Sukses

Murah Meriah, Ketahui Manfaat Mentimun untuk Kulit Cerah dan Glowing

Mentimun adalah bahan yang bekerja dengan baik untuk kulit Anda. Berikut manfaat mentimun untuk kulit yang harus Anda ketahui dan cara memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda!

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti sering memperhatikan kalau ada beberapa orang yang suka menaruh irisan mentimun di atas mata mereka saat mata mereka bengkak? Lalu Anda mungkin bertanya-tanya kenapa mereka melakukan hal tersebut?

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang mentimun mengandung manfaat yang luar biasa untuk kulit, dan sangat mudah untuk memasukkan sayuran berair ini ke dalamnya. Ini adalah makanan yang menyegarkan dan mendinginkan yang tidak hanya menambah kelezatan salad, tetapi juga menawarkan beberapa manfaat untuk kulit Anda.

Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin, mineral, dan asam amino yang membuat kulit Anda bersinar luar dan dalam! Seperti dilansir dari Health Shot, Sabtu (15/6/2024), ketahui semua manfaat mentimun untuk kulit seperti di bawah ini.

Apakah Mentimun Baik untuk Kulit?

Mengoleskan mentimun pada kulit merupakan tren perawatan kulit yang tidak akan pernah pudar dan untuk alasan yang tepat. Mentimun merupakan buah bergizi yang memiliki kandungan air tinggi dan kaya akan elektrolit.

Mengandung vitamin A, B, dan C serta asam folat, yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mentimun secara alami memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi bengkak, serta meningkatkan elastisitas kulit.

"Inilah sebabnya mengapa individu sering mengoleskan irisan mentimun mentah di bawah mata mereka untuk mengurangi lingkaran bawah mata yang menghitam dan peradangan sehingga membuat kulit Anda terlihat segar dan bercahaya," kata dokter kulit Dr. Rinky Kapoor.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fitoterapia menemukan bahwa mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, dan mengandung khasiat lain yang membantu membuang limbah dan racun kimia. Ini juga dapat memberikan efek menenangkan terhadap iritasi kulit dan mengurangi pembengkakan.

Selain itu, mentimun juga bersifat refrigeran, hemostatik, dan tonik, yang semuanya membantu memberikan efek mendinginkan pada tubuh, termasuk kulit Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Saja Manfaat Mentimun untuk Kulit?

Kaya akan nutrisi penting, mentimun memiliki banyak manfaat untuk kulit. Dr. Kapoor sendiri mengatakan bahwa sebenarnya mentimun banyak menawarkan manfaat berikut untuk kulit, seperti di antaranya:

  • Vitamin K pada mentimun dapat membuat kulit tampak segar alami, mengurangi lingkaran hitam, melancarkan peredaran darah, serta menyembuhkan luka dan bekas luka.
  • Mentimun dikenal dengan kandungan airnya yang tinggi yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal.
  • Berbagai produk perawatan kulit menggunakan ekstrak mentimun karena khasiat penyembuhannya, yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Hal ini dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit seperti toner, serum, masker wajah, krim pelembab, scrub, pembersih, dan krim bawah mata.

3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Mentimun untuk Kulit

Ingin tahu bagaimana cara menggunakan mentimun agar bermanfaat untuk kulit? Anda dapat menggunakannya dengan berbagai cara untuk disertakan dalam rutinitas perawatan kulit Anda, yaitu:

1. Gunakan mentimun mentah

Oleskan pada wajah dalam bentuk irisan mentah atau masker wajah DIY dengan cara diparut dan langsung diaplikasikan ke wajah.

2. Campurkan mentimun dengan bahan lain

Buat masker mentimun dengan bahan lain seperti madu, lidah buaya, atau yoghurt. Buat pasta halus dengan irisan mentimun dan yogurt.

Oleskan pasta ini dalam jumlah banyak ke seluruh wajah Anda dan diamkan selama lebih dari 10 hingga 15 menit. Setelah masker wajah mengering, bilas dengan air hangat. Masker wajah mentimun dan yogurt ini dapat membantu mengencangkan pori-pori, menghilangkan kotoran, dan memperbaiki warna kulit.

4 dari 5 halaman

3. Toner mentimun

Cuci, kupas, dan iris mentimun. Tambahkan ke dalam wajan dan panaskan dengan api kecil selama kurang lebih 5-7 menit. Sekarang, haluskan campuran dan tuangkan dengan saringan untuk menghilangkan potongan yang menggumpal.

Anda juga bisa menambahkan air mawar ke dalam campuran tersebut. Oleskan toner langsung pada kulit. Campuran ini menenangkan kulit yang terbakar atau rusak.

4. Air mentimun

Cukup campurkan air mentimun dengan lidah buaya atau sabun teh hijau. Percikkan wajah Anda dengan air mentimun untuk menjaga diri Anda tetap segar dan terhidrasi.

5. Lulur mentimun

Parut mentimun dan campurkan sedikit gula atau oatmeal untuk membuat scrub pengelupas kulit. Setelah disiapkan, pijat pada kulit Anda dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air. Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit Anda terlihat halus.

5 dari 5 halaman

Orang-orang yang Harus Menghindari Mentimun

Mentimun dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap buah dan sayuran tertentu. Orang yang mengalami reaksi alergi sebaiknya menghindari mengoleskan mentimun langsung ke wajah karena dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, peradangan, dan gatal-gatal.

Mengoleskan produk berbahan mentimun pada luka terbuka atau luka baru juga dapat memicu masalah kulit dan memicu infeksi. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menghindari komplikasi.

Efek Samping Mentimun untuk Kulit

Orang dengan kulit sensitif atau riwayat masalah kulit seperti eksim, psoriasis, dermatitis, dan rosacea dapat mengalami potensi efek samping seperti sensasi terbakar, kekeringan, jerawat, dan iritasi.

Mentimun memiliki senyawa tertentu yang disebut psoralens yang dapat bereaksi di bawah sinar UV yang berbahaya.

Jadi mereka yang menderita photodermatitis atau alergi sinar matahari sebaiknya menghindari penggunaan pada kulit mereka, karena mereka mungkin mengalami reaksi alergi.

Gejala photodermatitis yang ada seperti iritasi, terbakar sinar matahari, gatal, dan lecet dapat memburuk jika terlalu sering menggunakan produk berbahan mentimun atau mentimun.

Penggunaan mentimun secara berlebihan dapat menguras semua minyak esensial dari kulit sehingga membuatnya tampak kering dan kusam. Menggunakannya bersama dengan produk perawatan kulit lainnya dapat menyebabkan sensitivitas kulit dan mengurangi efektivitas produk lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.