Sukses

Pengertian Yoga Wajah serta Manfaatnya untuk Kecantikan

Berolahraga yoga memberi banyak efek samping yang positif bagi kesehatan. Namun, perlu diketahui bahwa yoga bukan hanya olahraga badan. Ada pula yoga yang khusus untuk olahraga wajah. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga wajah yang dikenal sebagai yoga wajah belakangan ini menjadi tren, terutama di kalangan perempuan. Penelitian tentang jenis olahraga ini masih terbatas, namun popularitasnya meningkat di media sosial seperti TikTok. Yoga wajah sering dipromosikan sebagai metode untuk merubah bentuk wajah atau membuatnya terlihat lebih muda. Meskipun belum banyak penelitian yang mendukungnya, banyak yang percaya bahwa yoga wajah dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai olahraga yoga wajah dilansir dari Health.com (04/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Apa Itu Yoga Wajah?

Secara prinsip, wajah terdiri dari tiga lapisan yang berbeda: kulit sebagai lapisan paling luar, lapisan lemak subkutan, dan lapisan lemak dalam. Seiring bertambahnya usia, wajah kehilangan lapisan lemak tersebut, yang sebelumnya berperan dalam memberikan kekenyalan dan menghasilkan tampilan cekung. Yoga wajah hadir sebagai pilihan alternatif yang membantu membentuk sejumlah otot di wajah. Melalui gerakan khusus atau pijatan dengan jari, yoga wajah menargetkan otot-otot di wajah untuk meningkatkan penampilan dan kekencangan kulit.

3 dari 9 halaman

Apakah Yoga Wajah Memberi Manfaat yang Efektif?

Hasil penelitian pada tahun 2018 yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Dermatology menunjukkan bahwa meskipun secara minimal, yoga wajah dapat meningkatkan kepadatan kulit di sekitar pipi dan bagian bawah wajah. Namun, durasi dari efek positif yang diberikan oleh olahraga ini masih belum jelas. Selain itu, beberapa orang cenderung menghindari yoga wajah karena ada risiko kemungkinan terjadi kerutan pada kulit akibat perubahan bentuk kulit yang terjadi.

4 dari 9 halaman

Apakah Olahraga Yoga Wajah Patut Dicoba?

Dr. Alam menyarankan kepada mereka yang tertarik untuk mencoba yoga wajah untuk lebih memfokuskan perhatian pada otot-otot utama di wajah, terutama pada otot pipi yang merupakan otot terbesar. Ini disebabkan oleh kemungkinan bahwa latihan yoga wajah mungkin tidak memberikan dampak optimal pada otot-otot yang lebih kecil dan tipis di wajah.

5 dari 9 halaman

Bagaimana cara melakukan yoga wajah?

  • Lakukan Gerakan Mulut O. Buka mulut dengan bentuk O. Usahakan untuk tersenyum dengan posisi bibir di atas gigi, agar mengangkat otot pipi.
  • Tersenyum.
  • Gerakan tersenyum tanpa terlihat gigi dan bibir dilakukan sebanyak-banyaknya.
  • Mengangkat AlisMengangkat Rahang.
  • Memegang Pelipis.
6 dari 9 halaman

Apa manfaat face yoga?

Face yoga merupakan latihan untuk mengencangkan dan meregangkan otot wajah. Berbagai gerakannya melibatkan pendekatan yang lebih holistik untuk melatih otot wajah.

7 dari 9 halaman

Berapa lama hasil face yoga?

Menurut riset yang diterbitkan dalam JAMA Dermatologi, wanita yang melakukan yoga wajah atau facial yoga selama 30 kali dalam seminggu terlihat tiga tahun lebih muda. Tak tanggung-tanggung, riset membuktikan manfaat tersebut dapat dirasakan setelah 20 minggu rutin melakukan facial yoga.

8 dari 9 halaman

Bagaimana cara melakukan senam wajah?

Untuk melakukan senam wajah ini, dorong alis ke arah atas menggunakan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Lalu tersenyumlah dan gerakkan alis ke arah bawah, tahan posisi ini. Setelah itu, pejamkan mata dan gerakkan bola mata ke atas, tahan posisi ini selama 20 detik.

9 dari 9 halaman

Kapan face yoga dilakukan?

Pose face yoga bisa dilakukan di berbagai waktu. Bisa saat pemakaian skincare ataupun untuk mengisi waktu di mobil saat jalanan macet. Tentunya metode yang digunakan harus disesuaikan dengan area-area wajah yang menjadi fokus masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini