Sukses

BItcoin Sentuh Rp 313,7 Juta, Analis Pesimistis Lonjakan Pasar Kripto

Pasar kripto berhasil menguat pada Jumat (24/6/2022), namun para analis masih meragukan kekuatan reli di pasar kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin dan kripto teratas lainnya berhasil menguat pada Jumat (24/6/2022) di tengah banyaknya berita buruk dari industri dan ketidakpastian ekonomi global. Namun, analis masih pesimistis tentang daya tahan lonjakan pasar kripto.

Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan pada sekitar USD 21.100 atau sekitar Rp 313,7 juta, peningkatan lebih dari 5 persen selama 24 jam terakhir yang membantu mata uang kripto terbesar mendapatkan kembali sebagian besar penurunan pada hari sebelumnya.

Ethereum kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, berpindah tangan di atas USD 1.140, naik 8 persen. Altcoin utama lainnya juga berhasil menaruh posisi di zona hijau. 

Analis Senior Oanda Americas Edward Moya mengatakan, Bitcoin tetap menjadi aset berisiko dan mungkin tidak akan diperdagangkan pada fundamental kripto sampai dasar yang kuat disepakati untuk saham AS.

Bahkan ketika Moya optimis tentang masa depan bitcoin yang lebih jauh, dia mencatat untuk saat ini tidak ada yang yakin kapan Bitcoin menyentuh dasar dan kapan kembali menguat.

“Bitcoin akan tetap menjadi perdagangan yang fluktuatif dan korelasinya dengan ekuitas sepertinya akan bertahan cukup lama," jelas Moya, dikutip dari CoinDesk, Jumat, 24 Juni 2022.

Sejauh ini, pasar kripto masih menyerap campuran berita baik dan buruk. Di antara peristiwa yang menggembirakan, Solana Labs, pemangku kepentingan utama dalam jaringan blockchain Solana, mengumumkan mereka sedang membangun ponsel Web3 yang disebut "Saga." 

Kemudian, CEO Binance Changpeng Zhao menulis dalam sebuah posting blog perusahaannya akan tetap berkomitmen untuk membantu proyek kripto dengan masalah yang dapat diperbaiki dan potensi yang kuat. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lagi, Pertukaran Kripto Hentikan Penarikan

Sedangkan untuk berita buruk, pertukaran kripto berjangka, CoinFLEX, menghentikan penarikan dengan alasan “kondisi pasar ekstrem” yang sama dengan yang dipersalahkan oleh perusahaan lain di ruang kripto, termasuk Celsius atas masalah mereka. 

CEO CoinFLEX Mark Lamb mengatakan dalam sebuah posting blog pada Kamis keputusan itu terkait dengan rekanan tertentu, meskipun ia menambahkan itu bukan dana lindung nilai kripto yang sedang berjuang Three Arrows Capital atau perusahaan pemberi pinjaman mana pun.

Peningkatan yang terjadi di pasar kripto, sesuai dengan keuntungan ekuitas karena investor bersantai setidaknya untuk sementara dari sikap menghindari risiko mereka. 

Nasdaq yang berfokus pada teknologi, yang semakin memprediksi kinerja aset digital, naik 1,6 persen, sedangkan S&P 500, yang berisi komponen teknologi berat, naik hampir persentase poin setelah kesaksian hari kedua oleh Ketua bank sentral AS Jerome Powell, yang nada menantangnya tentang inflasi dan pengakuan jujur sikap hawkish moneter Fed dapat menyebabkan resesi menenangkan pasar yang mendambakan kejelasan.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 24 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang kompak pada Jumat pagi, 24 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas harus kembali menguat setelah sempat melemah satu hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (24/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 4,18 persen persen dalam 24 jam dan 1,07 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.815 per koin atau setara Rp 309 juta (asumsi kurs Rp 14.848 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 7,30 persen dan 3,55 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.134 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali menghijau. Dalam 24 jam terakhir BNB pulih 6,18 persen dan 6,71 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 228,04 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini juga berhasil pulih. Dalam satu hari terakhir ADA melonjak 3,33 persen, tetapi masih melemah 2,08 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4767 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) juga berhasil kembali ke zona hijau hari ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 8,04 persen dan 20,67 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 37,49 per koin.

XRP juga turut menghijau pagi ini. XRP naik 2,82 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,35 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3328 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,02 persen dan 0,05. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9992 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,08 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto menguat pada hari ini yaitu di level USD 917,8 miliar dari hari sebelumnya di level USD 886,5 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.