Sukses

Sejumlah NFT Bored Ape Berisiko Dilikuidasi

Masalah muncul di BendDAO, layanan pinjaman peer-to-peer yang memungkinkan pengguna meminjam ether (ETH) terhadap NFT.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan token non-fungible Ape Yacht Club (NFT) yang dibeli dengan uang pinjaman sangat dekat dengan penjualan paksa, dan ada kekhawatiran yang dapat memicu lebih banyak lagi likuidasi.

Mengutip Coindesk, Minggu (21/8/2022), masalahnya muncul di BendDAO, layanan pinjaman peer-to-peer yang memungkinkan pengguna meminjam ether (ETH) terhadap NFT mereka. Pelanggan biasanya dapat mengambil pinjaman sebesar 30 persen hingga 40 persen dari harga dasar koleksi NFT, atau harga minimum untuk membelinya di pasar terbuka, dengan NFT dijadikan sebagai jaminan.

Harga dasar telah jatuh dalam beberapa bulan terakhir, sedemikian rupa sehingga 45 dari 272 Bored Ape dengan pinjaman BendDAO yang terikat padanya sekarang berada di zona bahaya platform, ketika NFT yang digunakan sebagai jaminan hampir dilelang. Dengan kata lain, Bored Ape senilai USD 5,3 juta atau Rp 78,75 miliar berisiko dilikuidasi.

BendDAO populer di kalangan kolektor NFT, sehingga cakupan penjualan bisa sangat besar. Lalu, 272 Bored Ape yang diikat ke BendDAO mewakili 2,72 persen dari keseluruhan koleksi.

Peristiwa likuidasi massal juga dapat berimplikasi pada layanan pinjaman NFT lainnya, yang telah menjadi terkenal pada tahun lalu karena industri NFT telah meledak popularitasnya. 

Selain itu, Bored Ape Adalah salah satu koleksi NFT yang paling menonjol, jika bukan satu-satunya yang paling penting, jadi likuidasi berjenjang di ruang itu bisa memiliki konsekuensi luas di luar Bored Ape.

"Fluktuasi jangka pendek harga dasar NFT adalah normal. Konsensus pada NFT blue chip tidak dibangun dalam sehari, dan tidak akan runtuh dalam waktu singkat," kata BendDAO dalam sebuah pernyataan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mekanisme Perdagangan

Sebagian besar pemegang Bored Ape yang berisiko dilikuidasi membeli gambar kera mereka beberapa bulan yang lalu ketika harga dasar adalah 125 ETH.

Sejak jatuh tepat di atas 70 ETH di tengah kekalahan NFT yang lebih luas. Kolektor yang menggunakan Bored Ape mereka sebagai jaminan dapat dengan mudah melunasi pinjaman ditambah bunga untuk menarik NFT dari situs.

Beberapa masalah terletak pada mekanisme perdagangan NFT, di mana harga dasar akan menyesuaikan karena harga ETH berfluktuasi terhadap USD.

Meskipun ETH naik dari USD 1.000 atau Rp 14,86 juta  menjadi hampir USD 2.000 atau Rp 29,72 dalam sebulan terakhir, layanan pinjaman seperti BendDAO tetap dalam denominasi token yang awalnya dipinjamkan, menyebabkan beberapa Bored Ape dilikuidasi dengan harga dolar yang lebih tinggi daripada di mana mereka dibeli.

Karena semakin banyak NFT dengan harga tinggi yang dijual dalam bentuk lelang likuidasi, para kolektor mulai melakukan window shopping untuk mendapatkan potongan harga. Tawaran untuk NFT yang dilelang di BendDAO harus berada dalam 5 persen dari harga minimum koleksi, terlepas dari seberapa menariknya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pasar Kripto Turun, Bitcoin Sentuh Rp 314,30 Juta

Sebelumnya, bitcoin terpantau merosot pada perdagangan Jumat, 19 Agustus 2022. Bitcoin jatuh ke level terendah dalam lebih dari tiga minggu terakhir ke posisi di bawah USD 22.000 atau sekitar Rp 327,33 juta (asumsi kurs Rp 14.878 per dolar Amerika Serikat). Hal itu terjadi di tengah aksi jual crypto yang tiba-tiba di awal perdagangan Eropa.

Melansir CNBC, Sabtu (20/8/2022), bitcoin jatuh dari USD 22.738 atau Rp 338,32 juta menjadi di bawah USD 21,1234 atau sekitar Rp 314,30 juta pada pukul 4:00 sore waktu setempat berdasarkan data CoinDesk. Sebelumnya, cryptocurrency berfluktuasi antara USD 21.500 dan USD 22.000. Penurunan terjadi tak lama setelah koin digital terbesar di dunia itu melampaui level USD 25.000 untuk pertama kalinya sejak Juni.

Sementara ether turun dari USD 1.808 menjadi USD 1.728 atau sekitar Rp 25,71 juta pada saat yang sama sebelum sempat rebound terbatas, dan harus tergelincir lebih jauh lagi ke posisi USD 1.683,90 atau sekitar Rp 25,04 juta pada pukul 4:00 sore waktu setempat.

"Ini tidak menunjukkan pola flash crash, karena aset tidak segera rebound tajam tetapi tenggelam lebih rendah pada jam-jam berikutnya. Tampaknya hal itu terjadi sebagai akibat dari transaksi penjualan yang besar, tanpa adanya faktor eksternal lainnya,” kata analis pasar dan investasi senior di Hargreaves Lansdown, Susannah Streeter, dikutip dari CNBC, Sabtu (20/8/2022).

Streeter mengatakan, tampaknya cardano membuat penurunan pertama, diikuti oleh bitcoin dan ether. Lalu disusul koin yang lebih kecil seperti dogecoin.

4 dari 4 halaman

Ikuti Gerak Pasar Saham

Koin digital mungkin juga mengikuti pergerakan pasar ekuitas yang berada pada tren lebih rendah. Analis pasar crypto di eToro, Simon Peters mencermati pasar ekuitas AS mulai loyo usai The Fed mengumumkan risalah pertemuan dengan hasil bank sentral itu akan melanjutkan kenaikkan suku bunga hingga inflasi mulai terkendali.

Sementara The Fed juga tidak memiliki panduan mengenai kenaikan suku bunga di masa mendatang.

"Dengan korelasi yang erat antara ekuitas AS dan crypto dalam beberapa bulan terakhir, saya menduga ini telah disaring ke pasar crypto dan itulah mengapa kami melihat aksi jual. Tren ini mungkin juga diperburuk oleh likuidasi posisi buy di pasar berjangka bitcoin abadi,” kata dia.

Mengutip data Coinglass, Peters mengatakan telah menjadi likuidasi terbesar dari posisi beli berjangka sejak 18 Juni, bersamaan dengan momentum bitcoin mencapai harga terendah tahun ini sekitar USD 17.500.

Bitcoin dan eter berakhir pada hari Kamis dengan merah, tetapi eter telah melonjak lebih dari 100 persen sejak pertengahan Juni karena investor bersiap untuk peningkatan besar-besaran ke jaringan ethereum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.