Sukses

Elon Musk Sebut Tak Pernah Ajak Masyarakat Investasi Kripto

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk kembali menegaskan dukungannya terhadap Dogecoin sembari menjelaskan dirinya tak pernah mengajak orang investasi kripto. Hal tersebut disampaikan Musk di Forum Ekonomi Qatar pada 2022 di Doha.

Minggu ini, Musk, Tesla dan SpaceX menghadapi gugatan USD 258 miliar atau sekitar Rp 3.828 triliun, yang menuduh Musk adalah bagian dari skema pemerasan untuk mendukung cryptocurrency. Namun Musk membantah hal tersebut. 

"Saya tidak pernah mengatakan orang harus berinvestasi dalam kripto. SpaceX, Tesla dan saya sendiri membeli beberapa bitcoin, tetapi itu adalah persentase kecil dari total aset tunai kami, jadi tidak terlalu signifikan,” kata Musk dalam forum tersebut, dikutip dari Decrypt, Kamis (23/6/2022). 

Terkait dukungannya terhadap dogecoin, Musk menjelaskan untuk mendukung Dogecoin secara pribadi, karena dirinya tahu banyak orang yang tidak begitu kaya yang telah mendorongnya untuk membeli dan mendukung Dogecoin.

“Hanya orang-orang ketika saya berjalan di sekitar pabrik di SpaceX atau Tesla, mereka telah meminta saya untuk mendukung Dogecoin, jadi saya melakukannya,” ujar Musk.

Musk, yang memiliki kekayaan bersih lebih dari seperlima triliun dolar, tahun ini diperkirakan menjadi orang terkaya di dunia oleh Forbes. Dia mengatakan dia secara pribadi memiliki dogecoin, dan pernyataan Twitter-nya tentang cryptocurrency sering kali menaikkan harganya. 

Awal tahun ini, dia mengumumkan Tesla dan SpaceX akan menerima pembayaran Dogecoin untuk beberapa barang dagangan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Rencana Musk Terkait Kripto dan Twitter

Dalam konteks lain, para pendukung kripto telah mengikuti tawaran Musk untuk membeli Twitter tahun ini. Musk telah secara terbuka mengatakan jika kesepakatan itu diselesaikan, kemungkinan akan "mengintegrasikan pembayaran ke Twitter sehingga mudah untuk mengirim uang bolak-balik," menambahkan ini akan mencakup, "mata uang dan juga kripto."

Pada April, Twitter menerima tawaran pengambilalihan USD 44 miliar dari Musk, tetapi CEO tampaknya bersikap dingin untuk saat ini. Bulan berikutnya dia mengatakan kesepakatan itu "sementara ditahan" sampai dia dapat memverifikasi kurang dari 5 persen pengguna Twitter palsu.

Musk mengkonfirmasi di Forum Ekonomi Qatar masih ada "masalah yang belum terselesaikan" dalam kesepakatan itu. Twitter menanggapi kekhawatirannya awal bulan ini dengan memberinya akses ke "firehose" data termasuk setiap tweet yang diposting di platform, sehingga dia dapat secara independen memverifikasi sejauh mana aktivitas bot.

3 dari 5 halaman

Rugi karena Kripto, Pria di Thailand Nekat Rampok Toko Perhiasan

Sebelumnya, seorang pria bersenjata mencuri kalung emas senilai 2 juta baht atau sekitar Rp 840 miliar dari toko emas di Bangkok, Thailand pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Menurut laporan polisi mengatakan tersangka mengaku melakukan perampokan karena tekanan keuangan yang disebabkan oleh kerugian kripto. 

Dilansir dari Bitcoinist, Kamis (23/6/2022), pria bernama Montri itu, ditangkap polisi Bangkok 11 jam setelah melakukan aksi pencurian. Akibat aksinya itu, Montri menghadapi tuduhan perampokan bersenjata.

Selama interogasi polisi, tersangka berusia 34 tahun menyatakan dia memarkir sepeda motornya di depan toko emas Buan Lee di Wang Burapha, memasuki toko dengan membawa senjata, dan melarikan diri dengan membawa perhiasan.

Berdasarkan laporan polisi, pria bersenjata itu memberi tahu penyelidik dia mencuri toko emas karena dia sangat stres dan sangat membutuhkan uang setelah menderita kerugian besar pada investasi kripto selama pergolakan pasar saat ini.

Pemilik toko, Kornrawik Wangcharoenrung, bersama beberapa karyawan dan pelanggan, berlari ke ruang belakang toko. Pria bersenjata itu kemudian mencuri kalung emas itu sebelum melarikan diri. Dua dari kalung itu kemudian ditemukan di trotoar di depan toko.

Seperti diketahui, nilai global cryptocurrency telah menurun secara signifikan dalam beberapa hari terakhir, dengan Bitcoin, koin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, mencapai titik terendah sejak 2020.

Di lingkungan pasar kripto saat ini, telah mengalami kerugian USD 370 miliar dalam tujuh hari, Bitcoin turun di bawah USD 20.000, tetapi membuat comeback kecil pada Selasa, ketika diperdagangkan sebentar di atas USD 21.000. 

4 dari 5 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 23 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang kompak pada Kamis pagi, 23 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas harus kembali melemah setelah sempat menguat beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (23/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 4,02 persen persen dalam 24 jam dan 10,97 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 19.970 per koin atau setara Rp 296,2 juta (asumsi kurs Rp 14.833 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga harus melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 6,01 persen dan 13,92 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.057 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB anjlok 2,51 persen dan 6,33 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 214,61 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini masih terkoreksi sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA ambles 3,41 persen dan 13,17 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4612 per koin.

 

5 dari 5 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) juga kembali ke zona merah hari ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 3,82 persen, tetapi menguat tipis 1,67 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 34,70 per koin.

XRP juga turut kebakaran pagi ini. XRP turun 1,22 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,01 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3236 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9999 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,11 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya turun sedikit ke level USD 0,9993.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto melemah pada hari ini yaitu di level USD 886,5 miliar dari hari sebelumnya di level USD 919,5 miliar.