Sukses

Pengacara Ukraina Bakal Masukkan Dompet Kripto Politikus Rusia ke Daftar Hitam

Pengacara swasta di Ukraina berhasil kantongi alamat dompet kripto politisi Rusia dan akan memasukannya ke daftar hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Ukraina telah menerima banyak alamat dompet kripto yang terhubung dengan politikus Rusia setelah negara tersebut berupaya menemukan dan memasukkan dompet tersebut ke daftar hitam, kata Artem Afian, pengacara swasta yang dipercayakan dengan tanggung jawab tersebut.

“Ide kami adalah para penjahat perang akan mencoba menghindari sanksi melalui kripto dan kami ingin membawa mereka ke sana,” kata Afian, dikutip dari CoinDesk, Selasa (8/3/2022). 

Berbicara kepada CoinDesk dari lokasi yang dirahasiakan, Afian mengatakan dia sedang berjuang melawan bagian kripto dari perang untuk Ukraina sambil mengkhawatirkan keselamatannya dan keselamatan orang tuanya.

"Itu bukan agresi. Ini perang dengan bom sungguhan. Ini gila, orangtua saya masih hidup tetapi saya tidak tahu apakah mereka aman,” ujar dia.

Saat ini tim Afian baru mengidentifikasi beberapa nama yang menonjol, tetapi ia berharap setelah dicek ulang semua dompet akan lebih banyak lagi. Tim Afian berkoordinasi dengan Kementerian Transformasi Digital, yang merupakan bagian dari kelompok kerja yang mengembangkan undang-undang tentang aset virtual di Ukraina.

Bagian integral dari mempersiapkan daftar hitam adalah untuk membantu semua pertukaran kripto di dunia menandai politikus ini, keluarga mereka, mitra, dan anak-anaknya. Afian bermaksud meyakinkan bursa untuk berhenti bekerja dengan para politisi, agar mereka dapat keluar dari dunia kripto. 

Ukraina juga telah meminta beberapa pertukaran kripto untuk memblokir akun pengguna Rusia untuk memastikan sanksi yang dikenakan pada Rusia diterapkan secara efektif.

Afian menambahkan telah mendapatkan ancaman dari mereka para politikus tersebut tetapi dirinya senang membaca ancaman itu karena itu membuatnya percaya dia melakukan hal yang benar.

Ada celah untuk strategi ini karena politisi Rusia dan Belarusia dapat menggunakan dompet dingin, artinya dompet yang tidak terhubung ke internet. Namun, Afian ingin pertukaran kripto menjadikannya “beracun” bagi para politikus ini dan memberitahu mereka cepat atau lambat Ukraina bisa melacaknya. 

“Bagi saya itu pribadi. Putra saya yang berusia empat tahun terbangun karena bom. Saya tidak pernah bisa memaafkan ini. (Rusia) memilih perang. Saya tidak bisa membuat mereka menderita secara langsung tetapi saya melakukan apa yang saya bisa untuk menghukum mereka,” pungkasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AS Minta Binance dan FTX Pangkas Akses Rusia ke Kripto

Sebelumnya, dalam sebuah laporan  terungkap, Joe Biden dan pemerintahannya berusaha keras untuk memastikan Rusia menerima dampak invasi ke Ukraina.

Terlepas dari larangan SWIFT dan pemblokiran uang Rusia, mereka sekarang melihat ke kelas aset digital dan bagaimana AS dapat menggunakannya untuk menegakkan sanksi pada Rusia. Hal itu terungkap dari laporan Bloomberg, yang dikutip dari Yahoo Finance, Selasa, 8 Maret 2022.

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dan Departemen Keuangan telah mengeluarkan perintah ke beberapa bursa kripto terbesar. Pertukaran ini telah diminta untuk memastikan Rusia tidak menggunakan kripto sebagai pelarian. 

Negara itu baru-baru ini memberlakukan sanksi berat terhadap Federasi Rusia dan ingin memastikan mereka merasakan hal yang sama.

"Cryptocurrency bukan pengganti dolar AS yang banyak digunakan di Rusia, tetapi otoritas Amerika secara agresif terus memerangi penyalahgunaan aset digital untuk menghindari sanksi,” kata seorang pejabat gedung putih.

Beberapa pertukaran kripto yang tampaknya sedang dalam pembicaraan dengan Gedung Putih adalah Binance, Coinbase, dan FTX.

Meskipun Binance dan Coinbase baru-baru ini menyatakan, mereka tidak akan memblokir akun kripto Rusia, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan perubahan. 

Sesuai laporan Bloomberg, kedua bursa hanya ingin mengambil tindakan pada akun yang terkena sanksi. Hanya alamat yang diidentifikasi oleh Kantor Perbendaharaan yang ditandai dan diblokir untuk melakukan transaksi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.