Sukses

FTX Pimpin Akuisisi Perusahaan Kripto yang Bangkrut Voyager Digital

Lelang untuk Voyager Digital akan diadakan minggu ini melalui pengadilan kebangkrutan untuk aset Voyager.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pertukaran kripto terbesar di dunia, FTX memimpin untuk melakukan akuisisi terhadap perusahaan pinjaman kripto yang bangkrut Voyager Digital. 

Lelang untuk Voyager Digital akan diadakan minggu ini melalui pengadilan kebangkrutan untuk aset Voyager. Pada tahap akhir itu adalah pertempuran antara pertukaran FTX miliarder Sam Bankman-Fried dan Wave Financial, sebuah perusahaan investasi aset digital yang tengah memperebutkan aset Voyager Digital. 

Dilansir dari CoinDesk, Selasa (20/9/2022), seseorang yang mengetahui masalah ini menyebut penawaran dari FTX lebih tinggi dibandingkan Wave Financial. Apapun kesepakatan yang terjadi untuk Voyager nantinya dapat membawa akhir yang relatif rapi ke salah satu kisah paling mengerikan dari tahun yang mengerikan untuk industri kripto.

Setelah harga kripto turun, Voyager pada awal Juli melarang pelanggan menarik uang mereka. Kliennya kemudian menjadi kreditur perusahaan di pengadilan kebangkrutan. 

Voyager harus sejalan dengan pengacara dan pemodal restrukturisasi yang canggih sebagai peserta pemula dalam proses yang berpotensi melelahkan untuk mendapatkan kembali dana mereka. 

Tidak seperti bank konvensional, kegagalan Voyager tidak memiliki asuransi simpanan yang didukung pemerintah yang membuat sebagian besar nasabah bank utuh .

Akuisisi ini nantinya tidak akan mengakhiri kasus Bab 11 Voyager. Namun, undang-undang kebangkrutan AS. memberikan kelonggaran untuk menjual aset sehingga perusahaan yang bermasalah dapat memaksimalkan berapa banyak uang yang dapat mereka pulihkan untuk membayar kreditur mereka.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Voyager Digital Bakal Lelang Aset

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Voyager Digital mengajukan pemberitahuan pada Selasa (6/9/2022) dengan Pengadilan Kepailitan Amerika Serikat yang memberi tahu tentang niatnya untuk mengadakan lelang aset yang tersisa. 

Lelang diusulkan untuk berlangsung pada 13 September 2022 di kantor Manhattan dari bankir investasi Voyager Digital, Moelis & Company, dengan audiensi untuk menyetujui hasilnya pada 29 September. 

Dilansir dari Cointelegraph, Kamis (8/9/2022), lelang awalnya dijadwalkan pada 29 Agustus 2022. Agar lelang dapat diadakan, banyak pihak harus menunjukkan minat dalam akuisisi aset Voyager Digital. 

Pada 22 Juli, FTX mengajukan penawaran untuk membeli semua aset Voyager Digital dan pinjaman aset digital, kecuali pinjaman ke Three Arrows Capital (3AC). Tawaran itu diberi label "lowball" oleh pemberi pinjaman dan ditolak dalam beberapa hari.

Voyager menangguhkan perdagangan, penyetoran, penarikan, dan penghargaan loyalitas pada 1 Juli dan mengumumkan pada 5 Juli mereka akan memasuki reorganisasi Bab 11, suatu bentuk kebangkrutan, dengan utang lebih dari USD 1 miliar. 

Perusahaan mengatakan pelanggan dengan cryptocurrency di akun mereka akan menerima “kombinasi kripto di akun mereka, hasil dari pemulihan 3AC, saham biasa di Perusahaan yang baru direorganisasi, dan token Voyager.

