Sukses

Jalanan Lurus Terpanjang di Dunia yang Membelah Gurun Sejauh 239 Km Lebih

Jalan raya sepanjang 239 km lebih yang menghubungkan dua kota di Arab Saudi mendapat predikat jalan lurus terpanjang di dunia. Begini faktanya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membayangkan jalanan yang membentang lurus sejauh mata memandang, mungkin sulit untuk percaya bahwa ada jalan yang memecahkan rekor panjang tanpa tikungan sedikit pun. 

Di tengah gurun yang tandus dan luas di Arab Saudi, terdapat jalanan lurus terpanjang di dunia yang mencapai lebih dari 239 kilometer. Jalan yang luar biasa ini membelah hamparan pasir yang tak berujung, menciptakan pemandangan yang tak hanya menakjubkan, tetapi juga menjadi tantangan bagi para pengendara yang melintas.

Dibangun untuk menghubungkan daerah-daerah yang terpisah oleh gurun luas, jalan ini menjadi jalur vital bagi transportasi dan perdagangan di wilayah tersebut. Meski terlihat sederhana, konstruksi jalan sepanjang ini di tengah gurun memerlukan perencanaan dan teknologi yang maju untuk mengatasi tantangan seperti pasir bergerak, suhu ekstrem, dan jarak yang sangat jauh dari permukiman.

Untuk mengetahui lebih dalam, simak artikel berikut ini yang telah disajikan dari berbagai sumber pada Senin (27/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Jalanan Lurus Terpanjang di Dunia Berada di Arab Saudi

Jalan Raya Arab Saudi membentang sepanjang 916 mil (1.474 km), menghubungkan kota Al Darb di barat daya dan kota Al Batha di timur. Ini adalah salah satu jalan yang cukup sibuk, karena sebagian besar dilalui oleh truk yang mengangkut barang dari satu negara ke negara lain, namun jalan ini paling terkenal karena bentangan sepanjang 149 mil melalui gurun Rub al Khali. 

3 dari 9 halaman

Jalanan Lurus Terpanjang yang Membosankan

Infrastruktur khusus ini awalnya dibangun sebagai jalan pribadi untuk Raja Fahd (SAU), namun sejak menjadi bagian dari sistem jalan umum, jalan ini diklaim Guinness Record sebagai jalan lurus terpanjang di dunia, yang juga dikenal sebagai ‘jalan yang paling membosankan di dunia’,  karena tidak adanya tikungan dan medan yang hampir seluruhnya datar, serta lingkungan sekitar yang hambar dan tidak memiliki fitur sejauh mata memandang. 

4 dari 9 halaman

Dinobatkan Menjadi Jalanan Lurus Terpanjang di Dunia Mengalahkan Australia

Menurut Guinness Records, bentangan jalan super lurus ini diperkirakan memakan waktu berkendara sekitar 2 jam. Hal menarik lainnya, jalan ini merebut gelar jalanan lurus terpanjang di dunia dari bentangan Eyre Highway Australia sepanjang 91,1 mil. Jalan ini masih dikenal sebagai jalan lurus terpanjang di Australia.

5 dari 9 halaman

Jalan Apa yang Paling Lurus?

Berdasarkan laporan Guinness World Records, Highway 10 adalah jalan paling lurus di dunia. Jalan raya ini membentang dari kota Haradh hingga Al Batha, dengan panjang mencapai 240 kilometer (149 mil).

6 dari 9 halaman

Apa Nama Jalan Terpanjang di Indonesia?

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, mengungkapkan rasa bangganya terhadap kepahlawanan Letjen Jamin Ginting dan mengapresiasi pengakuan Jalan Letjen Jamin Ginting sebagai jalan nasional terpanjang di Indonesia oleh Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI). Jalan tersebut memiliki panjang 71,3 kilometer.

7 dari 9 halaman

Jembatan Terpanjang di Dunia Ada Dimana?

Sebuah jembatan merupakan sebuah konstruksi bangunan yang didesain untuk menyediakan akses melintasi berbagai jalur, seperti jalan raya, rel kereta api, sungai, laut, dan sebagainya. Salah satu contoh jembatan terpanjang di dunia adalah Danyang-Kunshan Grand Bridge yang terletak di Taiwan.

8 dari 9 halaman

Berapa Panjang Jalan Jamin Ginting?

Sebagai penghargaan atas kontribusinya yang besar bagi Sumatera Utara, Letnan Jenderal Jamin Ginting dihormati dengan cara mengabadikan namanya pada sebuah ruas jalan sepanjang 80 kilometer yang menghubungkan Kota Medan dan Kabupaten Karo. Keputusan untuk memberi nama Jalan Jamin Ginting untuk ruas jalan tersebut diumumkan oleh Wali Kota Medan, Agus Salim Rangkuti.

9 dari 9 halaman

Apa Jalan Tol Terpendek di Indonesia?

Diharapkan bahwa jalan tol yang memiliki panjang hanya 2,6 kilometer ini akan meningkatkan kompetitivitas produk-produk Indonesia yang akan diekspor. Penting untuk dicatat bahwa proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.