Sukses

Kembali Terlibat di Pagelaran Sabang Merauke, Isyana Sarasvati Beberkan Cara Pupuk Nasionalisme

Tahun ini, Pagelaran Sabang Merauke kembali mengangkat tema "Pahlawan Nusantara" untuk mengenal, menghargai, dan melestarikan semangat para Pahlawan Indonesia. Meski demikian, terdapat perbedaan cerita dengan yang sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Musisi dan penyanyi Isyana Sarasvati menyebutkan bahwa salah satu cara agar generasi muda memiliki nasionalisme tinggi adalah menonton pagelaran seni budaya. Misalnya saja, Pagelaran Sabang Merauke yang akan digelar pada 17-18 Agustus 2024.

"Jadi emang ini sebuah pagelaran yang menginspirasi dan semoga bisa terus menggaungkan budaya Indonesia ke segenap generasi muda," ungkapnya usai konfrensi pers Pagelaran Sabang Merauke 2024, Selasa (10/7/2024).

Isyana kembali terlibat dalam pementasan yang kelima ini. Namun kali ini, tak hanya berperan sebagai perannya pada tahun lalu, ia juga akan memerankan karakter baru.

"Jadi di Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan ada tambahan lagi satu karakter yang aku perankan, yaitu membawakan peran sebagai Martha Christina Tiahahu, seorang pahlawan dari Maluku. Jadi itu akan menjadi sebuah pengalaman yang baru lagi, karena akan belajar koreografi lagi, lagunya lagi, dan juga nanti pas rehearsal kolosal bersama semua penarinya pasti akan exited banget."

Tahun ini, Pagelaran Sabang Merauke kembali mengangkat tema "Pahlawan Nusantara" untuk mengenal, menghargai, dan melestarikan semangat para Pahlawan Indonesia. Meski demikian, terdapat perbedaan cerita dengan yang sebelumnya.

"Jika sebelumnya ceritanya berkisar tentang seorang kakek yang bercerita tentang keberagaman Indonesia kepada cucunya, sekarang sang cucu menginspirasi diri dan teman-temannya, untuk lebih mengenal keberagaman budaya Indonesia," terang Sutradara Pagelaran Sabang Merauke, Rusmedie Agus.

Selain itu, ia menambahkan juga terdapat penambahan tiga penyanyi baru yang merepresentasikan generasi muda saat ini seperti Yura Yunita, Yan Yosua, dan Alicia Hartono disamping penyanyi lainnya yang telah bergabung di pagelaran sebelumnya, yaitu Isyana Sarasvati, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Christine Tambunan, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, Swain Mahisa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ungkapan terima kasih pada rakyat Indonesia

CEO & President Director iForte & Protelindo Group, Ferdinandus Aming Santoso mengungkapkan bahwa motivasi utama untuk kembali mengadakan Pagelaran Sabang Merauke, The Indonesian Broadway adalah, "ungkapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Lewat seni pertunjukan, kami percaya ini dapat memberikan dampak yang luas serta menjadi cara melestarikan seni budaya Indonesia, menyampaikan sejarah, dan mewariskan kekayaan budaya agar menginspirasi generasi muda Indonesia."

Yura Yunita yang tampil perdana dalam pertunjukan ini tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Nantinya, ia akan berperan sebagai biduan Sunda serta Putri Papua.

"Pagelaran Sabang Merauke adalah acara yang sejak tahun lalu aku ingin untuk terlibat, aku sangat terinspirasi dan berharap suatu hari bisa menjadi bagian dari acara yang luar biasa ini. Jadi, ketika kesempatan itu akhirnya datang, aku sangat antusias," akunya.

Selain menghadirkan tari-tarian daerah dan kontemporer dengan kemasan kekinian, pertunjukan kolosal ini juga akan menghadirkan musik daerah dan nasional yang dikemas secara modern untuk para penonton lintas generasi.

 

3 dari 3 halaman

Harga tiket

Dihelat selama dua hari dengan empat kali pertunjukan, pagelaran ini melibatkan sekitar 325 seniman musik, tari yang akan membawakan total 35 lagu dengan total tarian hampir dari seluruh Indonesia.

"Jadi menurut aku harus banget sih dateng karena kalian bakal haru melihat betapa kayanya budaya indonesia yang kita suguhkan melalui musik, tarian, pagelaran yang sangat spektakuler. Jadi, ayo anak muda datang ke Pagelaran Sabang Merauke!" pungkas Isyana.

Pagelaran Sabang Merauke akan digelar di JIEXPO Theater Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 17-18 Agustus 2024. Terdapat empat kategori tiket, yaitu: Diamond dengan harga Rp750 ribu, Platinum Rp500 ribu, Gold Rp400 ribu, dan Silver Rp250 ribu.

Penjualan tiket akan dimulai pada 10 Juli khusus untuk nasabah BCA Solitaire dan Prioritas. Sedangkan untuk umum, penjualan tiket dimulai pada 11 Juli melalui Tiket.com. Terdapat diskon sebesar 50% jika melakukan pembelian tiket  menggunakan Virtual Account BCA, BCA KlikPay, OneKlik BCA, Debit BCA Mastercard, kartu Kredit BCA, dan kartu American Express Platinum dengan menggunakan kode promo BCASABANGMERAUKE.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini