Sukses

Setelah Bangkrut, Celsius Bakal Dirikan Pertambangan Bitcoin

Penambangan bitcoin dapat memberikan jalan bagi perusahaan kripto yang bangkrut seperti Celsius.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pemberi pinjaman kripto, Celsius Network mengatakan penambangan bitcoin adalah kunci untuk upaya restrukturisasi perusahaan. 

Celsius yang berbasis di New Jersey menerima persetujuan dari Hakim Kepailitan AS Martin Glenn untuk menghabiskan USD 3,7 juta atau sekitar Rp 55,4 miliar dalam biaya konstruksi di fasilitas penambangan bitcoin baru dan USD 1,5 juta untuk bea cukai serta bea pada rig penambangan bitcoin yang diimpor.

Seorang pengacara Celsius, Patrick Nash mengatakan kepada Glenn penambangan bitcoin dapat memberikan jalan bagi perusahaan, yang menghentikan operasi bisnis lainnya seperti pinjaman cryptocurrency , untuk membayar pelanggan, yang asetnya membeku dalam minggu-minggu menjelang pengajuan kebangkrutannya.

"Di dunia di mana pasar kripto rebound, bisnis pertambangan memiliki potensi yang cukup berharga," kata Nash dikutip dari Channel News Asia, Selasa (19/7/2022). 

Celsius berharap upaya penambangan akan membantu memperbaiki hubungannya dengan pelanggan, yang beberapa di antaranya mengirim surat ancaman dan kebencian kepada karyawan perusahaan dalam minggu-minggu sebelum pengajuan Bab 11.

Namun, sekelompok investor melihat kemungkinan pertarungan untuk mengendalikan operasi penambangan bitcoin. 

Pengacara para investor, Dennis Dunne, mengatakan mereka mungkin berpendapat koin yang baru ditambang harus dianggap milik anak perusahaan Inggris yang mengumpulkan dana untuk operasi penambangan, daripada didistribusikan untuk kepentingan semua kreditur Celsius.

Pelanggan mungkin juga keberatan dengan pengeluaran Celsius untuk vendor penambangan bitcoin pada saat pemulihan mereka sendiri diragukan, kata pengawas kebangkrutan Departemen Kehakiman AS.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebelum Bangkrut, Celsius Berhasil Gaet 1,7 Juta Pengguna Baru

Pengajuan kebangkrutan Celsius minggu ini hampir tidak mengejutkan siapa pun. Karena berdasarkan pola, setelah membekukan aset pelanggan, biasanya semuanya berakhir dengan kebangkrutan. Meskipun begitu, sebelum bangkrut Celsius berhasil menggaet sekitar 1,7 juta pengguna baru.

Tiga minggu setelah Celsius menghentikan semua penarikan karena kondisi pasar yang ekstrem dan beberapa hari sebelum bangkrut, Celsius masih beriklan dalam teks tebal besar di situs webnya. Dalam iklannya, Celsius masih menjanjikan pengembalian tahunan hampir 19 persen. 

Janji seperti ini membantu memikat pengguna baru dengan cepat. Celsius mengatakan memiliki 1,7 juta pelanggan, pada Juni.

“Transfer kripto Anda ke Celsius dan Anda bisa menghasilkan hingga 18,63 persen APY dalam hitungan menit,” isi iklan pada situs Celsius sebelum bangkrut, dikutip dari CNBC, Senin (18/7/2022).

Jatuhnya Celsius menandai kebangkrutan besar ketiga dalam ekosistem kripto dalam dua minggu, dan itu disebut sebagai momen Lehman Brothers crypto. 

Efek penularan dari pemberi pinjaman kripto yang gagal, mirip dengan jatuhnya bank besar Wall Street yang pada akhirnya meramalkan Hutang hipotek 2008 dan krisis keuangan.

3 dari 4 halaman

Kreditur

Celsius Memiliki 100.000 Kreditur

Pengajuan kebangkrutan perusahaan menunjukkan Celsius juga memiliki lebih dari 100.000 kreditur, beberapa di antaranya meminjamkan uang tunai platform tanpa jaminan apa pun untuk mendukung pengaturan. 

Daftar 50 kreditur tanpa jaminan teratasnya, termasuk perusahaan perdagangan Sam Bankman-Fried, Alameda Research, serta perusahaan investasi yang berbasis di Kepulauan Cayman.

Aset Perusahaan Turun dan Berutang

Pada Oktober 2021, CEO Celsius, Alex Mashinsky mengatakan pemberi pinjaman kripto itu memiliki aset yang dikelola senilai USD 25 miliar atau sekitar Rp 374,8 triliun. 

Bahkan baru-baru ini pada Mei meskipun harga cryptocurrency jatuh , Celsius masih mengelola sekitar USD 11,8 miliar aset, menurut situs webnya. Perusahaan juga memiliki USD 8 miliar lagi dalam pinjaman klien, menjadikannya salah satu nama terbesar di dunia dalam pinjaman kripto.

Sekarang, Celcius turun menjadi USD 167 juta "dalam bentuk tunai," yang katanya akan memberikan "likuiditas yang cukup" untuk mendukung operasi selama proses restrukturisasi.

Sementara itu, Celsius berutang kepada penggunanya sekitar USD 4,7 miliar, menurut pengajuan kebangkrutannya dan ada sekitar USD 1,2 miliar lubang di neracanya.

 

4 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Celsius Ungkap Defisit saat Ajukan Kebangkrutan

Sebelumnya, Celsius Network mencatat defisit USD 1,19 miliar atau sekitar Rp 17,86 triliun (asumsi kurs Rp 15.010 per dolar AS) pada neraca dalam pengajuan pengadilan kebangkrutan pada Kamis, 14 Juli 2022, sehari setelah pemberi pinjaman cryptocurrency mengajukan bagian 11.

Celsius yang berbasis di New Jersey membekukan penarikan bulan lalu, mengutip kondisi pasar ekstrem, memotong akses ke tabungan untuk investor individu dan mengirimkan getaran melalui pasar kripto.

Dalam pengajuan di Pengadilan Kepailitan AS untuk Distrik Selatan New York pada Kamis, Celsius juga mengatakan memiliki USD 40 juta atau Rp 601 miliar dalam klaim terhadap Three Arrows Capital yang berbasis di Singapura, dana lindung nilai kripto yang mengajukan kebangkrutan awal bulan ini.

Sedangkan, pada 13 Juli, Crypto memiliki sekitar 23.000 pinjaman kepada peminjam ritel dengan total USD 411 juta atau Rp 6 triliun  yang didukung oleh jaminan dengan nilai pasar USD 765,5 juta  atau Rp 11 triliun dalam aset digital, tambahnya.

Pemberi pinjaman Kripto berkembang pesat selama pandemi COVID-19, menarik deposan dengan suku bunga tinggi dan akses mudah ke pinjaman yang jarang ditawarkan oleh bank tradisional. 

Mereka meminjamkan token kepada sebagian besar investor institusional, menghasilkan keuntungan dari perbedaan tersebut.

Namun, model bisnis pemberi pinjaman berada di bawah pengawasan setelah aksi jual pasar crypto yang tajam didorong oleh runtuhnya token utama terra USD dan luna pada Mei.

Pemberi pinjaman kripto AS lainnya, Voyager Digital Ltd, mengajukan kebangkrutan bulan ini setelah menangguhkan penarikan dan penyetoran.  Sementara itu, Vault Singapura, pemberi pinjaman yang lebih kecil, juga membekukan penarikan bulan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.