Kebangkrutan Voyager Digital terjadi beberapa hari setelah perusahaan mengeluarkan pemberitahuan default dan sedang menjajaki upaya hukum terhadap Three Arrows Capital, yang berutang 15.250 Bitcoin (BTC) dan 350 juta USD Coin (USDC). Voyager Digital meyakinkan pelanggan mereka akan terus melayani akun mereka. 

Pada Agustus, pengadilan mengizinkan Voyager Digital untuk membayar karyawan "kunci" yang menurut perusahaan sangat penting untuk melanjutkan operasinya meskipun ada keberatan dari investor. 

3 dari 4 halaman

Voyager Digital Bakal Pulihkan Akses ke Setoran Tunai Mulai 11 Agustus 2022

Sebelumnya, pemberi pinjaman Crypto Voyager Digital mengatakan pada Jumat, 5 Agustus 2022 berencana untuk memulihkan akses ke setoran tunai pada 11 Agustus 2022.

Langkah pertama perusahaan dalam mengembalikan hingga USD 270 juta atau Rp 4,02 triliun dalam mata uang fiat kepada pelanggannya. Rencana tersebut muncul setelah Voyager Digital, yang sedang melalui proses kebangkrutan, memperoleh persetujuan pengadilan Kamis untuk menghormati permintaan penarikan dolar pelanggan dari Metropolitan Commercial Bank, di mana Voyager memiliki rekening deposito. 

Dalam sebuah unggahan blog, Voyager mengatakan butuh 5 hingga 10 hari untuk memproses permintaan pengembalian.

Voyager, yang dipimpin oleh CEO Steve Ehrlich, mengajukan pada Juli untuk perlindungan kebangkrutan setelah menderita kerugian besar yang berasal dari meledaknya dana lindung nilai crypto Three Arrows Capital dan penurunan pasar crypto yang lebih luas. 

Sementara itu, pelanggannya telah meminjamkannya miliaran dolar dalam aset kripto. Token itu tetap terkunci untuk saat ini.

Dalam unggahan blog, Voyager mengatakan sedang mengejar proses restrukturisasi mandiri dalam upaya untuk memaksimalkan nilai kripto pada platform. 

 

4 dari 4 halaman

FTX Siap Bantu Nasabah Voyager Digital yang Terdampak Kebangkrutan

Sebelumnya, pertukaran kripto FTX mengumumkan pada Jumat (22/7/2022) pihaknya berencana untuk menawarkan nasabah Voyager Digital akses ke sebagian dana mereka. 

Hal ini merupakan langkah bantuan terbaru oleh pertukaran cryptocurrency yang dipimpin oleh Sam Bankman-Fried untuk industri kripto yang sedang sakit. 

Berdasarkan rencana tersebut, Alameda Ventures, perusahaan perdagangan yang juga didirikan oleh Bankman-Fried, akan membeli semua aset digital dan pinjaman aset digital Voyager.

“Pelanggan Voyager kemudian dapat menerima sebagian dari dana tersebut jika mereka membuka akun di platform FTX. Pelanggan juga dapat menarik saldo tunai segera atau menggunakannya untuk melakukan pembelian di platform FTX,” kata perusahaan dikutip dari Channel News Asia, Minggu (24/7/2022).

FTX mengharapkan untuk menutup kesepakatan pada awal Agustus. Partisipasi dalam rencana itu akan bersifat sukarela, tambah perusahaan itu. 

Voyager Digital telah mengajukan kebangkrutan Bab 11 awal bulan ini. Pada Juni, perusahaan telah menandatangani perjanjian dengan Alameda Ventures untuk jalur kredit bergulir.

Miliarder kripto, Bankman-Fried telah menjadi ksatria putih dalam industri beberapa minggu terakhir, karena telah memberi bantuan pada sederet perusahaan kripto yang bangkrut. 

Seperti diketahui, industri kripto masih berada dalam zona abu-abu, sehingga sedikit pihak yang dapat membantu perusahaan kripto ketika alami kebangkrutan. Perusahaan tersebut hanya bisa bergantung pada perusahaan lain dalam industri yang sama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.