Sukses

Mengenal ApeCoin Kripto di Balik NFT Bored Ape Yacht Club

ApeCoin adalah cryptocurrency asli dari ekosistem BAYC.

Liputan6.com, Jakarta - The Bored Ape Yacht Club dan koleksi NFT Apes lainnya yang terkait telah menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan selama 2021, dan gebrakan tersebut tampaknya tidak akan pudar pada 2022.

Sesuatu yang telah diisyaratkan oleh tim beberapa bulan yang lalu adalah penciptaan mata uang kripto asli yaitu ApeCoin (APE) sekarang telah menjadi kenyataan. Hal tersebut cukup menggemparkan komunitas kripto dan NFT, lantas apa sebenarnya ApeCoin itu?

Apa itu ApeCoin?

ApeCoin adalah cryptocurrency asli dari ekosistem BAYC. Ini dirancang untuk menjadi lapisan protokol terdesentralisasi untuk berbagai inisiatif yang seharusnya dipimpin oleh komunitas, dilansir dari Crypto Potato, Jumat (18/3/2022). 

ApeCoin dibangun di atas standar token ERC-20 Ethereum. Cryptocurrency ini diperdagangkan di beberapa bursa terbesar, seperti Binance, FTX, Huobi, KuCoin, Bybit, Kraken, dan sebagainya.

Tokenomi ApeCoin

Total pasokan APE ditetapkan sebanyak 1 miliar token dan tidak ada kemampuan untuk mencetak token kripto lebih lanjut melalui antarmuka kontraknya, serta persediaan ini tidak boleh meningkat. Apalagi kemampuan burning juga tidak ada, jadi suplainya juga tidak berkurang.

The Ape Foundation dan The DAO

Stewarding APE coin adalah pondasi yang merupakan lapisan dasar tempat pemegang dan DAO dapat membangun ekosistem, berdasarkan informasi dari situs resmi. 

Yayasan ini akan memfasilitasi pemerintahan yang terdesentralisasi dan dipimpin oleh masyarakat serta dirancang untuk menjadi lebih terdesentralisasi dari waktu ke waktu. 

Yayasan Ini juga bertugas mengelola keputusan ApeCoin DAO dan bertanggung jawab atas administrasi sehari-hari, pembukuan, manajemen proyek, dan tugas lainnya untuk memastikan ide komunitas DAO mendapat dukungan yang mereka butuhkan untuk menjadi kenyataan.

DAO sendiri, di sisi lain, hadir untuk memberikan kekuatan kepada komunitas pemegang APE. Proses Proposal Peningkatan Kera akan memungkinkan anggota DAO untuk membuat keputusan tentang aplikasi Dana Ekosistem, proyek, kemitraan, dan seterusnya.

Dewan DAO akan bertindak sebagai dewan dari APE Foundation, dan para anggotanya ditugaskan untuk mengawasi administrator Foundation. Dewan memiliki tujuan untuk mengelola proposal DAO dan melayani visi komunitas secara keseluruhan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Lugano Terima Kripto sebagai Alat Pembayaran

Sebelumnya, Lugano di selatan Swiss berencana untuk sebagian bisnis lokal menerima beberapa cryptocurrency sebagai alat pembayaran legal. Langkah tersebut diambil sebagai bagian dari kemitraan dengan Tether.

Pada acara Plan B kota, kepala petugas teknis Tether Paolo Ardoino mengatakan perusahaan telah menyiapkan dana 3 juta franc Swiss atau sekitar Rp 47 miliar untuk bekerja sama dengan pejabat Lugano mendorong adopsi Bitcoin (BTC), Tether (USDT) dan LVGA token untuk toko dan bisnis di seluruh kota.

Ardoino mengatakan proyek itu bertujuan untuk menjadikan kota itu pusat blockchain utama di Eropa.

"Kami ingin menunjukkan bahwa alat-alat ini, instrumen-instrumen ini, mata uang yang diciptakan ini benar-benar dapat digunakan di lingkungan yang dinamis seperti kota Lugano,” kata Ardoino, dikutip dari Cointelegraph, Kamis, 17 Maret 2022.

Selain memungkinkan penduduk Lugano membayar pajak mereka menggunakan kripto, proyek ini akan memperpanjang pembayaran untuk tiket parkir, layanan publik, dan biaya sekolah untuk siswa. Lebih dari 200 toko dan bisnis di area tersebut juga diharapkan menerima pembayaran kripto untuk barang dan jasa.

Ardoino terinspirasi pekerjaan yang telah dilakukan anggota parlemen El Salvador untuk adopsi cryptocurrency.

Pada September 2021, peraturan Bitcoin negara itu mulai berlaku, memungkinkan semua penduduk dan pengunjung untuk menggunakan BTC sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.