Sukses

Dengan SDM yang Handal, TNI AL Bertekad Menuju World Class

KSAL Laksamana TNI DR. Marsertio, berkeyakinan apa bila TNI AL melaui lembaga pendidikannya mampu mendidik dan mencetak sumber daya manusia yang handal dan profesional dibidangnya.

Citizen6, Surabaya: Kepala Staf  Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI DR. Marsertio, berkeyakinan apa bila TNI AL melaui lembaga pendidikannya mampu mendidik dan mencetak sumber daya manusia yang handal dan profesional dibidangnya, maka TNI AL kedepan akan mampu menuju World Class Navy.

Hal tersebut diungkapkan orang nomor satu dijajaran TNI AL itu, usai memimpin upacara peringatan puncak Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) ke-67 tahun 2013 yang dihelat di lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal), Senin 13 Mei 2013.

"Upaya-upaya mencetak prajurit yang handal dan profesioanal, sudah dirintis dan dijalankan tiga lembaga pendidikan TNI AL (Kobangdikal, AAL dan Seskoal) dalam kurun waktu 67 tahun. Dan hal tersebut sudah menampakan hasil positif," ungkap Laksamana TNI DR. Marsertio.

Peringatan kali ini sesungguhnya merupakan ungkapan rasa syukur atas kemajuan yang telah dicapai lembaga pendidikan TNI AL dalam kurun waktu 67 tahun ini, selain itu peringatan ini harus dijadikan momentum untuk melakukan instrispeksi dan evaluasi sejauh mana kualitas lembaga pendidikan TNI AL bisa menghasilkan prajurit siap pakai dan profesional dibidangnya.

Dinamika lingkungan strategis baik secara global, regional dan nasional senantiasa diwarnai upaya-upaya untuk meningkatkan taraf hidup dan kualiatas kehidupan umat manusia. Ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan mampu menjawab kebutuhan manusia yang cenderung semakin ekonomis dan modern. Oleh karena itu, TNI AL menempatkan lembaga pendidikan sebagai ujung tombak dalam mendidik, mencetak, membentuk dan menggemleng SDM yang dimiliki. Karena hanya dengan SDM yang berkualitas melalui proses pendidikan dan para pendidik yang mumpuni kita akan mampu menwujudkan TNI AL yang handal dan disegani.

Dalam proses pendidikan, menurutnya komponen tenaga pendidik menjadi salah satu faktor yang menentukan, oleh karena itu tenaga pendidik yang baik harus memiliki karakter. Tenaga pendidik harus memiliki diataranya pengetahuan (knowladge  of subject), kepribadian (attitude), kemampuan memimpin (leader Ability) dan kemampuan memberi instruksi (knowledge of teaching techniques).

Peringatan Hardikal ke-67 yang berlangsung sederhana, namun khidmat dan meriah ini, dihadiri para asisten Kasal, para mantan Dankobangdikal, Dankobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, Gubernur AAL Laksda TNI Ary Atmaja, Danseskoal, Pangarmabar, Pangkolinlamil, Dankormar, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, serta undangan sipil dan militer lainnnya.

Selain diisi dengan parade dan defile, peringatan kali ini diwarnai penampilan GS Taruna AAL, demonstrasi ketangkasan Bela Diri Militer (BDM) kombinasikan Semapore yang dimainkan 600 siswa yang tengah menempuh pendidikan di Kobangdikal Pendidikan. Mereka adalah siswa Pembentukan Perwira angkatan ke-42, siswa Pendidikan Pertama Bintara angkatan ke-32 dan siswa Pendidikan Pembentukan Bintara agkatan ke-42.

Adapun tema peringatan Hardikal ke-67 kali ini adalah "Melalui Peringatan Hari Pendidikan TNI AL ke-67 Tahun 2013 lembaga pendidikan Siap mendidik dan mencetak Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Iptek untuk menuju World Class Navy." (Kobangdikal/YSH)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini