Sukses

Dominasi Stablecoin Meningkat, Sumbang 15 Persen dari Seluruh Nilai Kripto

Stablecoin juga menyumbang banyak volume perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, tiga stablecoin yang termasuk dalam sepuluh besar mata uang digital teratas dalam hal penilaian pasar memberikan 15 persen nilai untuk keseluruhan pasar kripto. Ketiga stablecoin tersebut adalah USDC, USDT dan BUSD. 

Sementara Terra USD (UST) kehilangan nilai, masih ada tiga stablecoin di 10 besar hari ini, karena Binance USD (BUSD) termasuk dalam aset kripto terbesar ketujuh sejauh menyangkut kapitalisasi pasar. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (15/6/2022), dua bulan lalu pada 11 April, ekonomi stablecoin bernilai USD 190 miliar atau sekitar Rp 2.765 triliun, tetapi hari ini penilaian pasar stablecoin sekarang berada di angka USD 159 miliar.

Sebelumnya pada April. seluruh ekonomi kripto bernilai USD 2,03 triliun dan hari ini bernilai sekitar USD 1,15 triliun. Meskipun kejatuhan UST Terra membuat miliaran dolar meninggalkan ekonomi stablecoin, UST sempat mendominasi lebih banyak daripada ketika mendekati USD 200 miliar.

Stablecoin juga menyumbang banyak volume perdagangan, dan pada saat penulisan, token yang dipatok fiat telah melihat volume perdagangan USD 46,1 miliar, sementara semua aset kripto digabungkan menghasilkan USD 71,6 miliar. Data menunjukkan 64,38 persen dari semua perdagangan mata uang digital hari ini ditukar dengan pasangan stablecoin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perdagangan USDT

Misalnya, perdagangan tether (USDT) menyumbang 60,26 persen dari volume perdagangan global bitcoin (BTC), sementara BUSD memerintahkan 10,05 persen. USDT dan BUSD adalah dua pasangan perdagangan teratas BTC, menurut metrik cryptocomapare.

Tether (USDT) masih menjadi raja stablecoin dengan valuasi pasar USD 72 miliar yang mewakili lebih dari 6 persen dari keseluruhan ekonomi kripto. USD Coin (USDC) adalah stablecoin terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar dengan nilai USD 53,7 miliar.

USDC mendominasi hari ini lebih dari 4 persen ekonomi kripto dan gabungan USDC dan USDT membentuk 76,92 persen dari seluruh dominasi stablecoin sebesar 13,40 persen.

Sementara BUSD, mewakili 1,58 persen dari seluruh ekonomi kripto. Itu menyisakan sedikit lebih dari 1 persen ekonomi kripto yang berasal dari stablecoin seperti DAI, FRAX, TUSD, dan USDP.

3 dari 4 halaman

Analis Sebut Harga Bitcoin Berpotensi Turun di Bawah Rp 294,6 Juta

Sebelumnya, pergerakan bitcoin cukup stabil pada Rabu pagi 15 Juni 2022 di sekitar USD 22.000 atau sekitar Rp 324 juta setelah runtuh sejak 2 hari sebelumnya di tengah kekhawatiran inflasi dan kelemahan makroekonomi yang lebih luas. 

Penurunan terjadi setelah AS merilis data inflasi yang lebih buruk dari perkiraan pada Mei dalam sebuah catatan minggu lalu, yang melihat inflasi meningkat sebesar 8,6 persen dibandingkan tahun lalu. 

Trader sekarang memperkirakan kenaikan suku bunga lebih dari 175 basis poin hingga September, yang diperkirakan akan menurunkan pendapatan perusahaan dan memperlambat pengeluaran konsumen.

Trader dan analis kripto tetap sama-sama memiliki pandangan bearish. Salah satunya, Analis pasar senior FxPro Alex Kuptsikevich mengatakan dalam sebuah catatan Selasa sentimen pasar tetap dalam mode "ketakutan yang ekstrem" karena bitcoin mengalami penurunan terbesar sejak awal 2020.

Kuptsikevich menambahkan harga bitcoin bisa jatuh di bawah USD 20.000 atau sekitar Rp 294,6 juta sebelum pembeli jangka panjang kembali ke pasar, asalkan sentimen ekonomi makro membaik.

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Turun Ikuti Bursa Saham Global

Co-CEO di penyedia produk yang diperdagangkan di bursa kripto, ETC Group, Bradley Duke juga memiliki pandangan sama yang menyatakan bitcoin dapat menguji ulang level seperti 2017 dengan dukungan utama berikutnya pada harga USD 20.000.

“Pasar kripto berada dalam mode ketakutan yang ekstrem, dengan satu-satunya periode yang sebanding baru-baru ini dari sentimen rendah yang diperpanjang hingga Maret 2020,” kata Duke dikutip dari CoinDesk, Rabu (15/6/2022). 

Sementara itu, beberapa investor mengatakan penurunan harga bitcoin terkait dengan penurunan saham global.

Contohnya, Direktur eksekutif di dana lindung nilai aset kripto ARK36, Mikkel Morch menjelaskan lingkungan ekonomi global menjadi sangat sulit untuk dinavigasi bagi investor yang terlibat di semua jenis pasar. 

“Selama beberapa tahun terakhir, cryptocurrency telah menjadi aset makro global dan diharapkan mereka akan bereaksi negatif sekarang ketika investor menyadari bank sentral belum bereaksi hampir seagresif yang mereka perlukan. untuk mengendalikan inflasi,” pungkas Morch. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.