Sukses

Bersih-bersih untuk Ramadan dan Lebaran 2024, Begini Cara Hilangkan Noda Jamur di Pintu Kulkas Tanpa Disikat

Untuk menyambut Ramadan dan lebaran, membersihkan kulkas dari jamur sangat penting untuk higienitas makanan. Ikuti cara berikut untuk membersihkan jamur pada kulkas.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menyambut bulan suci Ramadan dan lebaran tahun ini, alangkah baiknya untuk bersih-bersih di rumah agar kesehatan tidak terganggu saat puasa.

Namun, ada salah satu alat elektronik yang cukup luput untuk dibersihkan, yaitu kulkas. Jika usia kulkas sudah cukup lama, biasanya akan ada banyak jamur yang menempel di pintu kulkas.

Padahal, kebersihan kulkas sangat penting untuk dijaga karena ada banyak makanan yang disimpan baik untuk berbuka atau sahur.

Selain itu, jamur yang menempel di kulkas juga akan mendorong perkembangbiakan hama dan serangga, yang tentu saja sangat buruk bagi kesehatan makanan.

Membersihkan kulkas sendiri tidak begitu sulit, bahkan sangat praktis dan tidak perlu disikat seperti yang dijelaskan oleh kanal YouTube Endri Yudiwidodo pada salah satu yang diunggah..

Jika tidak disikat, lalu dibersihkan dengan apa? Dirangkum pada Selasa (05/03/2024), ayo cari tahu jawabannya pada langkah-langkah berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Pasta Gigi

Yang Anda butuhkan untuk membersihkan jamur pada kulkas dengan cepat hanyalah pasta gigi.

Diketahui kandungan bahan abrasif ringan pada pasta gigi ternyata juga efektif dalam membersihkan peralatan rumah tangga. Bahkan, beberapa pasta gigi juga mengandung zat pembersih yang efisien seperti soda kue dan hidrogen peroksida.

Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakan pasta gigi dengan jenis dan merk apapun.

3 dari 10 halaman

Oles Pasta Gigi secara Merata

Oleskan pasta gigi di beberapa titik pada pintu kulkas, lalu ratakan ke segala arah dengan tangan. Usahakan agar pasta gigi dioleskan ke seluruh bagian pintu kulkas, jangan hanya pada bagian yang berjamur saja.

4 dari 10 halaman

Usap dengan Kain

Jika pasta gigi sudah dioleskan secara merata, maka usaplah dengan kuat menggunakan kain untuk menghilangkan noda jamur.pada pintu kulkas.

Jamur sendiri memang merupakan noda bandel, sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk bisa dibersihkan.

Jika saat mengusap ada bagian di mana pasta gigi sudah kering tapi jamur belum hilang, maka oleskan pasta gigi lagi di bagian tersebut lalu usap terus sampai bersih.

5 dari 10 halaman

Kulkas Terlihat Bersih seperti Baru

Jika pintu kulkas sudah diusap hingga cukup bersih, selanjutnya lap kulkas dengan kanebo agar tidak ada sisa-sisa pasta gigi yang menempel.

Nah, kulkas sudah bersih dari jamur dan bahkan terlihat seperti baru. Sekarang, Anda bisa menyimpan bahan makanan untuk persiapan puasa dengan aman dan tenang.

Memang prosesnya membutuhkan tenaga yang cukup besar. Namun, cara ini terbilang sederhana karena hanya memerlukan sedikit bahan dan alat.

6 dari 10 halaman

Apakah Jamur Bisa Tumbuh di Kulkas?

Jamur dapat muncul di dalam kulkas yang jarang dibersihkan, terutama jika pendingin ruangan dipenuhi dengan makanan basah seperti daging dan sayuran.

7 dari 10 halaman

Apakah Kulkas Harus Dimatikan Saat Dibersihkan?

Sebelum mulai membersihkan, pastikan terlebih dahulu untuk mematikan kulkas dan mengeluarkan seluruh isi makanan serta minuman yang terdapat di dalam kulkas. Buang juga barang-barang yang sudah tidak layak konsumsi atau rusak.

8 dari 10 halaman

Berapa Lama Kulkas Dinyalakan Setelah Dibersihkan?

Tidak ada ketentuan pasti mengenai berapa lama kulkas harus didiamkan setelah dipindahkan. Namun, sebaiknya diberikan waktu istirahat selama 2 hingga 24 jam sebelum dihidupkan kembali.

9 dari 10 halaman

Berapa Bulan Sekali Kulkas Harus Dibersihkan?

Cara membersihkan freezer kulkas yang benar harus dengan intensitas pembersihan yang teratur. Idealnya, freezer kulkas patut dibersihkan secara rutin setiap satu bulan sekali.

10 dari 10 halaman

Apakah Kulkas Bisa Dicuci dengan Air?

Permukaan depan, atas, dan kanan/kiri kulkas bisa dibersihkan dengan kain mikrofiber yang dibasahi air sabun dan air bersih untuk membilas. Keringkan dengan kain mikrofiber kering. Bagian belakang kulkas cukup dibersihkan dengan kemoceng atau mesin sedot debu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.