Sukses

6 Hal Ini Dapat Terjadi pada Kulitmu Bila Sering Kurang Tidur

Berikut ini yang bisa terjadi pada kulitmu bila sering kurang tidur

Liputan6.com, Jakarta Kita semua akrab dengan nasihat tentang perlunya tidur cukup. NHS menunjukkan bahwa orang dewasa biasanya memerlukan antara tujuh dan sembilan jam tidur, meskipun hal ini dapat bervariasi tergantung pada keadaan individu.

NHS juga memperingatkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, mudah tersinggung, dan masalah perilaku. Namun, para ahli kini memperingatkan bahwa hal itu juga dapat memengaruhi penampilan Anda secara signifikan.

Lisa Artis, wakil CEO The Sleep Charity, organisasi mitra Simba, mengatakan: "Kurang tidur, terutama dalam jangka waktu yang lama, dapat membahayakan pikiran dan tubuh Anda, dan bahkan memengaruhi kulit Anda, berapa pun usia Anda. Sedangkan genetika berperan dalam mempengaruhi penampilan kita seiring bertambahnya usia, kurang tidur secara teratur dapat memperburuk situasi."

Apa dampak kurang tidur terhadap kulit Anda?

Lisa berkata: “Jika menyangkut warna kulit, mengacaukan siklus regeneratif alami berarti tubuh Anda tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki kulit setiap malam.

“Jika Anda terus-menerus melewatkan waktu tidur, hal itu dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini.” Lisa menjelaskan apa yang sebenarnya bisa terjadi. Dihimpun dari Mirror, ini dia:

1. Garis halus dan kerutan:

Kolagen, protein penting untuk menjaga kelembutan dan kehalusan kulit, diproduksi saat tubuh dalam keadaan rileks selama tahap tidur REM. Gagal mencapai tahap ini akan meningkatkan kadar kortisol dalam darah, menyebabkan kerusakan pada kolagen dan menghentikan produksinya.

2. Elastisitas kulit

“Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan pelepasan hormon pertumbuhan somatotropin. Hormon ini penting untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan menjaga elastisitas kulit.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Lingkaran hitam

“Menanggapi stres, tubuh mengarahkan aliran darah ke organ vital, terutama otak. Kurang tidur meningkatkan aliran darah ke otak, menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit di sekitar mata membengkak, menyebabkan penampilan menjadi gelap.”

4. Breakouts

“Tubuh mengartikan kelelahan ekstrem sebagai keadaan darurat tingkat rendah. Hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, yang biasanya dilepaskan dalam keadaan darurat, menyebabkan pengalihan darah, oksigen, dan nutrisi secara berlebihan dari kulit untuk memprioritaskan organ-organ utama seperti jantung, otak, dan ginjal. Ini memicu perubahan pada kelenjar minyak, mengentalkan komposisi kimia minyak dan menyebabkan penyumbatan pori-pori, yang dapat menimbulkan jerawat yang tidak diinginkan.”

 

3 dari 4 halaman

5. Warna kulit kusam

“Berkurangnya aliran darah karena kurang tidur menghambat pergantian sel. Keterlambatan pengiriman sel-sel segar ke epidermis berarti sel-sel tua dan rusak akan bertahan lebih lama di permukaan kulit Anda."

6. Kantung mata

“Kulit yang lelah menahan air di sekitar mata, yang merupakan indikator jelas dari kurang tidur. Kurang tidur mengganggu aliran darah, menyebabkan penumpukan cairan di sekitar kelopak mata dan rongga mata. Kulit tipis di bawah mata, dikombinasikan dengan pembentukan kolagen yang tidak memadai, menyebabkan perubahan warna menjadi lebih gelap dan menonjolkan pembuluh darah di bawahnya.”

4 dari 4 halaman

Selain Bikin Rusak, Tidur dengan Rambut Basah Perparah Ketombe

Idealnya, jika sering melakukan keramas di malam hari, Anda akan membiarkan rambut benar-benar kering sebelum tidur. Namun hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Meskipun hal ini tentu saja lebih nyaman, orang-orang harus menghindari tidur dengan rambut basah jika memungkinkan, para ahli dermatologi setuju.

Hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut, serta membuka pintu bagi kemungkinan masalah kulit kepala seperti infeksi atau kondisi kulit yang memburuk.

Namun, tidur dengan rambut basah dari waktu ke waktu sepertinya tidak akan menyebabkan kerusakan rambut yang berarti, kata para ahli kulit.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai risiko kesehatan yang terkait dengan tidur dengan rambut basah, serta strategi lain yang harus diketahui agar rambut terlindungi di malam hari.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.