Sukses

Jangan Disimpan dalam Kulkas, Begini Cara Tepat Awetkan Tomat hingga 1 Bulan

Menyimpan toman dengan cara ini dapat membantu menjaga kesegaran buah tomat jadi lebih tahan lama. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan buah dan sayur pada dasarnya tidak bisa sembarangan. Ini karena tidak semua jenis buah dan sayur cocok disimpan dalam suhu dingin, seperti tomat misalnya. 

Dalam videonya, kanal YouTube Dapur Emak Benjamin di Jerman membagikan tips seputar cara menyimpan buah tomat yang benar agar tidak cepat busuk. Dengan memperhatikan beberapa aspek ini, kesegaran tomat bisa lebih awet hingga satu bulan lamanya.

Dirangkum pada Senin (27/5/2024), berikut pemaparan selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Jangan Disimpan di Kulkas

Menurut pemaparan Dapur Emak Benjamin di Jerman, menyimpan tomat dalam kulkas berpotensi membuat tomat cepat matang dan busuk. Selain itu, hal ini juga akan berpengaruh pada rasa buahnya. 

Pasalnya, suhu dingin dalam kulkas berisiko membunuh enzim penghasil rasa dan menyebabkan sel-sel tomat pecah. Akibatnya, tomat jadi hambar dan lembek.

3 dari 11 halaman

Simpan di Suhu Ruang

Sebagai buah tropis tomat lebih cocok disimpan dalam suhu normal. Dalam videonya, warganet tersebut menjelaskan bahwa tomat lebih baik disimpan dalam suhu 13-21 derajat celsius. Cara ini efektif untuk membuat tomat bisa tahan hingga satu bulan lamanya. 

4 dari 11 halaman

Letakkan dalam Kantong Kertas

Gunakan kantong kertas sebagai wadah penyimpanan tomat. Selain lebih ramah lingkungan, cara ini juga lebih efektif untuk mengawetkan tomat dibandingkan dengan membungkusnya dengan plastik. 

5 dari 11 halaman

Jangan Buang Tangkainya

Tangkai pada tomat berfungsi menghambat masuknya bakteri ke dalam buahnya, sehingga tomat tidak cepat busuk.

6 dari 11 halaman

Simpan Dengan Posisi Terbalik

Jika tangkai hijau pada tomat sudah terlanjur dibuang, maka perlu diperhatikan posisi penyimpanannya.

Letakkan tomat ke dalam kantong kertas tadi dengan posisi terbalik, bekas tangkainya menghadap ke bawah (dijadikan alas). Posisi ini berguna untuk mencegah oksigen masuk ke dalam tomat, sehingga proses oksidasi bisa dihambat. 

7 dari 11 halaman

Catatan

Cara menyimpan tomat dalam suhu ruang ini tidak berlaku bagi tomat yang sudah matang. Lakukan cara ini apabila tomat sudah terlalu matang, namun belum sempat mengolahnya.

  1. Pastikan tomat dalam keadaan kering
  2. Masukkan ke dalam plastik zip lock dengan kondisi divakum
  3. Simpan di dalam kulkas

Tomat matang yang disimpan dengan cara ini bisa awet 3-7 hari lamanya.

8 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Tomat

9 dari 11 halaman

Apa Manfaat Buah Tomat?

Gabungan vitamin A dan C dalam tomat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, mempercepat penyembuhan luka, mencegah perdarahan pada kapiler, melindungi organ penglihatan, meningkatkan sistem imun, serta mendukung fungsi reproduksi.

10 dari 11 halaman

Apa Manfaat Tomat untuk Kulit?

Tomat mengandung antioksidan, vitamin C, serta beberapa mineral penting seperti magnesium dan kalium. Beberapa manfaat tomat bagi kulit antara lain menghilangkan sel kulit mati, mengontrol jerawat, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

11 dari 11 halaman

Kenapa Kulit Tomat Harus Dikupas?

Sebagaimana kita ketahui, tekstur kulit tomat berbeda dengan daging buahnya. Kulit dan biji tomat sering kali dapat merusak konsistensi suatu hidangan. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk menghilangkan kulit dan biji tomat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.