Sukses

Ayah dan Anak di AS Dihukum Penjara Akibat Kasus Pencucian Uang Pakai Bitcoin

Kenneth Warren Rhule setuju untuk menukar Bitcoin dengan uang tunai.

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Kehakiman AS (DoJ) mengumumkan hukuman kepada seorang ayah dan anak dari Monroe, Washington, lima tahun penjara setelah didakwa dengan tuduhan mengoperasikan bisnis ganja ilegal dan menggunakan Bitcoin untuk mencuci uang.

Departemen Kehakiman mendakwa ayah dan anak itu setelah penyelidikan oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Administrasi Penegakan Narkoba pada 2020.

Kenneth Warren Rhule, 28, dijatuhi hukuman lima tahun karena tuduhan pencucian uang dan konspirasi untuk memproduksi dan mendistribusikan ganja. Ayahnya, Kenneth John Rule, 47, dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena konspirasi untuk memproduksi dan mendistribusikan ganja. 

Menurut DOJ, Kenneth Warren Rhule setuju untuk menukar bitcoin dengan uang tunai, sejauh ini menawarkan saran tentang penggunaan mata uang digital untuk menyembunyikan dana. Rhule menukar Bitcoin senilai USD 142.000 atau sekitar Rp 2 miliar dengan uang tunai dengan agen yang menyamar sebagai pedagang manusia yang ingin mencuci uang.

Pada saat yang sama, DOJ mengatakan pasangan itu mengoperasikan bisnis produk tanpa izin menggunakan uang tunai dan cryptocurrency untuk dijual ke pelanggan secara nasional.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Uang Tunai dan Cryptocurrency

DOJ mengatakan operasi itu meraup lebih dari USD 13 juta dengan laba bersih USD 2,5 juta.

“Pasangan ini tidak hanya memproduksi dan mendistribusikan produk ganja di dark web, yang melanggar skema peraturan negara bagian, mereka juga secara ilegal mencuci sejumlah besar Bitcoin yang diperoleh perusahaan mereka,” kata Jaksa AS Nick Brown, dikutip dari Decrypt, Selasa (7/6/2022).

“Ketika penegak hukum bergerak, ada lebih dari selusin senjata api beberapa dimuat dan siap digunakan untuk melindungi perdagangan narkoba mereka,” lanjut Brown. 

Bulan lalu, Jeremy Spence, seorang trader kripto Rhode Island berusia 25 tahun yang dikenal sebagai “Sinyal Koin” di media sosial dijatuhi hukuman 42 bulan penjara karena menjalankan apa yang disebut Departemen Kehakiman sebagai skema investasi kripto “seperti Ponzi”.

3 dari 4 halaman

Firma Hukum Korea Selatan Bakal Tuntut CEO Terraform Do Kwon

Sebelumnya, LKB & Partners, salah satu firma hukum terkemuka di Korea Selatan, telah memutuskan untuk menuntut pendiri dan CEO Terraform Labs Do Kwon setelah tragedi tiba-tiba runtuhnya Terra USD (UST) minggu lalu. 

Menurut sebuah laporan di surat kabar Munhwa Ilbo, menjelaskan LKB akan mengajukan kasus terhadap Do Kwon atas nama warga negara Korea dan investor biasa ke Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, 

Beberapa karyawan LKB juga dapat bergabung dalam kasus ini karena mereka termasuk investor Luna dan UST dan kehilangan uang dalam runtuhnya UST, kata laporan itu.

"Ada investor terkait di dalam firma hukum, dan kami akan mengajukan keluhan terhadap Kwon di Unit Investigasi Keuangan Badan Kepolisian Metropolitan Seoul," ujar mitra di LKB, Kim Hyeon-Kwon, mengatakan kepada Munhwa Ilbo, dikutip dari The Block Crypto, Jumat (20/5/2022). 

Selain mengajukan pengaduan polisi, LKB juga telah memutuskan untuk mengajukan perintah lampiran sementara dari properti Kwon untuk menyitanya di Kantor Kejaksaan Distrik Seoul Selatan, menurut laporan tersebut.

Sebuah laporan terpisah dari kantor berita lokal Yonhap mengatakan LKB juga mempertimbangkan untuk menuntut Daniel Shin, salah satu pendiri Terra lainnya. 

4 dari 4 halaman

Harapan Tim Terraform

Stablecoin algoritmik UST turun tajam minggu lalu ke level di bawah 10 sen, jauh dari target harga USD 1,00. Token asli Terra, Luna, juga mogok dan saat ini diperdagangkan dengan harga sepersekian sen, kehilangan hampir semua nilainya.

Ledakan UST dan Luna telah menyebabkan kerugian puluhan miliar dolar bagi investor, baik ritel maupun institusional. Layanan Keuangan Korea Selatan (FSC) dan Layanan Pengawas Keuangan (FSS) dilaporkan telah meluncurkan "inspeksi darurat" ke bursa kripto lokal untuk meningkatkan perlindungan investor.

Politikus Korea, Yun Chang-Hyun juga dilaporkan menyerukan sidang parlemen di UST untuk memahami penyebab keruntuhan dan langkah-langkah untuk melindungi investor. Chang-Hyun ingin Kwon dan pertukaran kripto lokal menghadiri sidang.

Setelah kekacauan UST, tim hukum internal Terraform telah meninggalkan perusahaan. Perusahaan yang berbasis di Singapura telah beralih ke penasihat luar untuk membantu masalah hukum.

Sementara itu, Terraform berharap untuk mengubah situasi. Kwon telah mempromosikan rencana untuk melakukan fork Terra untuk membuat blockchain baru tetapi komunitas tampaknya menentang gagasan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.