Sukses

Tidak Perlu Digoreng 2 Kali, Ini Cara Goreng Singkong Agar Renyah dan Mekar

Singkong goreng akan tetap renyah dengan tekstur yang mekar meski tidak digoreng dua kali. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Singkong goreng yang lezat bisa didapat dengan mudah di tukang gorengan dengan harga yang sangat terjangkau. Sayangnya tukang gorengan cenderung menggunakan minyak yang terlalu tebal sehingga singkong goreng jadi kurang sehat.

Sebagai solusi, singkong goreng bisa digoreng sendiri di rumah dengan takaran minyak yang pas. Namun tidak semua orang bisa menggoreng singkong dengan tepat, sehingga tekstur singkong malah lembek dan kempis.

Untuk mengakali hal tersebut, tidak sedikit yang rela menggoreng singkong hingga dua kali. Padahal cara tersebut akan menyerap lebih banyak minyak, yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kolesterol.

Ada seorang TikToker dengan akun @kemproh615 yang dapat menggoreng singkong sekali saja, tapi tetap renyah dan mekar. Metode yang ia gunakan akan dirangkum pada Senin (06/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus Singkong

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Rebus semua singkong dalam panci yang berisi air mendidih, lalu tutup panci dan tunggu sampai singkong melunak.

Proses merebus singkong ini bisa memakan waktu hingga tiga puluh menit. Oleh karena itu disarankan untuk langsung langkah yang berikutnya sambil menunggu rebusan singkong.

 

3 dari 11 halaman

Haluskan Bumbu

Supaya singkong goreng semakin nikmat, ulek bumbu berikut ini sampai benar-benar halus:

●     3 siung bawang putih.

●     1 sdt garam.

●     Ketumbar secukupnya.

4 dari 11 halaman

Rendam Campuran Singkong dan Bumbu

Jika singkong yang direbus sudah cukup lunak, tiriskan dalam mangkuk. Campurkan bumbu yang sudah diulek tadi dengan singkong yang sudah direbus.

Tambahkan air dingin sampai singkong dan terendam, agar nanti singkong goreng bisa lebih mekar. Jangan lupa untuk diaduk sampai bumbu tercampur merata. Sesudah itu, masukkan rendaman singkong tersebut ke dalam kulkas sampai dingin.

5 dari 11 halaman

Goreng Singkong

Jika dirasa singkong sudah cukup dingin, keluarkan dari kulkas untuk digoreng. Masukkan singkong satu per satu ke penggorengan sampai bertekstur agak keras.

Saat singkong sudah cukup keras, itu berarti singkong sudah matang dan siap ditiriskan. Sekarang, singkong goreng yang renyah dan mekar bisa langsung disantap begitu saja, atau ditambah dengan susu kental manis dan keju.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Tentang Singkong Goreng

7 dari 11 halaman

Apakah Ketela dan Singkong Sama?

Pohon ketela, yang merupakan sebutan lain dari singkong atau ubi kayu, adalah tumbuhan tropis dan subtropis yang termasuk dalam famili Euphorbiaceae.

8 dari 11 halaman

Bolehkah Singkong Direndam Air?

Singkong bisa direndam sebelum dimasak untuk mempercepat proses pematangan, baik dengan cara dikukus atau direbus. Durasi perendaman biasanya sekitar 15 menit, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menyimpan Singkong Biar Awet?

Untuk menjaga keawetan, singkong yang telah dikupas dan direndam dalam air bisa disimpan di dalam kulkas. Dengan cara ini, singkong yang telah dikupas dapat bertahan lebih lama, yakni sekitar dua hingga tiga minggu. Tetapi, penting untuk mengganti air rendaman setiap dua hari agar singkong tetap segar dan tidak berbau.

10 dari 11 halaman

Apa Manfaat Makan Singkong Goreng?

Mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, fosfor, kalsium, zat besi, dan sedikit vitamin B1, singkong goreng menjadi sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Efek kenyangnya didapat dari kandungan karbohidrat dan serat yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

11 dari 11 halaman

Berapa Kalori Singkong Goreng?

100 gram ubi yang direbus mengandung 100 kalori, sementara 100 gram singkong yang direbus memiliki 153 kalori. Singkong yang digoreng dalam 100 gramnya menghasilkan 197,2 kalori, sedangkan ubi yang digoreng tanpa tepung mengandung 144,2 kalori dalam setiap 100 gramnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini