Sukses

Terungkap, Tidur Kurang dari 7 Jam Sehari Tingkatkan Anda Risiko Terkena Tekanan Darah Tinggi

Studi terbaru mengungkap tidur kurang dari 7 jam sehari dapat meningkatkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi

Liputan6.com, Jakarta Tidur kurang dari tujuh jam meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, demikian menurut penelitian.

Penelitian yang melibatkan satu juta orang di enam negara menunjukkan kurang dari tujuh jam semalam dikaitkan dengan risiko tekanan darah 7 persen lebih tinggi.

Melewatkan waktu kurang dari lima jam tampaknya meningkatkan risiko sebesar 11 persen. Temuan yang dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Tahunan American College of Cardiology di AS, tampaknya menunjukkan bahwa perempuan mempunyai risiko lebih besar dibandingkan laki-laki.

Peneliti utama studi, Dokter Kaveh Hosseini, asisten profesor kardiologi di Pusat Jantung Teheran di Iran, mengatakan seperti dilaporkan oleh Mirror: “Semakin sedikit Anda tidur – yaitu kurang dari tujuh jam sehari – semakin besar kemungkinan Anda terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi di masa depan."

“Apa yang kami lihat adalah kurangnya pola tidur yang baik dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang kita tahu dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Tidur tujuh hingga delapan jam, seperti yang direkomendasikan oleh para ahli tidur, mungkin berdampak buruk pada kesehatan jantung dan stroke. yang terbaik untuk hatimu juga."

Sebagai perbandingan, diabetes dan merokok diketahui meningkatkan risiko seseorang terkena hipertensi setidaknya 20 persen. Untuk penelitian tersebut, para peneliti melihat data dari 1.044.035 orang dari enam negara yang tidak memiliki tekanan darah tinggi pada awal penelitian.

Rata-rata, mereka ditindaklanjuti selama lima tahun. Ketika disesuaikan dengan faktor-faktor seperti risiko penyakit jantung, jenis kelamin, pendidikan, status merokok, dan berat badan, tim menemukan durasi tidur yang pendek dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi yang lebih tinggi.

NHS merekomendasikan orang dewasa untuk tidur antara tujuh dan delapan jam setiap malam. Para peneliti mengatakan masyarakat harus berkonsultasi dengan dokter umum atau profesional kesehatan tentang pola tidur mereka karena kondisi seperti apnea tidur obstruktif telah dikaitkan dengan tingginya tingkat tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Dr Hosseini menambahkan: “Terlalu sedikit tidur tampaknya lebih berisiko pada wanita. Perbedaannya signifikan secara statistik, meskipun kami tidak yakin apakah ini signifikan secara klinis dan harus dipelajari lebih lanjut.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hati-Hati, Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Diabetes

Temuan terbaru menunjukkan bahwa tidur kurang dari enam jam dapat meningkatkan risiko menderita penyakit spesifik.

Penelitian yang diterbitkan di Jaringan Terbuka JAMA menambahkan bukti yang mendukung pentingnya mendapatkan tidur yang cukup untuk mencegah diabetes tipe 2.

Informasi tentang keterkaitan antara kebiasaan tidur yang kurang dengan diabetes tipe 2 yang disajikan dalam artikel ini diambil dari health.com (26/03).

Diabetes tipe 2 ialah sebuah situasi kronis yang timbul ketika tubuh tak menghasilkan hormon insulin cukup atau tak memanfaatkannya dengan efisien.

Insulin memegang peran penting dalam mengalirkan glukosa darah ke dalam sel-sel tubuh untuk diubah menjadi tenaga. Defisiensi insulin bisa menyebabkan kenaikan tingkat gula darah, yang akhirnya dapat menimbulkan diabetes tipe 2.

Diana Aline Nôga, PhD, seorang ahli saraf dari Universitas Uppsala di Swedia, menyampaikan bahwa risiko terkena diabetes tipe 2 meningkat jika seseorang memiliki kebiasaan tidur yang pendek secara berulang, hal ini ditunjukkan oleh penelitian sebelumnya, baik itu penelitian kohort maupun penelitian eksperimental, seperti yang disampaikan kepada Kesehatan.

Penelitian tersebut juga menegaskan bahwa keterkaitan antara kurang tidur dan diabetes tipe 2 tetap ada, bahkan pada individu yang mengonsumsi makanan bergizi.

Perhatian terhadap pentingnya istirahat seringkali tidak mencapai tingkat yang diharapkan. Namun, pandangan ini berubah seiring dengan hasil penelitian terbaru, menurut Jing Wang, MD, yang menjabat sebagai direktur klinis di Mount Sinai Integrative Sleep Center dan juga sebagai seorang profesor di bidang kedokteran spesialisasi perawatan paru-paru dan pengobatan tidur di Fakultas Kedokteran Icahn, Mount Sinai.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Jangan Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan Permen atau Cokelat, Ini Kata Ahli Kesehatan

Tidak mengherankan jika permen dan coklat menjadi musuh dokter gigi karena kandungan gulanya yang tinggi, yang menyebabkan masalah seperti pembusukan dan kerusakan enamel pada mulut para pasien. Tentu saja, menikmati sedikit cokelat sambil menjaga rutinitas kebersihan mulut tidak masalah - namun kesalahan umum dapat memperburuk keadaan.

Terapis gigi dan ahli kesehatan Amanda Sheehan telah memperingatkan cara menghindari pembusukan gigi sambil tetap melakukan perawatan sesekali - dan semuanya tergantung pada waktunya.

Pakar yang bekerja di merek pasta gigi TePe ini mengatakan bahwa tingginya jumlah gula dalam coklat dapat menyebabkan penumpukan plak berbahaya, yang dapat menyebabkan gigi berlubang, kerusakan gigi, dan penyakit gusi jika dibiarkan di gigi.

Dia menambahkan: “Meskipun makan terlalu banyak coklat bisa berbahaya bagi gigi, kabar baiknya adalah, gigi berlubang dan penyakit gusi dapat dicegah, terutama jika kita menjaga kesehatan mulut dengan baik.”

Dan salah satu cara mencegah kerusakannya adalah dengan menunggu menyikat gigi setelah makan coklat. Namun, Amanda menyarankan menunggu setidaknya setengah jam sebelum menyikat gigi setelah makan apa pun yang mengandung asam atau gula untuk menjaga kekuatan enamel.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

6 Jenis Teh Herbal yang Dapat Atasi Sakit Kepala dan Migrain, Salah Satunya Teh Chamomile

Teh herbal menjadi salah satu minuman yang diminati oleh masyarakat luas karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Minuman ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, meredakan sakit perut, dan membantu menghangatkan tubuh Anda.

Melanie Murphu Richter, MS, RDN, seorang ahli diet dan ahli nutrisi saraf mengatakan secangkir teh hangat bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangan sakit kepala yang menganggu.

 “Teh tertentu memiliki manfaat anti-inflamasi dan relaksasi otot yang dapat membantu meringankan sakit kepala,” kata Richter. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa teh dengan sedikit kafein dapat membantu meningkatkan aliran darah di otak, atau dikenal sebagai efek vasodilatasi. Reaksi ini dapat membantu meningkatkan efektivitas obat pereda nyeri. Faktanya, sebagian besar obat sakit kepala khusus migrain mengandung sejumlah kafein karena alasan ini, kata Richter.

Teh herbal (yang biasanya tidak mengandung kafein) juga dapat membantu menghilangkan sakit kepala, bergantung pada bahan apa yang ada di dalam the. Misalnya, Richter mengatakan teh dengan ramuan anti-inflamasi tertentu dan antioksidan seperti polifenol (senyawa yang ditemukan di banyak tanaman) yang membantu mengurangi keparahan dan kambuhnya sakit kepala.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.