Sukses

Foto-foto Publik Figur Kenakan Busana Hari Kartini, Amanda Manopo Tampil Cantik

Dalam momentum peringatan Hari Kartini, banyak figur publik yang memilih untuk mengenakan busana tradisional Kartini sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan Kartini.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia merayakan Hari Kartini. Dalam momentum peringatan Hari Kartini ini, banyak figur publik yang memilih untuk mengenakan busana tradisional Kartini sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan dan dedikasi Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah Amanda Manopo, aktris muda yang terkenal dengan bakatnya dalam dunia hiburan Tanah Air. Amanda Manopo tampil memukau dengan busana Kartini yang elegan dan mempesona, memancarkan kecantikan dan keanggunan khas perempuan Indonesia.

Penasaran dengan bagaimana potret para figur publik kenakan busana Kartini? Berikut potretnya dirangkum Senin (22/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu tampil anggun mengenakan kebaya hijau tosca brokat dengan aksen kemben di bagian perut lengkap dengan bros keemasan. Kebaya tersebut ia dipadukan dengan kain batik sebagai bawahan. Rambut Kahiyang pun ditata dengan model sanggul updo yang dihiasi tusuk konde berwarna keemasan.

3 dari 11 halaman

Amanda Manopo

Merayakan Hari Kartini, Amanda Manopo tampil cantik mengenakan kebaya modern berwarna hitam rancangan Wilsen Willim. Kebaya yang ia kenakan ini merupakan perpaduan unik antara crop beskap dengan korset. Terlihat busana yang ia kenakan memiliki aksen manik-manik. 

Untuk bawahannya, Amanda tampak memadukannya dengan kain batik berwarna kontras. Penampilannya pun kian memesona dengan rambut yang disanggul dan dihiasi tusuk konde keemasan.

4 dari 11 halaman

Diah Permatasari

Diah Permatasari tampil manis mengenakan kebaya kutubaru berwarna pink. Ia terlihat modern mengenakan kebaya dengan motif bunga-bunga tersebut. Tak seperti publik figur lainnya yang menata rambut dengan disanggul, Diah tampak memilih menggerai rambut pendeknya.

5 dari 11 halaman

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani tampil anggun mengenakan kebaya panjang hitam dengan aksen kotak-kotak pada bagian lengannya. Ia pun tampak memadukannya dengan selendang hijau dan kain batik coklat sebagai bawahan saat merayakan Hari Kartini.

6 dari 11 halaman

Enzy Storia

Terakhir, Enzy tampak begitu memesona dalam balutan satu set kebaya Kartini warna krem keemasan dan kain overslag dari songket Aceh. Kebaya tersebut terlihat dipadukan dengan selendang yang dijadikan obi belt untuk memberikan kesan modern.

7 dari 11 halaman

Mengapa Tanggal 21 April Diperingati Hari Kartini?

Pasalnya dia adalah pahlawan yang memperjuangkan emansipasi untuk kaum perempuan agar bisa mendapatkan hak-hak yang setara, salah satunya pendidikan. Nama lengkapnya adalah Raden Adjeng Kartini yang mungkin lebih dikenal sebagai R.A Kartini. Dia lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah.

8 dari 11 halaman

Hari Kartini Memperingati Apa?

Hari Kartini diperingati untuk mengenang jasa RA Kartini dalam memperjuangkan hak kaum perempuan di Indonesia. Tak hanya itu, Kartini juga berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang setara. Atas jasa RA Kartini inilah sehingga Hari Kartini terus dirayakan setiap tahun hingga saat ini.

9 dari 11 halaman

Apa Perjuangan yang Dilakukan Oleh RA Kartini?

Karena kegigihannya dalam memperjuangkan pendidikan untuk perempuan, 21 April kemudian diperingati sebagai Hari Kartini.

10 dari 11 halaman

Hari Kartini Pakai Baju Apa?

Pada hari itu, sejumlah perempuan mengenakan kebaya atau baju adat daerah masing-masing sebagai bentuk mengenang Raden Ajeng (RA) Kartini Djojoadiningrat. Tradisi memakai kebaya pada Hari Kartini terus dilestarikan hingga sekarang.

11 dari 11 halaman

Apakah Kebaya Baju Adat?

Kebaya berasal dari bahasa Arab yaitu abaya yang artinya pakaian. Denys Lombard, seorang sejarawan yang menekuni budaya Jawa mengatakan bahwa kata kebaya berasal dari bahasa Arab Kaba' yang berarti pakaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.