Sukses

Profil Anindya Bakrie Anak Pertama Aburizal Bakrie, Pemilik Salah Satu Klub Bola Inggris

Belakangan, perhatian masyarakat tertuju pada Anindya Novyan Bakrie. Saat ini, ia memiliki kepemilikan dalam klub sepakbola Inggris, Oxford United, dan secara resmi ditunjuk sebagai Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 di Paris.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan, perhatian publik tertuju pada Anindya Novyan Bakrie, anak sulung Aburizal Bakrie, dan kakak dari Ardi Bakrie, suami Nia Ramadhani. Anindya Bakrie adalah seorang pengusaha Indonesia yang bergerak di berbagai sektor, termasuk teknologi, media, telekomunikasi, dan kendaraan listrik.

Selain itu, bersama Erick Thohir, ia memiliki saham di klub sepakbola Inggris, Oxford United, dan menjabat sebagai Direktur di Bakrie Group. Pada 26 Juli hingga 11 Agustus, Anindya Bakrie diresmikan sebagai Chef de Mission (CdM) untuk kontingen Indonesia dalam Olimpiade 2024 Paris di Prancis.

Ingin tahu lebih banyak tentang Anindya Bakrie? Informasi selengkapnya telah dirangkum pada Rabu (15/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Profil Singkat Anindya Bakrie

Lahir di Jakarta pada tanggal 10 November 1974, Anindya Novyan Bakrie, dikenal juga sebagai Anindya Bakrie, merupakan anak sulung dari Aburizal Bakrie dan Tatty Murnitriati. Kini berusia 49 tahun.

3 dari 12 halaman

Pendidikan Anindya Bakrie

Anindya Bakrie diketahui mengenyam pendidikan di SD Triguna, SMP Pangudi Luhur, dan SMA di luar negeri, Phillips Academy.

Setelahnya, dia melanjutkan studi S1 di Northwestern University, fokus pada Teknik Industri. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 di Sekolah Bisnis Stanford.

4 dari 12 halaman

Perjalanan Karier Anindya Bakrie

Setelah berhasil meraih gelar magister, saudara laki-laki dari Ardi Bakrie mengawali karier di sektor perbankan investasi bersama Salomon Brothers di Amerika Serikat. Tak lama setelah itu, ia kembali ke Indonesia dan menjabat sebagai Wakil Direktur Utama serta Managing Director di Bakrie & Brothers.

Anindya Bakrie kemudian memperluas karirnya di industri media. Ia menjadi salah satu tokoh kunci di perusahaan Cakrawala Andalas Televisi (ANTV). Pada tahun 2007, Anindya melakukan akuisisi terhadap stasiun televisi Lativi Media Karya dan menggantinya menjadi TV One.

Sebagai anak tertua Aburizal Bakrie, ia juga menjabat sebagai Komisaris Utama di PT VKTR Teknologi Mobilitas, sebuah anak perusahaan dari Bakrie Group. Sejak tahun 2018, Anindya juga menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Bakrie & Brothers Tbk.

5 dari 12 halaman

Punya Klub Bola Oxford United

Sejak tahun 2018, Anindya Bakrie dan Erick Thohir bersama dengan Sumrith 'Tiger' Thanakarnjanasuth dari Thailand dan Horst Geicke dari Vietnam telah menjadi pemilik mayoritas klub Oxford United. Pada tahun 2022, kepemilikan mereka berkembang menjadi 51%.

Keterlibatan Anindya dan Grup Bakrie dengan entitas di Oxford telah berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain memiliki saham di Oxford United, Anindya juga terlibat dalam kolaborasi dengan Oxford University dalam penelitian life science, Larry Ellison Institute, dan Tony Blair Institute. Mereka juga memberikan bantuan kepada mahasiswa Indonesia yang sedang menimba ilmu di Oxford.

Baru-baru ini, klub yang dimiliki oleh Anindya Bakrie dan Erick Thohir melakukan perjalanan ke Wembley untuk bertanding dalam final play-off yang akan menentukan promosi ke Divisi Championship. Pencapaian ini diraih setelah mengalahkan Peterborough dengan agregat 2-1 di babak semifinal.

6 dari 12 halaman

Jadi CdM Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

Anindya Bakrie baru-baru ini diresmikan sebagai Chef de Mission (CdM) delegasi Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Prancis, yang berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus. Penunjukan ini diumumkan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Nasional Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari, dalam sebuah konferensi pers dengan tema 'Menjaga Merah Putih', di Gedung NOC, Jakarta, pada Jumat (5/1/2024).

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Anindya Bakrie

8 dari 12 halaman

Anak Bakrie Ada Berapa?

Pernikahan Aburizal dan Tatty Murnitriati melahirkan tiga anak. Mereka adalah Anindya Novyan Bakrie yang menikah dengan Firdani Saugi, Anindhita Anestya Bakrie yang menikah dengan Taufan Nugroho, dan Anindra Ardiansyah Bakrie yang menikah dengan Nia Ramadhani.

9 dari 12 halaman

Apakah Aburizal Bakrie Termasuk Orang Terkaya di Indonesia?

Menurut daftar yang dipublikasikan oleh Forbes pada tahun 2007, Aburizal Bakrie menempati posisi teratas sebagai individu terkaya di Indonesia dengan kekayaan bersih mencapai US$ 5,4 miliar. Pada tahun 2008, Majalah Globe Asia juga mengonfirmasi kedudukan Aburizal Bakrie sebagai sosok terkaya di kawasan Asia Tenggara.

10 dari 12 halaman

Anindya Bakrie Anak ke Berapa?

Kelahiran Anindya Novyan Bakrie berlangsung pada tanggal 20 November 1974 di Jakarta, sebagai anak pertama dari Aburizal Bakrie dan Tatty Murnitriati.

11 dari 12 halaman

Siapa Istri Anindya Bakrie?

Firdani Saugi menjadi pasangan hidup Anindya Bakrie dan mereka memiliki tiga anak. Anindya menamatkan pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar Triguna dan menyelesaikan studi menengahnya di Pangudi Luhur, sebuah sekolah Katolik khusus laki-laki di Jakarta, setahun setelahnya, pada 1986.

12 dari 12 halaman

Berapa Usia Anindya Bakrie?

Lahir di Jakarta pada tanggal 10 November 1974, Anindya Novyan Bakrie adalah anak sulung dari Aburizal Bakrie dan Tatty Murnitriati. Kini berusia 49 tahun, ia merupakan sosok yang memiliki keterkaitan erat dengan berbagai sektor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.