Sukses

Ghozali Everyday, Fenomena NFT yang Bikin Heboh Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, jagat maya Indonesia dihebohkan dengan fenomena seorang pemuda bernama Ghozali yang berhasil meraih keuntungan miliaran rupiah dari hasil penjualan Non Fungible Token (NFT) miliknya pada  sebuah marketplace NFT.

NFT adalah bagian dari konten digital yang ditautkan ke blockchain, atau basis data digital yang juga menopang cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum. Ghozali menjual NFT milikinya melalui marketplace OpenSea

OpenSea merupakan marketplace NFT peer-to-peer pertama dan terbesar di dunia. Platform ini mendukung token ERC-1155 dan ERC-721. Adapun NFT atau aset digital yang ditawarkan di platform ini bisa berupa kartu perdagangan olahraga, musik, foto, video, nama domain, dan aset dalam game.

Fenomena yang dialami Ghozali menjadi sangat viral di Indonesia dalam satu hari terakhir dan menjadi trending topik di media sosial. Bagi Anda yang ketinggalan fenomena NFT milik Ghozali, berikut rangkuman dari fenomena NFT Ghozali Everyday

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Viral di Twitter

Jagat maya dihebohkan dengan akun Twitter bernama Ghozali_Ghozalu. Lantaran, dia telah berhasil meraup keuntungan dari menjual karya Non Fungible Token (NFT) milikinya yang bermodalkan foto selfie. 

"Hari ini (foto selfie) terjual lebih dari 230+ dan sampai sekarang aku tidak tahu kenapa ada yang mau beli #NFT foto milikku. Tapi aku berterima kasih kepada kalian semua untuk upaya 5 tahunku yang terbayar lunas," tulis Ghozali di akun Twitternya pada Selasa, 11 Januari 2022.

3 dari 7 halaman

Menjual foto selfie yang diambil sejak 2017

Nama Ghozali semakin terkenal karena NFT yang ia jual merupakan hasil foto selfienya yang diambil sejak 2017 hingga 2021. Ghozali memberi nama koleksi NFT nya ‘Ghozali Everyday’. Ghozali secara konsisten selfie setiap hari selama 3 tahun dengan berbagai pakaian, gaya rambut, dan ekspresi.

"Saya mengambil foto diri saya sejak saya berusia 18 hingga 22 tahun ( 2017 - 2021 ) itu benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari,” tulis deskripsi akun OpenSea Ghozali Everyday. 

4 dari 7 halaman

NFT nya tersisa 331 buah

Karena dianggap unik, NFT milik Ghozali sangat cepat terjual. Berdasarkan pengakuan Ghozali pada akun Twitter miliknya, Rabu (12/1/2022), NFT nya tersisa 331 buah. 

"Sudah 3 hari dan tersisa 331 NFT, untuk beberapa tahun ke depan saya tidak akan daftar. Anda dapat melakukan apa saja seperti membalik atau apa pun, tetapi tolong jangan menyalahgunakan foto saya atau orangtua saya. Saya percaya pada kalian jadi tolong jaga foto-foto saya,” kata Ghozali dalam cuitan di akun Twitternya. 

Berdasarkan informasi dari akun OpenSea milik Ghozali, ia memiliki total NFT sebanyak 933 NFT. 

5 dari 7 halaman

Meraup keuntungan miliaran rupiah

Karena keberhasilannya menjual koleksi NFT miliknya, dikabarkan Ghozali berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah.

Berdasarkan informasi dari akun OpenSea miliknya, Kami (13/1/2022),  volume tradednya mencapai 277 Ethereum (ETH) atau sekitar Rp 13,3 miliar. Satu foto milik Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta.

6 dari 7 halaman

NFT Everyday dibeli beberapa publik figur Indonesia

Dikabarkan ada beberapa publik figur di Indonesia yang telah membeli NFT Ghozali Everyday. Setelah viral, foto milik Ghozali tersebar di dunia maya, termasuk akun Twitter Chef Arnold dan Reza Arap. 

Reza Arap ternyata menjadi salah satu pembeli NFT foto Ghozali. Di Twitter, ia membagikan foto tangkapan layar platform OpenSea yang memperlihatkan selfie Ghozali miliknya.

"Terima kasih untuk tangan pertama xD @Ghozali_Ghozalu," cuit Reza Arap.

Tak selesai sampai di sini, foto selfie Ghozali dipakai jadi profile picture akun Twitter Reza Arap.

Tak cuma Reza Arap, Chef Arnold juga beberapa kali membagikan cuitan soal pemuda ini. Rabu kemarin, ia mengunggah tangkapan layar akun milik Ghozali yang memperlihatkan volume transaksi besar.

"Ghozali happened...the year of Gozali @Ghozali_Ghozalum," cuitnya.

Pada hari yang sama, ia membagikan bukti bahwa dirinya ikut membeli NFT selfie Ghozali. "Mendapatkan beberapa yang langka. GG Gozali," cuitnya

7 dari 7 halaman

Disorot Sandiaga Uno

Fenomena yang dialami Ghozali ternyata menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno. Melalui unggahan pada akun Instagram pribadinya, dia menulis “Dapat cuan dari foto selfie? Bisa banget!”.

Selain itu, Sandiaga juga menuturkan, NFT mampu untuk menciptakan lapangan kerja dan berpotensi membangkitkan ekonomi. 

Seperti yang dilakukan Ghazali Everyday, seorang mahasiswa yang iseng menjual 933 foto Selfie dirinya sendiri selama 5 tahun sejak berusia 18-22 tahun dengan pose yang sama di salah satu platform digital.

Sandiaga juga memuji fenomena yang dialami oleh Ghozali karena berhasil menjual fotonya seharga Rp 45.000 dan berhasil mendapat valuasi NFT hingga Rp 13 miliar. 

"Yang awalnya per foto dia menjual seharga 45.000, saat ini dihargai belasan juta rupiah bahkan ada satu foto yang dihargai 95 juta, dengan total valuasi NFT-nya bernilai lebih dari 13 miliar rupiah. Luar biasa!” ucap Sandiaga.