amerika yang merasa nyaman berinvestasi dalam cryptocurrency. Itu turun dari 35 persen pada 2021. Penurunan ini terjadi di tengah kondisi yang disebut crypto winter.

Meskipun tingkat kenyamanan turun dengan investor lintas generasi, penurunan itu paling tajam di kalangan milenial. Hampir 30 persen investor Amerika Serikat berusia antara 26 dan 41 tahun merasa nyaman pada 2022, dibandingkan dengan hampir 50 persen pada 2021.

Penurunan ini tidak mengejutkan, mengingat hampir USD 2 triliun atau sekitar Rp 30.395 triliun telah hilang dari seluruh pasar kripto sejak November 2021. Harga mata uang digital populer seperti bitcoin telah berjuang untuk mencapai level tertinggi 2021. 

Salah satu perwakilan Bankrate, James Royal mengatakan trader aset apa pun adalah penggemar keuntungan. Dengan cryptocurrency utama seperti Bitcoin dan Ethereum turun lebih dari 70 persen dari tertinggi sepanjang masa, tidak mengherankan jika peminatnya menurun. 

"Penurunan harga kripto tidak membantu penyebab menarik lebih banyak orang ke kripto,” ujar Royal, dikutip dari CNBC, Jumat, 30 September 2022.

Bitcoin telah diperdagangkan antara USD 18.000 dan USD 25.000 sejak Juni turun dari rekor tertinggi lebih dari USD 65.000 pada November 2021. Cryptocurrency dianggap sebagai aset yang sangat fluktuatif yang tunduk pada fluktuasi harga yang tidak dapat diprediksi. 

Pakar keuangan biasanya menyarankan untuk tidak menginvestasikan lebih banyak uang ke dalam cryptocurrency karena tidak ada jaminan untuk mendapatkan keuntungan.

3 dari 4 halaman

The Fed Sebut Mengatur Stablecoin Jadi Prioritas

Sebelumnya, Wakil ketua pengawasan baru Federal Reserve, Michael Barr, mengatakan awal bulan ini, mengatur stablecoin adalah prioritas bagi bank sentral. 

Barr menambahkan The Fed akan bekerja untuk mengawasi aktivitas kripto untuk melindungi pengguna dan sistem keuangan dalam alamat kebijakan pertamanya sejak dilantik pada Juli lalu.

"Saya berencana untuk memastikan bahwa aktivitas kripto bank yang kami awasi tunduk pada perlindungan yang diperlukan untuk melindungi keamanan sistem perbankan serta pelanggan bank,” kata Barr dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (29/9/2022). 

Barr menambahkan, Bank yang terlibat dalam aktivitas terkait kripto perlu memiliki langkah-langkah yang tepat untuk mengelola risiko baru yang terkait dengan aktivitas tersebut dan untuk memastikan kepatuhan terhadap semua undang-undang yang relevan, termasuk yang terkait dengan pencucian uang.

Barr juga mengungkapkan, aktivitas kripto baik di dalam atau di luar bank memerlukan pengawasan sehingga orang sepenuhnya menyadari risiko yang mereka hadapi, mencatat produk inovatif yang penting seperti kripto tidak mendahului kontrol risiko.

4 dari 4 halaman

Regulasi Stablecoin

“Seperti yang telah kita lihat dengan pertumbuhan aset kripto, di pasar yang meningkat pesat dan bergejolak, peserta mungkin menjadi percaya mereka memahami produk baru hanya untuk mengetahui mereka tidak dan kemudian menderita kerugian yang signifikan,” jelas Barr.

Regulasi Stablecoin

Barr mengatakan The Fed akan bekerja dengan badan pengatur lain untuk memastikan terlibat dalam transaksi kripto diatur dengan baik, terlepas dari teknologi yang digunakan.

Ketika berbicara tentang stablecoin, Barr mengatakan, token itu perlu diatur karena uang pribadi secara historis telah mengalami destabilisasi. 

Sementara Barr mengatakan mengatur stablecoin adalah prioritas baginya, dia berhenti menawarkan rekomendasi apa pun, mendesak Kongres untuk bekerja cepat untuk meloloskan undang-undang untuk mengatur stablecoin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.