Sukses

Intip 10 Cara Sederhana Jaga Tubuh Sehat dan Prima di Tempat Kerja Tanpa Stres Berlebihan

Bertanggung jawab atas sesuatu yang telah ditugaskan kepada kita memang sangat penting, tapi jangan sampai mengorbankan kesehatan pribadi yang malah bisa menyebabkan bertambahnya masalah.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah cara sederhana jaga tubuh sehat dan prima di tempat kerja ini penting untuk kamu ketahui. Pasalnya, rutinitas kerja yang padat dan rumit tak hanya menguras energi tapi juga mental. Berkejaran dengan waktu dan menghadapi berbagai macam karakter orang membuat kita sering mengesampingkan kesejahteraan pribadi. 

Bertanggung jawab atas sesuatu yang telah ditugaskan kepada kita memang sangat penting, tapi jangan sampai mengorbankan kesehatan pribadi yang malah bisa menyebabkan bertambahnya masalah. Lelah dan stress dalam bekerja itu wajar, yang penting tidak berlebihan. Nggak perlu menjadi seseorang yang selalu membawa tas penuh tisu, sakit kepala, dan selalu stres, cemas, serta terbiasa menggerutu sendiri. Tetap seimbangkan kehidupan supaya tubuh sehat dan prima di tempat kerja

Berikut ini ada 10 cara sederhana jaga tubuh tetap sehat dan prima di tempat kerja seperti dilansir dari lifehack.org.

1. Sarapan Setiap Hari

Sarapan sering dianggap sebagai "makanan paling penting dalam sehari", sehingga bisa menjadi cara sederhana jaga tubuh sehat dan prima di tempat kerja! Sarapan adalah cara tubuh mengisi kembali cadangan nutrisi setelah beristirahat semalaman. Saat kamu sarapan, tubuh akan mendapatkan lebih banyak glukosa, vitamin, protein, dan air. Ini berarti lebih banyak energi bagi otak untuk berfungsi dengan baik.

Jadi, alih-alih berjuang untuk fokus dan memahami hal-hal, kamu akan merasa siap menghadapi hari dengan semangat dan antusiasme. Jadikanlah kebiasaan untuk memulai hari dengan sarapan bergizi jika Anda ingin tetap sehat dan produktif di tempat kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Kebanyakan Ngemil

Ngemil sebaiknya dihindari kalau kamu ingin tetap sehat di tempat kerja. Makanan ringan, biasanya makanan olahan yang mengandung banyak kalori yang dapat mengganggu berat badan kamu dengan cara yang nggak sehat. Selain itu, makanan ringan juga bisa mengganggu nafsu makan kamu. Jadi, sebaiknya jangan terlalu sering ngemil. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan, stres, dan nafsu makan berlebihan. 

3. Perhatikan Postur Tubuh

Postur tubuh kamu jadi sumber stres yang konstan jika nggak dilakukan dengan baik. Postur tubuh yang buruk dapat meningkatkan tekanan pada otot dan ligamen, buat kamu merasa pegal, tegang, bahkan nyeri. Nah, cara duduk yang benar itu dengan kaki diletakkan rapat di atas lantai atau alas, dan pergelangan kaki nggak bersilang.

Pastikan bahu kamu rileks, dan punggung tetap lurus. Hindari juga membungkukkan tubuh ke satu sisi untuk waktu yang lama. Selain itu, jangan membungkukkan leher, karena hal ini dapat menyebabkan leher jadi tegang.

4. Jaga Kebersihan

Cara sederhana jaga tubuh sehat dan prima di tempat kerja adalah dengan memastikan tempat kerja nyaman dan bersih. Kamu pasti nggak ingin, meja kerjamu jadi tempat yang penuh dengan debu dan kuman yang berbahaya. Jadi, jangan lupa membersihkan meja, membersihkan komputer, dan pastikan lingkungan kerja kamu tetap bersih! Oh ya, jangan lupa juga untuk nggak memakai toilet yang kotor, dan hindari berkeliling di sekitar meja rekan kerja kalau nggak rapi. Semua itu demi menjaga kesehatan di tempat kerja.

5. Makan Siang

Kalau tadi sudah ngomongin soal sarapan, sekarang saatnya untuk bahas makan siang. Jangan pernah melewatkan makan siang, apalagi jika perut sudah keroncongan. Selain itu, perhatikan juga saat makan siang harus mengandung nutrisi yang cukup, yang kaya akan karbohidrat untuk mengisi kembali cadangan energi kamu dan protein untuk membangun otot. Kalau memungkinkan, kamu sebaiknya membawa bekal makanan dari rumah saat berangkat kerja.

3 dari 4 halaman

6. Hindari Terlalu Lama Menatap Layar Komputer/Laptop

Jangan terlalu lama menatap layar komputer atau laptop, karena dapat menyebabkan kelelahan mata dan sakit kepala secara tegang. Terlebih lagi kalau kamu punya penyakit mata, hal ini dapat membuat kondisi mata kamu semakin parah. Menatap layar terlalu lama juga dapat mengurangi produktivitas kamu. Dengan semua tekanan pada mata dan sakit kepala, jadi sulit untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan.

7. Berolahraga Ringan

Jangan hanya duduk sepanjang hari saat bekerja. Bayangkan kalau kamu duduk di tempat yang sama selama berjam-jam, punggung dan bahu kamu pasti terasa pega, kan? Leher dan pantat kamu juga mungkin terasa nggak nyaman. Nah, sebaiknya kamu lakukan olahraga ringan. Bangunlah, regangkan tubuh kamu, mungkin juga bisa jalan sebentar di sekitar lingkungan kerjamu. Dengan begitu, dapat membantu mengurangi ketegangan otot kamu dan juga membuat kamu lebih rileks.

8. Jangan Terlalu Memaksakan Diri Secara Mental

Mungkin kamu salah satu pekerja yang detail-oriented dan selalu mencapai targetmu, tapi percayalah, kamu bukan robot. Saat bekerja, kadang kamu bisa merasa stuck dan seperti nggak sanggup lagi lanjutin suatu proyek. Nah, saat seperti itu, lebih baik ambil jeda sebentar, dan nanti lanjutin lagi. Nggak perlu terlalu maksa diri. Nggak ada salahnya juga kok kalau kamu ambil jeda, karenakamu tetap oke dan nggak akan jadi pegawai terburuk di kantor. Ini nggak cuma baik buat kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mentalmu. Terlalu obsesif dengan satu tugas bisa berdampak buruk buat kesehatan mentalmu, lho.

4 dari 4 halaman

9. Jaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Interaksi manusia itu penting banget, lho, di tempat kerja. Kalau rekan kerjamu deketan satu sama lain, nggak cuma perusahaan yang untung, tapi diri kamu juga, kan? Ngobrol di tempat kerja bisa ngebantu banget buat ngilangin stres. Saat kamu bisa becanda-becandaan sama rekan kerja dan ketawa-ketawa, suasana di ruang kerja jadi lebih asik dan kecemasan juga jadi hilang. Lingkungan kerja yang seperti ini bisa membuat kesehatan kamu jadi lebih baik.

10. Tetap Terhidrasi

Jangan sampai terlalu fokus dengan pekerjaan sampai lupa minum air yang cukup. Minum air yang cukup itu penting banget buat konsentrasi kamu saat bekerja. Selain itu, tubuh juga jadi lebih berenergi karena bisa maksimalkan nutrisi dari air. Air juga bisa membantu mengurangi stres dan menjaga suhu tubuh tetap stabil, lho. Jadi, jangan lupa minum air yang cukup saat di tempat kerja!

Nah, itulah beberapa cara sederhana jaga tubuh sehat dan prima di tempat kerja tanpa stres berlebihan. Mulailah dengan langkah kecil dan tingkatkan kebiasaan sehat kamu secara bertahap.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini