Sukses

Doa di Kampung Halaman, Bisa Dibaca Saat Mudik Lebaran

Dalam perjalanan mudik lebaran, perasaan tidak sabar mungkin menyelimuti seseorang, namun perasaan itu segera tergantikan dengan lega dan bahagia begitu mereka tiba di kampung halaman. Ini doa khusus yang dapat dibaca saat tiba di kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik lebaran menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan banyak masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal dan bekerja di kota besar. Momen ini menjadi istimewa karena individu dapat pulang ke kampung halaman dan bertemu dengan keluarga yang jauh dari jangkauan sehari-hari.

Dalam perjalanan mudik lebaran, perasaan tidak sabar mungkin menyelimuti seseorang, namun perasaan itu segera tergantikan dengan lega dan bahagia begitu mereka tiba di kampung halaman. 

Momen berkumpul dengan keluarga tercinta menjadi momen yang sangat berharga dan penuh kebahagiaan. Saat tiba di kampung halaman, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu membaca doa.

Mengutip dari Nu Online, Jumat (5/4/2024), ada doa khusus yang dapat dibaca saat tiba di kampung halaman. Doa ini merupakan ungkapan syukur atas keselamatan dan kesempatan untuk bisa berkumpul dengan keluarga tercinta.

Doa saat tiba di kampung halaman

 

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لَنَا بِهَا قَرَارًا وَرِزْقًا حَسَنًا

Allahummaj’al lana biha qarara wa rizqan hasanan.

Artinya,

"Ya Allah, jadikanlah bagi kami dengannya (kampung) tempat tinggal dan rezeki yang baik."

Dengan membaca doa ini, diharapkan kita dapat merasakan keberkahan dan mendapatkan perlindungan serta kebahagiaan di hari yang suci. Membaca doa saat tiba di kampung halaman menjadi salah satu cara untuk menyambut dan menghormati momen yang sangat berarti ini.

Dalam doa tersebut, kita bisa mengungkapkan rasa syukur dan berharap agar keluarga kita selalu dalam lindungan-Nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa berkendara

Berikut doa yang bisa dibaca saat berkendara di perjalanan mudik lebaran:

للَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

Allāhumma bika asta‘īnu, wa ‘alaika atawakkalu. Allāhumma żallil lī ṣu‘ūbata amrī, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif ‘annī kulla ṣyarr, rabbiṣraḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī.

Artinya,

“Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala keburukan dariku. Tuhanku, lapangkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku.”

 

3 dari 3 halaman

Doa lainnya

Anda juga bisa mengamalkan doa ini saat dalam perjalanan mudik lebaran:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هٰذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allâhumma innâ nas’aluka fî safarinâ hâdzâ al-birra wat taqwâ wa minal ‘amali mâ tardlâ. Allâhumma hawwin ‘alainâ safaranâ hâdzâ, wa-thwi ‘annâ bu‘dahu. Allâhumma antash shâḫibu fis safari, wal khalîfatu fil ahli. Allâhumma innî a‘ûdzubika min wa‘tsâ-is safari wa ka-âbatil mandhari wa sû-il munqalabi fil mâli wal ahli.

Artinya,

Ya Allah kami memohon kebaikan dan ketakwaan dalam perjalanan kami dan keridhaan dalam amalan kami. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini. Dekatkanlah jauhnya jarak perjalanan ini. Ya Allah Engkaulah yang menyertai kami dalam perjalanan ini, dan pengganti yang menjaga keluarga kami. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perjalanan yang sulit lagi melelahkan, dari pemandangan yang menyedihkan, serta dari tempat kembali yang buruk, baik dalam harta maupun keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.