Sukses

Cara Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas untuk Sahur hingga Buka Puasa agar Tetap Segar

Berikut tips menyimpan bahan makanan di kulkas untuk kebutuhan sahur dan buka puasa dari Samsung Electronics Indonesia, agar tetap segar dan bisa disajikan dengan cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Makanan sahur dan buka puasa wajib memiliki kualitas nutrisi yang seimbang supaya tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan.

Persiapan dan perencanaan makanan untuk sahur dan berbuka puasa tentu berkaitan dengan pengadaan stok bahan makanan bernutrisi dan penyimpanan yang baik.

Untuk menjaga kualitas bahan makanan, peran kulkas menjadi penting, terutama kulkas yang dapat menyimpan bahan makanan lebih banyak dan lebih lama agar tetap segar serta bisa disajikan dengan cepat.

Berikut adalah tips menyimpan bahan makanan di kulkas untuk kebutuhan sahur dan buka puasa dari Samsung Electronics Indonesia, agar tetap segar dan bisa disajikan dengan cepat.

1 Stok Bahan Makanan Sebelum Puasa

Bolak balik ke pasar atau supermarket setiap hari hanya untuk berbelanja bahan makanan untuk menu sahur dan berbuka akan sangat merepotkan.

Sebaiknya bahan makanan distok lebih banyak dan karena itu butuh kulkas dengan kapasitas besar. Kulkas ‘ungkep’ dua pintu dari Samsung menyediakan pilihan kapasitas besar mulai dari 305 liter sampai 465 liter.

2. Siapkan Lauk Siap Saji

Sebagian orang mungkin merasa enggan bangun lebih pagi untuk mempersiapkan makanan sahur. Di situlah bahan makanan yang diungkep, yakni direndam dalam bumbu dan dimasak dengan api kecil sampai bumbu menyerap, menjadi penolong.

Sebab bahan makanan yang diungkep, seperti ayam dan ikan, bisa disajikan dengan cepat karena tinggal digoreng sebentar sebelum sahur atau buka puasa, sangat menghemat waktu.

Masalahnya, menyimpan makanan ungkep itu agak tricky. Kalau disimpan di freezer, makanan akan membeku dan perlu dicairkan sebelum diolah lebih lanjut dan ini memakan waktu lama.

Untuk itu, dibutuhkan kulkas dengan kompartemen ‘ungkep’ yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan ungkep dalam kondisi soft freeze sehingga bisa dengan cepat dimasak dan disajikan sebagai salah satu menu sahur atau berbuka puasa.

3 Pilih Bahan Makanan Bernutrisi

Kunci penyimpanan yang berhasil adalah bahan makanan tetap terjaga kesegarannya dalam waktu lama sehingga keluarga bisa menyajikan makanan sahur dan berbuka yang sehat dan bernutrisi lengkap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inovasi Kulkas Ungkep dari Samsung

Untuk memenuhi kebutuhan keluarga menyimpan bahan makanan yang lebih banyak dan bisa disajikan dengan cepat saat sahur dan berbuka, Samsung menghadirkan kulkas dua pintu dengan freezer atas yang dilengkapi dengan fitur SpaceMax untuk penyimpanan bahan makanan yang lebih banyak.

Kulkas ini juga memiliki kompartemen “Ungkep” untuk menyimpan makanan ungkep dalam kondisi soft freeze, sehingga bisa dengan cepat disajikan saat sahur dan berbuka.

Kulkas ini juga hadir dalam pilihan desain BESPOKE, yaitu perpaduan pilihan warna yang stylish dan modern.

Selain itu, Samsung juga menghadirkan kulkas All White Multi Door BESPOKE terbaru dengan desain yang premium dan stylish dalam jumlah terbatas, yang dilengkapi dengan kapasitas besar dan pendinginan yang optimal untuk menjaga kesegaran bahan makanan berbuka dan sahur.

Kulkas All White Multi Door BESPOKE ini memiliki dimensi yang besar sehingga menyediakan kapasitas yang sangat memadai untuk menyimpan banyak bahan makanan persiapan sahur dan berbuka.

Kulkas ini memiliki fitur CoolSelect+ di mana Anda bisa mengubah kompartemen yang ada di bagian kiri bawah menjadi 5 mode pendinginan: freeze (-23 ~ -15ºC), soft freeze (-5ºC), daging dan ikan (-1ºC), buah dan sayur (2ºC), dan minuman dingin (4ºC).

Untuk pendinginan yang optimal supaya bahan makanan sahur dan berbuka tetap terjaga kesegarannya lebih lama, Kulkas All White Multi Door BESPOKE sudah diperkuat teknologi Triple Cooling yang akan mengontrol suhu dan kelembaban di tiga kompartemen secara independen untuk mencegah tercampurnya bau makanan. Lalu fitur Precise Cooling akan meminimalkan fluktuasi suhu untuk menjaga kualitas dan tekstur makanan.

 

3 dari 4 halaman

Punya Teknologi AI

Kulkas All White Multi Door BESPOKE ini sudah ditenagai teknologi AI, di mana bisa terhubung ke aplikasi SmartThings di smartphone sehingga bisa diatur dari jauh.

Fitur AI Energy Mode pada aplikasi itu akan mengelola penggunaan energi agar tetap hemat listrik. Teknologi Digital Inverter dengan kompresor bergaransi 20 tahun juga akan mengoptimalkan pendinginan untuk menghemat energi.

Kulkas ‘ungkep’ Samsung sudah bisa didapatkan di Samsung.com dan gerai resmi lainnya di seluruh Indonesia dengan harga hingga Rp 10.199.000 (Tipe RT47).

Adapun kulkas All White Multi Door BESPOKE tersedia dalam edisi terbatas di Samsung.com dengan harga Rp 29.999.000.

Selama periode 9 Maret sampai 7 April 2024, pembeli bisa mendapatkan benefit hingga total Rp 7 juta seperti fasilitas Samsung Care+ untuk 1 tahun proteksi, cashback bank hingga Rp2 juta, gratis microwave dan Nespresso Essenza Mini, serta coffee sleeves.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.