Sukses

Cara Agar Gula Putri Salju Bisa Lengket dan Tidak Mudah Mencair

Gula pada putri salju bisa lengket dan tidak mudah mencair tanpa harus ditempel satu-satu. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali kue kering yang digemari masyarakat Indonesia seperti kastengel, nastar, lidah kucing hingga putri salju.

Namun, putri salju tampaknya memiliki tempat khusus di hati masyarakat. Cita rasa manis dan dingin dari gula halus putri salju benar-benar memanjakan lidah.

Kue putri salju sendiri terbuat dari adonan terigu, maizena, margarin dan kuning telur yang semua dicampur jadi satu dan dicetak.

Setelah dicetak, barulah kue putri salju bisa dipanggang dalam oven dan ditaburi dengan gula halus.

Meski terdengar sederhana, sayangnya cara ini memiliki beberapa kendala. Salah satunya adalah gula pada putri salju cenderung tidak lengket dan mudah cair.

Namun, ada salah satu tutorial yang dibagikan oleh pemilik kanal YouTube nana Ezy agar gula putri salju bisa lengket dan tidak mudah cair. Dirangkum pada Rabu (10/04/2024), berikut adalah caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Buat Adonan

Pertama-tama, siapkan mangkuk sedang lalu tambahkan sekitar 150 gram margarin dan 60 gram gula halus ke dalam mangkuk tersebut. Aduk kedua bahan tersebut dengan mixer. Tambahkan 1 ½ kuning telur lalu aduk lagi dengan mixer sampai mengembang.

Jika sudah, tambahkan 20 gram susu bubuk, 50 gram maizena dan 200 gram terigu (bertahap) ke dalam adonan lalu aduk dengan sendok. Tambahkan juga 50 gram kacang tanah yang sudah disangrai, lalu remas-remas adonan sampai tercampur rata.

3 dari 10 halaman

Panggang dalam Oven

Adonan yang sudah dibentuk dan diremas-remas dengan tangan tadi akan memiliki konsistensi yang tidak terlalu keras atau lembek.

Sendok adonan putri salju satu per satu untuk membuat cetakan yang rapi, lalu bentuk bulat dengan tangan. Letakkan masing-masing cetakan di atas loyang, lalu panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat selama setengah jam.

4 dari 10 halaman

Buat Topping Gula Halus

Sembari menunggu putri salju dipanggang, siapkan wadah berukuran sedang, lalu saring 5 sfm gula donat di atas wadah tersebut. Lalu, tambahkan juga 5 sdm gula halus di tempat yang sama. Tambahkan juga 3 sdm susu bubuk full cream lalu aduk sampai merata.

5 dari 10 halaman

Campur Kue Putri Salju dengan Gula Halus

Jika kue putri salju sudah dipanggang selama 15 menit, oven bisa segera dimatikan dan kue putri salju bisa dikeluarkan.

Masukkan campuran toping gula halus ke dalam plastik agar bisa tercampur dengan lebih merata dengan putri salju.

Jika sudah, masukkan juga kue putri salju ke dalam plastik, lalu kocok-kocok sampai tercampur rata dengan gula halus. Sekarang, kue putri salju sudah siap untuk disantap.

6 dari 10 halaman

Kenapa Dinamakan Kue Putri Salju?

Biasanya, kue putri salju memiliki bentuk bulan sabit dan ditaburi dengan gula halus. Penyepuhan gula halus itulah yang memberi kesan seperti dibalut oleh salju. Inilah sebabnya mengapa kue ini disebut sebagai kue putri salju.

7 dari 10 halaman

Apakah Putri Salju Termasuk Cookies?

Tersedia berbagai macam resep kue kering yang dapat Anda coba untuk menghabiskan waktu senggang Anda. Salah satu varian kue kering yang populer di Indonesia adalah butter cookies yang dikenal dengan nama putri salju.

8 dari 10 halaman

Berapa Lama Kue Putri Salju Bertahan?

Kue putri salju, salah satu jenis kue kering yang umumnya disajikan saat perayaan Idul Fitri atau Lebaran, memiliki kemampuan tahan lama yang dapat mencapai antara satu hingga enam bulan. Seperti halnya kue kering lainnya, kue putri salju juga dikenal akan daya simpannya yang cukup baik.

9 dari 10 halaman

Berapa Kalori 1 Buah Kue Putri Salju?

Menurut informasi dari FatsecretIndonesia, berbagai kue Lebaran yang sering disajikan saat Idul Fitri memiliki kandungan kalori berikut: Nastar mengandung sekitar 75 kkal per buah. Kastengel memiliki sekitar 21 kkal per buah. Sementara putri salju mengandung sekitar 30 kkal per buah.

10 dari 10 halaman

Apakah Kue Kering Bisa Disimpan di Freezer?

Pada dasarnya, kue kering bisa disimpan di berbagai tempat, termasuk di dalam lemari es. Menyimpannya di lemari es akan memperpanjang umurnya. Prosesnya cukup sederhana, hanya perlu meletakkan kue kering ke dalam kantong plastik zip lock atau wadah kedap udara setelah memastikan udara di dalamnya telah terbuang semua. Kemudian, letakkan di dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini