Sukses

Ikuti Capaian Sustainability Global, Bentoel Group Akselerasi ESG Dalam Negeri

Bentoel Group akselerasi ESG dalam negeri untuk mengikuti capaian sustainability global

Liputan6.com, Jakarta British American Tobacco (BAT) Group resmi menerbitkan Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan Gabungan yang merinci kinerja unggul dalam bidang ESG secara global. 

Laporan ini menyoroti kemajuan grup di bidang-bidang penting, termasuk:

● Mengurangi emisi gas rumah kaca sesuai dengan perkembangan sains mengenai iklim: Pengurangan emisi gas rumah kaca dalam Scope 1 dan 2 sebesar 33,1% pada tahun 2023, dan pengurangan emisi dalam Scope 3 sebesar 12,48% pada tahun 2022 dibandingkan dengan data awal di tahun 2020.

● Mendorong ekonomi sirkular: Mengurangi limbah operasional hingga 28,2% (dibanding data awal di tahun 2017), sehingga target pengurangan 25% BAT tercapai lebih cepat. Selain itu, tercatat 94% bahan yang digunakan untuk kemasan terbuat dari bahan yang dapat digunakan kembali, didaur ulang, atau dijadikan kompos.

● Menghasilkan nilai positif di bidang pertanian: Mengurangi 39,2% penggunaan air dalam kegiatan operasional BAT (dibanding data awal tahun 2017), yang berarti target pengurangan 35% tercapai dua tahun lebih cepat. Sebanyak 93,3% petani di dalam Thrive Supply Chain melaporkan bahwa mereka menanam jenis tanaman lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

● Mendorong target keanekaragaman hayati:  Upaya mencapai target keanekaragaman hayati tetap terjaga (on track), termasuk 68,8% reboisasi area hutan yang sebelumnya menjadi rantai pasok tembakau kami pada tahun 2025.

● Pencegahan akses bagi individu di bawah umur: Memajukan program Pencegahan Akses di Bawah Umur dan Prinsip-prinsip Pemasaran Internasional ke dalam Standar Perilaku Bisnis di seluruh jajaran perusahaan.

● Prestasi keberlanjutan yang diakui secara global: Peringkat MSCI ESG naik menjadi peringkat A (skala AAA hingga CCC) pada tahun 2023, dari yang sebelumnya mendapat peringkat BBB pada tahun 2022.

Sejalan dengan kemajuan global BAT, Bentoel Group masih on track dalam mengembangkan upaya-upaya keberlanjutan ESG-nya. Adapun fokus ESG perusahaan di Indonesia dibangun berdasarkan visi globalnya, yaitu “A Better Tomorrow through a Smokeless World”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inisiatif Bentoel Group

Menanggapi tantangan keberlanjutan Indonesia yang unik dalam perspektif lokal, Bentoel Group telah meluncurkan sejumlah inisiatif melalui payung Bentoel Bangun Bangsa untuk mendukung masyarakat setempat dan perkembangan negara menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. 

Inisiatif tersebut antara lain:

1. Pencegahan perubahan iklim: Bentoel Group telah mengurangi emisi gas rumah kaca Scope 1 dan 2 sebesar 83% di tahun 2023, dibandingkan tahun 2020. Angka ini berhasil diraih melalui berbagai inisiatif, seperti penggunaan 100% energi terbarukan dengan menggunakan solar panel berkapasitas 2,5 megawatt (didukung oleh pembelian Sertifikat Energi Terbarukan).

Bentoel juga menginisiasi Gerakan Mobilitas Hijau: sebuah komitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mempromosikan kendaraan hemat bahan bakar dan mendorong praktik-praktik ramah lingkungan untuk menekan konsumsi energi pada aktivitas operasional perusahaan.

2. Konservasi Air: Pada tahun 2023, Bentoel Group mendaur ulang dan menggunakan kembali 31% air yang telah digunakan di pabriknya di Malang. Bentoel terus meningkatkan sertifikasi AWS (Alliance for Water Stewardship), yang telah diperoleh perusahaan sejak 2022.

AWS merupakan kolaborasi global yang terdiri dari kalangan bisnis, LSM dan sektor publik yang bekerjasama untuk berkontribusi terhadap keberlanjutan sumber-sumber air lokal melalui penerapan dan promosi kerangka kerja universal untuk penggunaan air berkelanjutan.

Bentoel Group akan memaparkan hasil kerja dan pembelajarannya di bidang konservasi air pada acara World Water Forum 2024, sebuah pertemuan internasional terbesar di sektor air, yang tahun ini diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 20 hingga 25 Mei 2024.

3. Pengelolaan limbah: Bentoel Group telah berhasil mencapai status ‘zero waste to landfill’ sejak tahun 2022 dan 100% limbah tidak berbahaya telah didaur ulang.

4. Gerakan Inklusi Digital:  Pada tahun 2023, Bentoel Group melanjutkan komitmennya dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui berbagai inisiatif sosial dan pengembangan ekonomi lokal, termasuk mendonasikan 200 laptop untuk program akselerasi digital dan 100 unit gerobak makanan untuk UMKM yang baru saja merintis bisnis mereka.

 

3 dari 3 halaman

Menuju Masa Depan

Dian Widyanarti, Head of Corporate and Regulatory Affairs Bentoel Group, mengatakan, "Setiap industri bertanggung  jawab untuk berkontribusi mewujudkan masa depan Net Zero. Kami pun sangat bangga dengan kemajuan yang telah dicapai secara global, tidak hanya dalam menerapkan target-target penting dan menjalankan program-program untuk mencapainya, tapi juga dalam mempercepat terwujudnya berbagai target yang telah berhasil dilakukan oleh Grup. Kami terus berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan inisiatif ESG di Indonesia guna memberikan dampak nyata dan berkontribusi pada upaya global untuk mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan."

Sepanjang tahun 2024, BAT akan terus berupaya mewujudkan misinya dalam mencapai “A Better Tomorrow” di Indonesia melalui kegiatan-kegiatan berikut ini:

  • Menciptakan nilai positif di bidang pertanian - memanfaatkan model pengadaan pertanian untuk memberikan dampak positif dalam rantai pasokan, terutama yang berkaitan dengan isu-isu sosial dan lingkungan.
  • Mencapai nol emisi gas rumah kaca di seluruh lini bisnis - berkolaborasi dengan para pemasok dan pemangku kepentingan lainnya di seluruh lini bisnis untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di seluruh operasi perusahaan.
  • Kepemimpinan untuk kategori bisnis baru yang bertanggung jawab - menjadi pemimpin di industri dengan menetapkan standar untuk pengembangan, produksi, dan pemasaran produk kategori baru.
  • Menjadi perusahaan terpercaya yang beroperasi dengan integritas - menciptakan dan mempertahankan budaya perusahaan dimana karyawan merasa bangga atas kontribusi mereka terhadap tujuan keberlanjutan BAT dan dampaknya terhadap Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini