Sukses

6 Cara Meningkatkan Energi dalam Tubuh Secara Alami

Ketahui tips yang dapat meningkatkan atau mengembalikan kembali energi dalam tubuh Anda, tentunya dengan cara-cara yang mudah untuk dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Energi dalam tubuh menjadi kekuatan vital yang memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari berjalan, berpikir, hingga berolahraga.

Energi tersebut berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, yang kemudian diubah menjadi bentuk energi yang dapat digunakan oleh sel-sel tubuh melalui proses metabolisme. Proses ini melibatkan pencernaan makanan menjadi nutrisi yang kemudian diserap oleh sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Dengan memahami konsep energi tubuh dan bagaimana tubuh memperoleh dan menggunakan energi, kita dapat lebih bijaksana dalam memilih makanan dan menjaga pola hidup sehat.

Penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan memperhatikan kebutuhan energi tubuh agar tetap bertenaga dan sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tetapi, apakah Anda tetap sering merasa tidak bersemangat dan kesulitan menemukan energi untuk menyelesaikan semua yang ada di daftar tugasmu?

Dan meskipun dokter dapat menyingkirkan penyebab serius seperti anemia, tekanan darah rendah, depresi dan bahkan masalah jantung yang di mana penyakit tersebut dapat menguras energi dalam tubuh, tentunya juga penyebabnya dikarenakan beberapa kebiasaan buruk yang selalu Anda lakukan.

Cobalah mengubahnya, dan Anda mungkin akan mulai melihat perubahan yang baik dalam keseharianmu.

Oleh karena itu, ketahui tips yang dapat meningkatkan atau mengembalikan kembali energi dalam tubuh Anda, tentunya dengan cara-cara yang mudah untuk dilakukan, seperti melansir dari Centrum, Kamis (4/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidurlah secara teratur

Anda menyetel alarm lebih awal di hari-hari biasa, tetapi ketika akhir pekan tiba, Anda dengan senang hati tidur larut malam, bahkan Anda melakukan begadang.

Jika ini selalu dilakukan olehmu, Anda perlu mengatur waktu tidurmu sehingga dapat tertidur dan bangun pada waktu yang sama secara teratur setiap hari dalam seminggu.

Mengapa hal ini penting? Tubuh kita mengikuti pola alami selama 24 jam, yang disebut ritme sirkadian. Dan ritme alami tubuh ini bergantung pada konsistensi. Mulailah harimu dengan mengatur waktu tidur dan bangun yang konsisten.

Proses ini seiring berjalannya waktu juga akan membantumu tidak terlalu lelah di siang hari dan bahkan dapat membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari.

3 dari 7 halaman

2. Berolahraga dengan konsisten

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat setiap hari, cukup berjalan kaki selama 10 menit sebelum atau sesudah bekerja itu sudah cukup.

Karena dengan berolahraga dapat menjernihkan pikiran dan meningkatkan energimu dengan meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan produksi hormon yang membuatmu merasa senang yang disebut endorfin, dan menyalakan tungku pembakaran lemak dalam metabolismemu.

Olahraga ini juga dapat menjaga tingkat energimu tetap seimbang.

4 dari 7 halaman

3. Tarik napas dalam-dalam dan biarkan tubuh untuk rileks

Tidak diragukan lagi bahwa stres dapat menguras energi karena tingkat hormon stres yang tinggi secara kronis seperti kortisol.  Mengatasi hal-hal yang memicu stres seperti kekhawatiran kronis, terlalu banyak komitmen waktu dan hubungan yang menuntut dapat membantu.

Sediakan buku catatan di samping tempat tidurmu di malam hari dan catatlah hal-hal yang terlintas dalam pikiran untuk membantumu rileks, lakukan yoga atau meditasi secara teratur (meskipun hanya lima menit), atau keluarlah untuk berjalan-jalan sebentar untuk menjernihkan pikiran di lingkungan sekitar rumahmu.

5 dari 7 halaman

4. Makan dengan seimbang dan sehat

Tubuh kita membutuhkan nutrisi agar dapat berfungsi, tetap sehat dan tetap berenergi. Coba untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah dan sayuran sehat, biji-bijian seperti beras merah dan oatmeal. Protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, telur, ikan, ayam, dan daging sapi rendah lemak.

Lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat dapat memberikan nutrisi yang perlukan untuk mendukung energi harian Anda Juga, minum air yang cukup dapat membantumu tetap berenergi,

Dalam diet juga dapat membuat tubuhmu kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk energi, di antara pendukung energi tersebut:

  • Vitamin B, yang membantu mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi.
  • Zat besi, yang memfasilitasi produksi energi sel dan sangat penting untuk pergerakan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Mangan, mineral yang penting untuk berfungsinya zat mitokondria (struktur penghasil energi di dalam sel).

Mengonsumsi multivitamin setiap hari dapat membantu memastikan mendapatkan cukup nutrisi penting ini setiap hari.

6 dari 7 halaman

5. Kurangi makanan dengan gula olahan

Batasi konsumsi makanan olahan seperti biskuit, kue, serta makanan ringan yang tinggi akan gula, gantilah dengan biji-bijian yang lebih bernutrisi dengan ini Anda dapat merasakan peningkatan energi secara signifikan dalam tubuh untuk memulai hari.

Mengapa? Karena gula olahan ini diubah menjadi gula sederhana yang diserap dengan cepat ke dalam aliran darah, menyebabkan tingkat energi melonjak untuk sementara dan kemudian menurun secara cepat, hal ini tentunya membuatmu mudah lesu.

Sebaliknya, biji-bijian utuh kaya akan serat yang dapat menjaga kadar gula darahmu tetap stabil dan membuatmu kenyang dan merasa berenergi lebih lama.

7 dari 7 halaman

6. Berbahagialah dan penuhi kebutuhanmu

Kita begitu sibuk merawat tubuh dan pikiran kita sehingga kita lupa untuk memelihara jiwamu juga. Memiliki harapan, semangat, kesenangan dan perasaan puas dalam hidup akan membantumu merasa segar dan bersemangat.

Temukanlah apa yang memberimu kekuatan dan membuatmu bahagia lalu lakukanlah!

Jika Anda merasa terbebani oleh komitmen yang berlebihan, berhentilah mengatakan "ya" pada seluruh komitmen yang datang. Jika Anda terbebani oleh orang atau pekerjaan yang toxic, temukan kekuatan untuk mengucapkan selamat tinggal pada mereka atau setidaknya, kurangi ketergantungan pada mereka.

Jika Anda iri dengan orang lain, luangkan waktu untuk menghitung kelebihan dan prestasi Anda sendiri. Anda akan mulai merasa lebih bahagia, hal itu akan memunculkan energi dan semangat baru untuk menjalani hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.