Sukses

Banyak Masalah Menimpa Perusahaan Kripto, Investor Khawatir Berdampak Luas

Liputan6.com, Jakarta - Industri cryptocurrency berada di ujung tanduk karena bitcoin harus berjuang untuk tetap di atas level kunci. Selain itu investor khawatir dengan beberapa masalah pada pemain kripto utama yang dapat melepaskan guncangan pasar yang lebih luas.

Pada Selasa (21/6/2022), Bitcoin diperdagangkan di kisaran USD 20.500 atau sekitar Rp 303,8 juta. Sebelumnya Bitcoin sempat turun di bawah USD 19.000 pada akhir pekan yang kembali menyebarkan ketakutan bagi para investor dan pelaku industri.

Kejatuhan pasar kripto, mengikuti masalah di beberapa pemain industri utama. Penurunan yang lebih dalam, kata pelaku pasar, dapat memiliki efek knock-on karena investor kripto lainnya terpaksa menjual kepemilikan mereka untuk memenuhi margin call dan menutupi kerugian.

Beberapa masalah yang terjadi pada pemain utama industri adalah dana lindung nilai Crypto Three Arrows Capital sedang menjajaki opsi termasuk penjualan aset dan bailout oleh perusahaan lain. 

Kemudian hari yang sama pemberi pinjaman kripto yang berfokus di Asia Babel Finance mengatakan akan menangguhkan penarikan. Selanjutnya, pemberi pinjaman yang berbasis di AS Celsius Network bulan ini mengatakan akan menangguhkan penarikan pelanggan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Korelasi dengan Saham

Kepala kantor risiko untuk Jepang di penyedia likuiditas kripto B2C2, Adam Farthing mengatakan ada banyak kredit yang ditarik dari sistem dan jika pemberi pinjaman harus menanggung kerugian dari Celsius serta Three Arrows, mereka akan mengurangi ukuran buku pinjaman masa depan mereka.

“Hal ini berarti bahwa seluruh jumlah kredit yang tersedia di ekosistem kripto jauh lebih banyak berkurang,” kata Farthing dikutip dari Channel News Asia, Selasa (21/6/2022). 

"Rasanya seperti tahun 2008 bagi saya dalam hal bagaimana bisa ada efek domino dari kebangkrutan dan likuidasi," lanjut Farthing.

Jatuhnya pasar kripto bertepatan dengan penurunan untuk saham, karena saham AS mengalami penurunan persentase mingguan terbesar dalam dua tahun di tengah kekhawatiran kenaikan suku bunga dan kemungkinan resesi yang semakin besar. 

Pergerakan Bitcoin cenderung mengikuti pola yang mirip dengan aset berisiko lainnya seperti saham teknologi. Kapitalisasi pasar kripto keseluruhan kira-kira USD 877 miliar juga turun dari puncaknya USD 2,9 triliun pada November 2021.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 21 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Selasa (21/6/2022) pagi. Mayoritas kripto jajaran teratas harus kembali terjebak di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa pagi, 21 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,05 persen persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 11,43 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.331 per koin atau setara Rp 301.4 juta (asumsi kurs Rp 14.827 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) harus kembali melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 3,12 persen dan 10,55 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.098 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB melemah 0,19 persen dan 4,65 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 213,52 per koin. 

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini masih menguat tipis. Dalam satu hari terakhir ADA naik 0,35 persen dan 3,05 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4819 per koin.

Adapun Solana (SOL) harus kembali melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 1,42. Namun masih menguat 21,23 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 34,02 per koin.

XRP juga turut melemah pagi ini. XRP turun 2,76 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi menguat 1,31 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3183 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,03 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9989 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) meemah 0,27 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya turun sedikit le level USD 0,9989.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripo berada di level USD 895,7 miliar. Masih melemah jika dibandingkan beberapa hari lalu yang berada di atas USD 1 triliun.