Sukses

Keluarga Ini Beli Bitcoin Setiap Hari, Begini Kondisinya saat Harga Anjlok

Pada 2017, Taihuttu, istrinya, dan tiga putrinya melikuidasi semua aset dan memutuskan untuk fokus pada Bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Taihuttu atau yang dikenal sebagai keluarga Bitcoin mengaku telah alami kerugian sebanyak USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar. Kerugian ini dicapai sejak koin digital paling populer di dunia mencapai puncaknya sekitar USD 69.000 pada November 2021. 

"Saya membeli bitcoin setiap hari. Bagi saya, pelajaran yang saya pelajari dari dua siklus terakhir adalah ketika seluruh dunia panik dan ketika semua orang berpikir bahwa bitcoin akan jatuh, saya perlahan-lahan memperkecil, dan saya membeli bitcoin," kata Taihuttu dikutip dari CNBC, Rabu (6/7/2022). 

Pada 2017, Taihuttu, istrinya, dan tiga putrinya melikuidasi semua aset yang mereka miliki, dan memperdagangkan rumah seluas 2.500 kaki persegi serta hampir semua harta duniawi mereka untuk bitcoin dan kehidupan di jalan. 

Ini mereka lakukan ketika harga bitcoin sekitar USD 900. Bitcoin saat ini diperdagangkan sekitar USD 19.200. Sepanjang memulai hidupnya untuk Bitcoin, keluarga Taihuttu telah keluar dari posisi bitcoinnya dan kemudian membeli kembali, memperdagangkan koinnya pada saat yang tepat.

Taihuttu mengatakan, kepada CNBC dia menjual sekitar 15 persen dari keseluruhan kepemilikan bitcoin keluarga ketika harga turun ke tingkat harga USD 55.000 pada akhir November 2021.

"USD 55.000 bagi saya adalah konfirmasi kami akan turun,” kata Taihuttu.

Volatilitas ekstrim adalah harga melakukan bisnis di pasar aset digital. Dalam dekade terakhir, bitcoin telah mengalami dua periode harga tertekan yang berkepanjangan sebelum rebound.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelajari Grafik

Saat musim dingin kripto sebelumnya pada 2018, bitcoin kehilangan lebih dari 80 persen nilainya sebelum bangkit kembali, akhirnya naik ke level tertinggi sepanjang masa tahun lalu.

Taihuttu yang mempelajari grafik harga pasar kripto dan mengikuti indikator populer seperti Mayer Multiple berpikir dalam siklus harga saat ini, bitcoin akan mencapai titik terendah antara USD 15.000 hingga USD 20.000, sebelum melambung hingga di atas USD 140.000 pada 2025. Selain itu, menurut Taihuttu, saat ini adalah "momen pembelian terakhir".

Strategi investasinya itu telah berjalan cukup baik sejauh ini. Taihuttu memberi tahu portofolionya telah naik lebih dari 2.000 persen dalam enam tahun terakhir.

“Perlahan, orang akan mengerti berada di bitcoin dan HODLing lebih menguntungkan daripada selalu mencoba menangkap altcoin yang akan mencapai ribuan kali lipat,” pungkas Taihuttu.

3 dari 4 halaman

Bitcoin Menguat, Indeks Masih Tunjukkan Ketakutan Ekstrem

Sebelumnya, Bitcoin merayap kembali di atas ambang USD 20.000 atau sekitar Rp 299,9 juta yang telah menjadi titik pengamatan psikologis sejak beberapa pekan bagi investor yang mengukur panjang pasar beruang saat ini. 

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar itu baru-baru ini diperdagangkan sekitar USD 20.300, naik 5 persen selama 24 jam terakhir. Bitcoin anjlok di bawah USD 19.000 pada satu titik minggu lalu sebelum mendapatkan kembali kekuatan reli.

Indeks Crypto Fear & Greed tetap terjepit di wilayah ketakutan yang ekstrem karena industri menyerap pukulan tubuh terbarunya, dan analis masih pesimistis tentang harga setidaknya untuk jangka pendek.

Analis Pasar Senior FxPro Alex Kuptsikevich mengatakan Bitcoin berada di bawah tekanan hampir sepanjang minggu lalu. 

“Pemantulan singkat di awal hari pada 1 Juli lebih mungkin karena kegembiraan emosional dari awal periode baru (bulan, kuartal, setengah tahun) daripada perubahan mendasar dalam situasi,” kata Kuptsikevich dikutip dari CoinDesk, Selasa (5/7/2022). 

Tekanan dari Industri

CEO Binance, Changpeng Zhao baru-baru ini menyebut musim dingin kripto sebagai waktu yang tepat untuk membeli bitcoin bagi investor yang bisa menunggu pasar bull berikutnya. 

Survei dari Mastercard melaporkan lebih dari 51 persen orang Amerika Latin melakukan setidaknya satu transaksi dengan cryptocurrency antara Maret dan April tahun ini. 

Namun, industri masih dipenuhi berita buruk yang berlanjut dengan dana lindung nilai kripto Three Arrows Capital mengajukan kebangkrutan pada Jumat malam.

4 dari 4 halaman

Latar Belakang Ekonomi yang Bermasalah

Pemberi pinjaman kripto, Celsuis, memberhentikan sekitar 150 karyawan selama akhir pekan karena memerangi krisis keuangan yang membuatnya menghentikan penarikan pelanggan bulan lalu.

Platform pinjaman kripto CoinLoan membatasi ukuran penarikan. Kemudian pemberi pinjaman kripto lainnya, Vauld yang berbasis di Singapura, menangguhkan semua penarikan, perdagangan, dan penyetoran pada platformnya karena melihat opsi restrukturisasi.

Latar belakang ekonomi yang bermasalah

Kuptsikevich mencatat latar belakang ekonomi yang bermasalah yang kemungkinan akan terus mengganggu pasar kripto.

"Gambaran global tetap bearish karena pasar saham tidak menunjukkan sekilas pengetatan kondisi keuangan oleh bank sentral," ujar Kuptsikevich. 

"Pada grafik mingguan, BTCUSD tetap di bawah rata-rata 200 minggu, setelah gagal dalam upaya malu-malu untuk naik lebih tinggi minggu lalu,” pungkas dia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.