Sukses

250 Pengungsi di Ormoc Butuh Layanan Kesehatan

Tim kemanusiaan PKPU mengadakan pelayanan kesehatan untuk para pengungsi dan korban bencana topan Haiyan di kota Ormoc.

Citizen6, Filipina: Tim kemanusiaan PKPU yang tergabung dalam South East Asian Humanitarian Committee (SEAHUM) beserta relawan dari Rumah Zakat dengan ditemani relawan lokal Filipina mengadakan pelayanan kesehatan untuk para pengungsi dan korban bencana topan Haiyan di kota Ormoc.

Pelayanan kesehatan yang diadakan pada Minggu 17 November 2013 yang lalu ini dilaksanakan di sebuah bekas bangunan klinik yang rusak akibat terpaan badai di Phil Health of LINAU Barangai Ormoc City.

Anggota tim relawan PKPU Subur Rohjinawi yang berada di sana mengatakan sekitar 250 orang pengungsi dapat terlayani oleh  aksi layanan kesehatan ini. Banyak di antara mereka termasuk anak-anak mengalami luka-luka dan sakit.

"Kami mengerahkan 4 orang dokter dan sejumlah relawan untuk melayani aksi kesehatan ini. Banyak di antara mereka yang mengalami luka akibat tertimpa bangunan, terkena serpihan kayu, dan lainnya. Sedangkan untuk balita dibutuhkan susu dan makanan pelengkap ASI. Kami harus melengkapi logistik kami dari kota Cebu karena di kota ini sulit mendapatkan pasokan," ungkap Subur.

Tim relawan juga berkoordinasi dengan pemerintah lokal Kota Ormoc sehingga mendapatkan dukungan penyediaan tempat dan tambahan tenaga dokter.

Selain aksi pelayanan kesehatan, tim relawan juga menyisir pantai di jalur utara Kota Ormoc yang mengarah ke Kota Tacloban untuk melakukan evakuasi pengungsi. Selama penyisiran tersebut tim melakukan pembersihan lokasi dan memindahkan  =jenazah yang masih berada di sela-sela reruntuhan kota. Direncanakan tim relawan akan berada di sana selama 2 minggu ke depan.
(Kismo/mar)

Kismo adalah pewarta warga.

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini