Sukses

[Resolusi 2014] Dari Beasiswa Hingga Jadi Penyiar Radio

Mayoritas orang sudah merencanakan apa resolusi yang harus dicapai ketika memasuki tahun yang baru. Simak resolusi Mega Herlindi berikut!

Citizen6, Banyumas: Pergantian tahun adalah hal yang umumnya diwarnai dengan pesta kembang api atau pesta lainnya yang bertujuan untuk menyambut tahun yang baru. Tak jarang kebanyakan orang menghambur-hamburkan uangnya demi menyambut tahun baru. Namun, ada beberapa orang yang hanya menyambut tahun baru dengan sederhana seperti, makan bersama keluarga di sebuah restoran atau melakukan ritual ibadah menurut agamanya masing-masing.

Berbicara mengenai pergantian tahun, tentunya ada satu hal yang pastinya semua orang lakukan, yaitu membuat sebuah resolusi untuk tahun yang baru. Tidak hanya satu resolusi yang ada dipikiran masing-masing orang, mungkin saja ada banyak resolusi yang mereka inginkan di tahun yang baru. Namun, apakah definisi dari resolusi itu sendiri? Resolusi bisa diartikan harapan baru atau cita-cita yang ingin dicapai oleh seseorang.

Begitu pun dengan saya sendiri yang juga mempunyai resolusi untuk tahun 2014 nanti. Banyak hal yang ingin saya capai pada tahun 2014, namun saya mengerti bahwa mungkin saya tidak akan memenuhi semua hal-hal yang ingin saya capai. Oleh karena itu, saya akan mengutamakan hal-hal yang lebih penting untuk saya capai pada tahun 2014.

Adapun resolusi saya ada tiga hal untuk tahun 2014 nanti. Pertama, saya ingin mendapatkan IP (Indeks Prestasi) minimal 3,5 untuk semester kali ini. Untuk mendapatkan IP sebesar 3,5 atau lebih, pastinya membutuhkan usaha untuk mendapatkannya. Usaha yang akan saya lakukan untuk mendapatkannya adalah saya akan belajar lebih keras lagi dari sebelumnya. Saya akan mengatur jadwal belajar saya seperti selain saya belajar di kampus, saya juga akan mengatur waktu belajar saya pada malam hari dari pukul 20.00 WIB sampai dengan 21.30 WIB. Kemudian saya juga akan menanyakan beberapa hal tentang mata kuliah yang saya belum kuasai kepada dosen yang bersangkutan.

Kedua, saya ingin sekali mendapatkan beasiswa untuk kuliah saya. Saya tahu bahwa kedua orang tua saya tentunya tak akan bisa terus menerus membiayai kuliah saya. Banyak hal yang mereka harus penuhi. Saya juga ingin lebih mandiri dalam hidup saya. Seperti halnya untuk mendapatkan IP 3,5, tentunya ada usaha yang harus dilakukan. Usaha yang akan saya lakukan adalah mencari beasiswa-beasiswa yang ada, dengan mengunjungi situs-situs website yang menyediakan informasi mengenai beasiswa dan secara rutin melihat di papan pengumuman kampus apabila ada informasi mengenai beasiswa. Setelah itu, saya akan mendaftarkan diri saya dan memenuhi persyaratan yang diajukan oleh pemberi beasiswa.

Ketiga, saya ingin sekali menjadi penyiar radio pada tahun 2014 nanti. Bagi saya menjadi penyiar radio adalah hal yang menyenangkan. Karena sejak saya umur 12 tahun, saya suka sekali mendengarkan radio. Banyak hal yang saya dapat dari radio, baik itu pengetahuan yang saya belum tahu maupun cerita-cerita dari si penyiar radio. Usaha yang saya lakukan untuk memenuhi cita-cita saya menjadi penyiar radio adalah saya akan mencari informasi mengenai stasiun radio yang sedang mencari penyiar radio. Saya juga akan bertanya pada teman-teman saya mengenai adakah lowongan pekerjaan menjadi penyiar radio.

Itulah ketiga hal yang menjadi resolusi saya pada tahun 2014. Sebuah resolusi  yang mana harus kita wujudkan karena kita telah membuat resolusi itu sendiri. Sebuah resolusi tidak akan terwujud jika kita tidak berusaha untuk menggapainya dan setelah berusaha kita juga harus berdoa kepada Tuhan agar apa yang kita cita-citakan terwujud. Namun, jika resolusi yang kita buat belum bisa kita wujudkan walaupun kita sudah berusaha maka, bersabarlah dan tetap berusaha untuk mewujudkannya. (bnu)

Penulis:
Mega Herlindi
Banyumas, megaherlindxxx@gmail.com.

Baca Juga:
[Resolusi 2014] Mendalami Budaya Leluhur: Batak
[Resolusi 2014] Punya Nama Seabadi Pramoedya Ananta Toer
[Resolusi 2014] Mengubah Media Menjadi Media Digital

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.