Sukses

9 Leader KPop Terbaik yang Punya Talenta Luar Biasa, Bias Kamu Masuk?

Di antara banyaknya grup KPop terkenal, tentu hanya beberapa yang dapat dikategorikan sebagai leader terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah grup vokal KPop umumnya terdiri dari berbagai posisi, seperti vokalis, rapper, dancer, maknae, hingga leader. Meskipun tidak semua grup memiliki leader, namun leader memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah grup, terlebih pada grup yang memiliki banyak anggota.

Posisi leader ditempati oleh anggota grup yang dipilih untuk memimpin timnya. Peran ini biasanya jatuh pada member yang paling tua atau member yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi.

Leader memiliki berbagai tanggung jawab yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan serta kesuksesan sebuah grup. Beberapa tugas utama mereka yaitu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para anggota maupun pihak manajemen, menjadi juru bicara, memberikan motivasi dan dukungan, serta mampu menyelesaikan konflik.

Di antara banyaknya grup KPop terkenal, tentu hanya beberapa yang dapat dikategorikan sebagai leader terbaik. Selain memiliki talenta yang luar biasa, pemimpin grup terbaik biasanya telah mengalami banyak asam garam ketika memimpin grup mereka.

Dilansir dari PinkVilla, Minggu (9/6/2024), berikut 9 leader KPop terbaik.

1. Suho EXO

Tidak perlu diragukan lagi, Suho EXO sangat layak ditempatkan sebagai salah satu pemimpin grup terbaik di dunia KPop. Dirinya dapat menjaga stabilitas di tengah kekacauan yang terjadi di grupnya. 

Salah satu pukulan besar dirinya selama menjabat menjadi leader yaitu saat Kris Wu, anggota asal Tiongkok mereka, tiba-tiba keluar dari grup. Seluruh anggota pun harus mengubah koreografi dan part bernyanyi mereka beberapa hari sebelum memulai tur.

Dirinya dapat membuktikan dirinya memiliki ketangguhan yang luar biasa dalam memberikan teladan kepada para anggotanya. Selain itu, Suho juga dikenal sebagai pribadi yang sangat respek terhadap sesama idol dari grup lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. RM BTS

Kesuksesan BTS di tingkat global tentu bukanlah suatu hal yang tidak diikuti oleh berbagai tantangan. Terlebih BTS benar-benar harus berjuang dari awal dengan sumber daya yang sangat terbatas. Kesuksesan tersebut pasti tidak terlepas dari peran RM selama menjadi leader grup BTS.

RM BTS yang memiliki nama asli Kim Nam Joon telah menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa sehingga dapat mengarahkan grupnya menjadi grup KPop terbesar sepanjang masa.

3. Taeyong NCT

Memiliki anggota terbanyak yaitu sebanyak 26 anggota tentu bukanlah suatu pekerjaan mudah bagi Taeyong selama menjadi leader NCT. Hingga saat ini dirinya mampu membuktikan bahwa dirinya mampu menjalani tugas tersebut dengan baik. 

Tidak hanya itu, Taeyong juga memimpin sub-unitnya, NCT 127, dan telah berulang kali menyatukan anggota walau di masa-masa yang sulit.

3 dari 5 halaman

4. Taeyeon SNSD

Di tengah banyak grup baru yang bermunculan, Taeyeon selalu layak dijadikan salah satu pemimpin grup terbaik sepanjang masa. Selama ini Taeyeon selalu berhasil memimpin SNSD baik ketika di puncak kejayaan maupun saat para member lebih disibukkan dengan solo project mereka.

Pada masanya, SNSD adalah kontributor terbesar Hallyu Wave (gelombang Korea). Seluruh perhatian tertuju pada SNSD dan Taeyeon sebagai pemimpinnya hingga mereka dapat merebut perhatian hampir seluruh dunia.

5. Baekhyun SuperM

Saat menjadi anggota EXO, Baekhyun dikenal sebagai member yang periang dan konyol. Namun ketika dirinya menjadi leader SuperM, Baekhyun dapat membuktikan bahwa dirinya dapat menjadi pemimpin yang baik. 

SuperM merupakan grup ciptaan SM Entertainment yang berisi member paling populer dan berbakat dari beberapa grup vokal pria SM. Baekhyun selalu menjadi pemimpin yang tegas, namun tetap tidak menghilangkan kepribadiannya yang perhatian dan penyayang.

4 dari 5 halaman

6. Bang Chan Stray Kids

Setelah 6 tahun berkarier, Bang Chan sebagai leader Stray Kids telah berhasil menjadikan dirinya sebagai salah satu leader terbaik di gen 4 KPop. Dengan pribadinya yang rajin, dirinya terus menunjukkan dedikasi terhadap para member maupun cinta tulusnya kepada para penggemar.

7. Yeji ITZY

Tidak hanya memiliki bakat dan visual yang unik, Yeji juga berhasil menjadi salah satu pemimpin terbaik di grup KPop. Dirinya selalu berusaha agar anggota ITZY yang lain tetap berada dalam kondisi terbaik, baik secara profesional maupun pribadi. Aura kepemimpinannya terpancar dalam pribadinya yang protektif.

5 dari 5 halaman

8. Irene Red Velvet

Meskipun memiliki sikap yang tenang dan pendiam, Irene telah menjadi pemimpin Red Velvet yang luar biasa. Dia dengan mudah dapat menyeimbangkan sifat lembutnya dengan tanggung jawab membimbing grupnya.

Kepemimpinan Irene terlihat dari caranya mendukung dan membina rekan satu timnya dengan memastikan semua orang merasa dihargai dan didengarkan.

9. Jihyo TWICE

Telah menjalani masa trainee terlama, Jihyo memiliki pengalaman serta ketahanan yang sangat terlihat jelas. Dia pun menjadi pemimpin yang sangat tangguh dan tidak pernah bosan mendukung para anggotanya untuk bersinar.

Dengan gaya kepemimpinan yang cemerlang serta didukung dengan bakat yang luar biasa, Jihyo selalu menjadi figur pemimpin yang patut dicontoh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.