Sukses

Harga Bitcoin Naik Lebih dari 23 Persen Sepanjang Juli 2022

Liputan6.com, Jakarta - Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini diperdagangkan di sekitar USD 23.350 atau setara Rp 346,4 juta, turun sedikit selama 24 jam sebelumnya. 

Bitcoin menyelesaikan minggu positif kedua berturut-turut, naik lebih dari 13 persen dari terendah Senin pekan lalu. Pada satu titik Bitcoin berhasil melampaui USD 24.500. Selama Juli, bitcoin naik lebih dari 23 persen, sementara ether melonjak lebih dari 55 persen dan diperdagangkan sedikit di bawah USD 1.700.

Sebelumnya, pada Rabu, 27 Juli 2022, Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin yang diantisipasi secara luas (0,75 poin persentase). Sehari kemudian, Departemen Perdagangan AS melaporkan produk domestik bruto (PDB) turun secara tak terduga. 

Menanggapi hal itu, CEO manajer aset kripto BitBull Capital, Joe DiPasquale mengatakan Bitcoin mulai menunjukkan stabilitas di tengah kondisi ekonomi saat ini. 

“BTC telah menunjukkan tanda-tanda positif dalam hal stabilitas harga dan tindakan penawaran di bawah USD 20.000. Semua hal itu menghasilkan semacam reli, terlihat dari perdagangan BTC tepat di bawah USD 25.000,” kata DiPasquale dikutip dari CoinDesk, Senin (1/8/2022). 

Korelasi dengan Saham

Kenaikan kripto pada Jumat, 29 Juli 2022 sesuai dengan indeks ekuitas utama, yang naik dengan Nasdaq dan S&P 500, masing-masing melonjak 1,8 persen dan 1,4 persen. 

Kedua indeks naik pada Juli dengan yang terakhir naik lebih dari 9 persen untuk bulan itu, kenaikan terbesar sejak November 2020. Saat ini investor tetap tidak terpengaruh dengan pendapatan perusahaan yang mengecewakan dan peringatan perlambatan pertumbuhan yang akan datang di sejumlah merek terbesar di dunia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dampak Lanjutan Kripto

Industri kripto masih diterjang oleh berbagai sentimen negatif dari para pelaku industri. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh The Block, mengutip dek proposal restrukturisasi, mengatakan pemberi pinjaman kripto yang berbasis di Hong Kong, Babel Finance, kehilangan USD 280 juta dalam perdagangan eksklusif dengan dana pelanggan. 

Babel Finance menangguhkan penarikan dan penukaran, mengutip volatilitas pasar dan menyewa perusahaan perbankan investasi AS Houlihan Lokey untuk membantu menyusun rencana restrukturisasi. 

Babel adalah salah satu dari beberapa perusahaan kripto, yang menderita setelah runtuhnya Terra dan dana lindung nilai kripto Three Arrows Capital.

Perkembangan Industri Menguntungkan

Namun, seperti yang dicatat Arcane Research dalam buletin Jumat terbarunya, sementara perusahaan pinjaman kripto berantakan, perkembangan industri lainnya lebih menguntungkan, termasuk pengumuman raksasa perbankan Spanyol Santander unitnya di Brasil akan mulai menawarkan perdagangan kripto. 

Mereka juga berhasil mendapat peningkatan modal yang besar oleh beberapa proyek, termasuk putaran Seri A sebesar USD 65 juta oleh penyedia layanan identitas digital Web3 Unstoppable Domains dan USD 150 juta oleh blockchain Layer 1 Aptos Labs. Yang terakhir dipimpin oleh FTX Ventures, cabang modal ventura dari pertukaran kripto FTX, dan Jump Crypto.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 1 Agustus 2022

Sebelumnya, mengawali Agustus 2022, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Senin, 1 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali melemah setelah sempat menguat beberapa hari.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin (1/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,39 persen, tetapi masih menguat 2,82 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.489 per koin atau setara Rp 347,9 juta (asumsi kurs Rp 14.815 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) kembali menguat pagi ini, setelah sempat melemah kemarin. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 1,23 persen dan 4,50 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.698 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) harus turun ke zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 1,14 persen, tetapi masih menguat 7,53 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 284,52 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) masih melanjutkan penguatan. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 0,27 persen dan 0,39 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5246 per koin.

Adapun Solana (SOL) pagi ini harus kembali terkoreksi. Sepanjang satu hari terakhir SOL ambles 2,56 persen, tetapi masih menguat 2,86 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 42,87 per koin.

XRP juga kembali melemah pagi ini. XRP turun 0,27 persen dalam 24 jam terakhir. Namun masih menguat 6,22 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3868 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini kompak menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat keduanya masih berada di level USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,08 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam menguat menjadi USD 1,1 miliar dari sebelumnya di level USD 1 miliar.